Article

Homepage Article Fashion Design 5 Macam Bentuk Ragam Hias…

5 Macam Bentuk Ragam Hias Busana dan Lenan Rumah Tangga

Ragam hias yang dapat digunakan untuk hiasan suatu benda, termasuk busana dan lenan rumah tangga ada bermacam-macam bentuknya. Mau tahu seperti apa bentuk ragam hias yang dimaksud?. Seiam pembahasan berikut yuk...

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Desain Hiasan

Desain hiasan merupakan desain yang dibuat untuk meningkatkan untuk meningkatkan mutu dari  suatu benda, termasuk busana dan lenan rumah tangga. Desain hiasan ini umumnya terbentuk dari berbagai susunan seperti garis, arah, bentuk, ukuran, tekstur, value dan warna.

  • Desain hiasan dapat dibuat dari berbagai bentuk ragam hias yang didapat dari penggambaran bentuk imajinasi, pikiran dan kreativitas desainer ke dalam bentuk gambar dekoratif.
  • Bentuk dan warna merupakan unsur yang sangat mempengaruhi tampilan sebuah desain hiasan.

Bentuk Ragam Hias Busana

Berdasarkan bentuknya, ragam hias yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan suatu busana sendiri secara umum dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Sebut saja ragam hias bentuk naturalis, ragam hias geometris, ragam hias dekoratif, ragam hias figuratif dan ragam hias bentuk abstrak.

1. Ragam Hias Naturalis

Ragam hias naturalis merupakan bentuk ragam hias yang sangat dipengaruhi oleh bentuk benda alam ataupun bentuk yang bersifat dan berwujud dari alam.

  • Ragam hias bentuk naturalis biasanya dituangkan dalam bentuk yang serupa dengan benda yang ada di alam.
  • Contoh ragam hias bentuk naturalis yakni berupa tumbuh-tumbuhan, hewan atau binatang, batu-batuan, awan, matahari, bintang, bunga, buah, pemandangan alam dan lain-lain.
  • Bentuk-bentuk tersebut sering digunakan untuk membuat hiasan pada benda-benda keperluan rumah tangga maupun untuk hiasan pada busana.

Ragam Hias

Sumber : https://www.pinterest.fr/

2. Ragam Hias Geometris

Ragam hias geometris merupakan salah satu bentuk ragam hias yang mempunyai bentuk teratur dan relatif bisa diukur menggunakan alat ukur.

  • Ragam hias geometris merupakan salah satu jenis motif ragam hias tertua sejak zaman prasejarah.
  • Ragam hias geometris tersusun atas beraneka ragam unsur garis.
  • Ragam hias geometris ini banyak diterapkan pada kain tenun, kain sulam, kain bordir, kerajinan tangan dan lain sebagainya.
  • Contoh ragam hias bentuk geometris yakni berupa  segi empat, lingkaran, segitiga, kerucut, oval, jajaran genjang, silinder dan lain-lain.
  • Dalam satu motif umumnya ragam hias ini dibuat dengan menggabungkan berbagai bentuk atau elemen geometri.
  • Ragam hias geometris cenderung disusun secara memanjang dan saling menyambung sehingga menjadi gambar yang diulang-ulang.

Ragam Hias

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Ragam Hias Dekoratif

Ragam hias dekoratif merupakan bentuk ragam hias yang diperoleh dari kombinasi bentuk naturalis dan bentuk geometris yang sudah distilasi atau direngga namun ciri khas bentuk aslinya masih terlihat.

  • Ragam hias bentuk dekoratif merupakan wujud dari ragam hias naturalis dan geometris yang ditranformasikan ke dalam bentuk dekoratif dengan stilasi (gubahan/renggaan).
  • Ragam hias dekoratif yang didukung oleh berbagai variasi / susunan warna yang indah dan serasi akan menghasilkan bentuk hiasan yang menarik.

Ragam Hias

Sumber : https://seputarkelas.com/

Langkah-langkah pembuatan ragam hias dekoratif dengan cara stilasi secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut.

  • Pertama tentukan pilihan motif yang akan diwujudkan menjadi stilasi.
  • Berikutnya buat gambar bangun luar dengan mangacu pada bentuk bidang hiasnya, baik berbentuk geometris maupun nongeometris
  • Sempurnakan bagian-bagian bangun luar dengan cara membaginya sesuai dengan bentuk-bentuk bagian motifnya.
  • Suoaya lebih indah dan menarik, gambar stilasi perlu dilengkapi dengan isen-isen berupa variasi titik, garis, blok dan warna dengan memperhatikan ciri serta sifat khas sumbernya.
  • Terakhir sempurnakan bagian-bagian bentuk, garis, blok dan warna dengan cara membersihkan bagian yang tidak diperlukan agar tampilannya menjadi rapi, bersih dan menarik.

4. Ragam Hias Figuratif

Ragam hias figuratif (figur manusia) merupakan bentuk ragam hias yang menggunakan objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Manusia sebagai salah satu objek dalam penciptaan motif ornamen mempunyai beberapa unsur, baik secara terpisah maupun menyatu.

Contoh ragam hias bentuk figuratif yakni berupa gambar manusia yang diaplikasikan pada kain batik dan kain tenun.

  • Kain Batik

Pada kain batik ragam hias figuratif yang menggambarkan ondel-ondel dapat dijumpai pada kain batik Betawi. Ondel-ondel sendiri merupakan desain hias yang menyerupai objek manusia dan dalam budaya Betawi dipercaya dapat menolak marabahaya.

Ragam Hias

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Kain Tenun

Selain batik ragam hias figuratif juga ada pada kain tenun ikat Sumba. Ragam hias figuratif pada tenun ikat Sumba menggunakan manusia sebagai objek atau motif penggambarannya.

  • Motif dan gayanya meniru bentuk tubuh manusia mulai dari bagian kepala hingga kaki.
  • Namun gambar figuratif tersebut hanya bentuk tiruan tubuh manusia karena dikreasikan dengan gaya tertentu.

Ragam Hias

Sumber : https://santyjosephine.wordpress.com/

5. Ragam Hias Bentuk Abstrak

Ragam hias bentuk abstrak merupakan ragam hias yang tertuang dari hasil imajinasi dan dapat disebut juga sebagai desain yang berbentuk tidak nyata.

  • Ragam hias bentuk abstrak kebanyakan bentuknya tidak lazim atau tidak memiliki kesamaan dengan berbagai obyek yang ada di alam maupun obyek buatan manusia.
  • Ragam hias bentuk abstrak bisa dikatakan unik dan aneh untuk sebagian orang.
  • Dalam ragam hias abstrak tidak akan ditemukan suatu objek khusus seperti objek khayalan maupun objek alam. Bahkan jika ada unsur tulisan tidak akan bisa terbaca sekalipun.

Ragam Hias

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ragam hias bentuk abstrak sendiri dapat anda temukan pada kain bordir, kain tenun atau juga pada beberapa perkakas rumah tangga. Meskipun tidak menggambarkan suatu garis atau objek dan terkesan bebas, motif abstrak tetap diyakini memiliki makna dan juga filosofis tersendiri.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai macam-macam bentuk ragam hias yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan busana dan lenan rumah tangga. Sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan kalau bentuk ragam hias yang dapat digunakan untuk menghias bahan kain itu jenisnya ada banyak.

Kalau anda mau tahu lebih detail lagi tentang teknik yang dapat diterapkan untuk menghias bahan kain, anda bisa mendownload E-Book Seni Menghias Bahan Kain dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.