Article

Homepage Article Desain Fesyen Tassel Acessories

Tassel Acessories

Tassel merupakan sebuah assesoris desain fashion berukuran kecil yang lebih dikenal dengan istilah rumbai dalam bahasa Indonesia. Jauh sebelum dimanfaatkan sebagai penghias item fashion, tassel ini pada awalnya hanya digunakan untuk mengikat gorden atau hiasan pada ujung toga (yakni sebagai rumbai benang pada topi wisuda).

Tassel Acessories

Sumber : http://mineforthemaking.com/

Dimana jenis tassel yang biasa digunakan untuk mengikat gorden tersebut umumnya dibuat dalam ukuran yang cukup besar menggunakan benang atau tali yang berdiameter 8 mm. Bagian kepala dari tasel ini didesain bulat seperti layaknya botol sehingga terlihat mirip dengan sebuah lonceng.

Tassel Acessories

Sumber : http://www.houzz.com/

Sejalan dengan perkembangan dunia fashion, tassel tersebut kemudian mulai diadaptasi dalam ukuran lebih kecil sebagai ornamen penghias aneka jenis aksesoris. Karena fungsinya yang bisa digunakan untuk mempercantik banyak ragam aksesoris, pada akhirnya muncul aneka ragam tassel. 

Tassel Acessories

Sumber : https://www.pinterest.com/

Berdasarkan bahan utama yang digunakan untuk membuatnya, tassel sendiri dapat dikelompokkan kedalam beberapa macam kategori, mulai dari tassel benang atau tali, tassel kulit, hingga tassel rantai. 

Tassel Acessories

Sumber : http://abbysaylor.com/

Tassel Benang atau Tali

Tassel yang dibuat dari bahan benang atau tali ini merupakan jenis tassel yang paling banyak digunakan untuk menghias berbagai macam produk pelengkap fashion. Sebut saja ikat pinggang, anting, kalung, gelang, serta aksen pada sepatu dan juga tas. 

Tassel Acessories

Sumber : http://honestlywtf.com/

Tassel Kulit

Tassel kulit merupaka sejenis aksesoris rumbai yang dibuat dari selembar kulit yang digunting tipis-tipis pada salah satu sisinya kemudian digulung dan diberi dengan penutup atau topi pada bagian atasnya yang tidak dipotong. Tassel kulit ini paling banyak dan paling sering ditemukan pada tas, ikat pinggang atau hiasan sepatu.

Tassel Acessories

Sumber : http://wheretoget.it/

Belakangan tassel berbahan kulit ini juga sering dijadikan sebagai aksesoris pembatas buku, penghias ujung tasbih hingga ujung kerudung.

Tassel Acessories

Sumber : http://demandware.edgesuite.net/

Tassel Rantai

Tassel rantai termasuk kedalam jenis rumbai yang paling unik dan jarang ditemukan. Dimana rumbai ini terbuat dari sekumpulan rantai-rantai halus yang diikat menjadi satu kemudian digunakan sebagai ornamen penghias aksesoris.

Tassel Acessories

Sumber : http://www.tasseldepot.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.