Article

Homepage Article Fashion Design 8 Cara Tampil Stylish Untuk…

8 Cara Tampil Stylish Untuk Rectangle Body Shape

Butuh rekomendasi outfit yang tepat untuk rectangle body shape atau bentuk tubuh wanita yang cenderung lurus mulai dari bagian dada, pinggang hingga pinggul?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin anda bisa menerapkan beberapa tips berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Rectangle Body Shape

Rectangle body shape merupakan istilah yang biasa digunakan untuk mendefinisikan bentuk tubuh wanita yang cederung lurus mulai dari bagian dada, pinggang hingga pinggul. Karena memiliki ukuran yang sama lebar maka anda perlu menciptakan kesan berlekuk terutama pada bagian pinggang.

Beberapa ciri paling khas yang membedakan rectangle body shape dengan bentuk tubuh wanita yang lainnya yaitu:

  • Memiliki ukuran dada, pinggang dan pinggul yang kurang lebih sama.
  • Memiliki garis bahu yang lebar.
  • Pada umumnya memiliki bagian pinggang yang tidak terdefinisi.
  • Bentuk tubuh cenderung lurus tidak berlekuk.
  • Perut kecil hingga rata-rata.
  • Kenaikan berat badan biasanya didistribusikan secara merata ke seluruh tubuh.

Rectangle Body Shape

Sumber : https://theconceptwardrobe.com/

Panduan Berbusana Rectangle Body Shape

Untuk urusan berbusana, wanita dengan bentuk tubuh persegi panjang atau rectangle body shape akan terlihat makin stylish jika menerapkan sejumlah tips berikut. 

1. Pilih Atasan Yang Menciptakan Kesan Berlekuk

Pertama kenakan busana yang dapat menciptakan kesan berlekuk pada tubuh bagian atas. Seperti halnya atasan dengan bahu terstruktur, aksen peplum dan busana yang dilengkapi dengan lengan bervolume.

Rectangle Body Shape

Sumber : https://shopee.sg/

2. Pilih Busana Dengan Garis Leher Yang Rendah

Berikutnya kenakan busana yang dilengkapi dengan dengan kerah / garis leher yang rendah seperti kerah bulat dan kerah V.

  • Kerah bulat merupakan kerah baju berbentuk bulat yang pas dengan leher pemakainya. Bentuk kerah seperti ini juga cocok dikenakan oleh orang yang memiliki wajah tirus karena mampu memberi kesan lebih berisi.
  • Selain kerah bulat anda bisa juga memakai busana dengan kerah V.
    • Kerah V merupakan sejenis model garis leher yang bentuknya lancip dibawah dan melebar dibagian atas menyerupai bentuk huruf V.  
    • Model kerah ini mampu memberikan ilusi lebih panjang pada bagian leher dan kesan berisi pada bagian dada.

Pakaian dengan model leher off shoulder, scoop atau sweetheart juga dapat membantu menciptakan efek lengkung pada tubuh bagian atas.

3. Kenakan Wrap Top Dengan Lengan Puff

Wrap top dengan lengan puff akan memberi ilusi bentuk yang sempurna dan membuat penampilan jadi makin elegan. Puff sleeve sendiri merupakan sejenis lengan yang dibuat lebih bervolume pada bagian bahu, bagian bawah atau justru keduanya (bahu dan bawah lengan).

Rectangle Body Shape

Sumber : https://www.madewell.com/

4. Gunakan Bra Dengan Ukuran Yang Tepat

Berikutnya pilih ukuran bra yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda. Selain membuat tubuh lebih nyaman, bra dengan ukuran yang benar dan pas juga dapat mempengaruhi bentuk payudara dan menambahkan lekuk tubuh.

  • Bila anda termasuk orang yang memiliki payudara kecil maka lebih baik untuk tidak memilih model bra yang berkawat.
  • Sebaliknya bila anda memiliki ukuran payudara yang cukup besar, sebaiknya justru memilih bra dengan kawat.

Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih bra, simak juga pembahasan mengenai 10 Tips Memilih dan Merawat Bra Baik Dari Segi Model, Bahan Hingga Ukurannya.

5. Pilih Celana Yang Memberi Kesan Bervolume

Pilih celana yang memberikan kesan bervolume di bagian bawah tubuh. Beberapa contoh celana yang cocok dikenakan untuk rectangle body shape diantaranya celana bootcut, celana flare, celana cargo dan juga celana kulot.

Rectangle Body Shape

Sumber : https://www.alibaba.com/

Download Pola Celana Kulot Wanita dan Pola Celana Kulot Kerut All Size siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat celana sendiri dengan pola yang sudah jadi.

6. Hindari Rok Yang Berpotongan Lurus

Hindari rok berpotongan lurus karena hanya akan mempertegas bentuk tubuh yang lurus. Sebagai gantinya anda bisa mengenakan rok pensil, tiered skirt maupun rok yang berlayer.

  • Rok pensil yang memiliki siluet lebar dibagian pinggang dan menyempit dibagian lutut akan mempertegas bentuk pinggang dan memberi kesan lebih berlekuk pada tubuh anda.
  • Tiered skirt yang didesain longgar dengan beberapa detail kerutan di bagian bawah akan membuat ilusi tubuh lebih berisi.
  • Memakai rok layer juga bisa menjadi pilihan lain untuk menambah volume tubuh bagian bawah. Terlebih aksen layer ini juga dapat memberikan kesan yang fun dan ceria pada penampilan.

Rectangle Body Shape

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Gunakan Gaya Pakaian Bertumpuk

Gaya pakaian bertumpuk sangat cocok diandalkan untuk menambahkan dimensi tubuh bagi para wanita yang memililiki bentuk tubuh persegi / rectangle body shape.

  • Jaket maupun blazer panjang dapat membuat tubuh anda terlihat lebih kurus tapi jangan menggunakan aksesoris atau pakaian yang terlalu ramai.
  • Kalau anda mau tampil lebih kekinian, pakailah outer yang berwarna terang dan jangan pernah takut untuk mencoba gaya baru.

Rectangle Body Shape

Sumber : https://www.zoodmall.kz/

Buat anda yang mau mencoba gaya pakaian bertumpuk simak juga pembahasan mengenai 7 Trik Layering Busana Wanita Yang Sesuai Dengan Iklim Indonesia.

8. Hindari Busana Yang Terlalu Longgar

Hindari menggunakan busana yang terlalu longgar dan tak berbentuk seperti halnya busana oversized karena busana seperti ini hanya akan menciptakan tampilan tanpa lekuk tubuh dan hanya lurus ke bawah saja.

Rectangle Body Shape

Sumber : https://www.target.com/

Kalaupun anda mau memakai busana yang seperti ini ada baiknya siasati dengan belt atau ikat pinggang untuk memberi ilusi berlekuk pada bagian pinggang.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai panduan berbusana untuk rectangle body shape yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa kunci stylish untuk rectangle body shape adalah memberi kesan berlekuk terutama pada bagian pinggang.

DO

  • Pilih atasan yang dapat menciptakan kesan berlekuk pada tubuh anda.
  • Wrap top dengan lengan puff akan memberi ilusi bentuk yang sempurna.
  • Pilih celana yang memberikan kesan bervolume di bagian bawah tubuh.
  • Rok pensil akan mempertegas bentuk pinggang sehingga memberikan siluet lekukan pada tubuh.
  • Rok berlayer juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah volume tubuh bagian bawah.

DON'T

  • Hindari menggunakan busana terlalu longgar.
  • Hindari rok berpotongan lurus karena hanya akan mempertegas bentuk tubuh yang lurus.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih outfit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.