Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Tips Memilih dan Merawat…

10 Tips Memilih dan Merawat Bra Baik Dari Segi Model, Bahan Hingga Ukurannya

Memilih bra yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisa dibilang tidak segampang dengan membaca merek dan melihat harganya saja. Namun lebih dari itu, dalam memilih bra sebenarnya terdapat banyak sekali kriteria penting yang harus diperhatikan agar penggunaan bra jadi lebih nyaman.

Definisi Bra

Bra dapat dikategorikan ke dalam jenis pakaian wanita yang berfungsi untuk menutupi payudara dan mencegah payudara agar tidak menjadi kendur. Ditinjau dari asal bahasanya nama bra ini sebenarnya berasal dari Bahasa Prancis “brassiere” dan diterima dalam Bahasa Indonesia melalui Bahasa Inggris.

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

Selain dikenal dengan nama bra, pakaian dalam wanita yang biasa dikenakan untuk menopang buah dada ini biasa disebut juga dengan nama kutang atau BH . Beha atau yang disingkat dengan BH sendiri merupakan kependekan dari Bahasa Belanda "buste houder" yang diserap dalam Bahasa Indonesia dan disingkat BH. 

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

Dari yang awalnya hanya digunakan untuk menopang bagian dada, seiring dengan berjalanya waktu beberapa produk bra juga menambahkan fungsi lain yaitu untuk memperbesar dan mengencangkan payudara, menjaga agar jaringan lemak payudara tidak menyebar ke bagian perut dan membuat tubuh terlihat makin gemuk.

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

Detail Anatomi Bra

Sekalipun bentuk dan desain bra yang berkembang selama bertahun-tahun telah menghasilkan banyak variasi bra yang unik dan inovatif namun bra paling modern pun tetap masih mengandung beberapa elemen umum dan desain dasar yang sama seperti apex, strap, adjuster, hook dan eye, cup, cradle, sling dan wing.

Bra Wanita

Sumber : https://textilelearner.blogspot.com/

1. Band

Band menjadi bagian dasar dari bra yang membungkus di sekitar tulang rusuk dan mengikatkan di belakang tubuh. Band ini sangat penting karena dirancang sebagai jangkar seluruh bra ke tubuh dan harus menyediakan dukungan 75% -90%.

2. Cup Bra

Cup bra merupakan bagian bra yang berfungsi untuk mengangkat dan menutupi payudara. Cup bra ini dapat berupa satu bagian (terbuat dari satu potong kain) atau multi-bagian (terdiri dari beberapa bagian yang berbeda dan dikelim secara hati-hati).

3. Apex

Apex merupakan bagian dari bra dimana tali terhubung dengan cup.

4. Strap

Strap merupakan bagian dari bra yang menghubungkan bagian atas cup ke bagian belakang band melewati  bahu dengan tujuan untuk menjaga cup tetap di tempat, bukan untuk mendukung seluruh berat payudara.

5. Adjuster

Adjuster merupakan bagian dari bra yang igunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan tali bra sesuai kebutuhan. Posisi adjuster pada tali dapat bervariasi dan tergantung pada desain bra.

6. Wing

Wing merupakan sisi bagian dari band yang membungkus dari tepi luar cup pada sisi tubuh ke belakang band.

7. Hook and Eye

Hook and eye merupakan bagian bra yang terletak di belakang tubuh. Bagian ini pada prinsipnya memiliki fungsi utama untuk mengencangkan atau mengendurkan bra.

8. Gore (Center Front)

Gore merupakan bagian dari bra yang terletak di antara payudara dan berfungsi untuk menghubungkan kedua cup. Gore kadang-kadang juga menjadi bagian dari cradle.

9. Sling

Beberapa bra menggabungkan sling pada cup bra dengan tujuan agar sisi payudara tidak melebar ke samping.

10. Ring/Slide

Ring/slide berfungsi  untuk mengatur bagian belakang dari bra sehingga satu ukuran bra bisa masuk pada jenis tubuh jenis atau ketinggian yang berbeda.

11. Cradle

Cradle merupakan bagian dari bra yang berfungsi untuk membantu posisi strap dan cup bra agar aman menopang payudara.

Tips Memilih Bra

Berencana untuk membeli bra sebagai pelengkap gaya penampilan anda?. Sebagai bahan pertimbangan berikut kami bagikan bagaimana tips memilih bra yang paling cocok dengan payudara masing-masing wanita mengingat setiap tipe dan merek bra terkadang memiliki ukuran yang tidak sama. 

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

1. Pilih Tipe Bra Yang Tepat

Untuk alasan kenyamanan pilih tipe atau model bra yang tepat sesuai dengan aktifitas yang anda lakukan. Selain itu sesuaikan pula jenis bra yang anda pakai dengan busana yang hendak anda kenakan.

Berdasarkan desain dan kegunaannya model bra yang dapat digunakan sebagai pelengkap penampilan sendiri lumayan banyak. Berikut tipe-tipe bra yang penting untuk anda ketahui.

a. Miniset Bra

Miniset bra merupakan tipe atau model bra yang ditujukan untuk anak perempuan yang baru mulai mengalami perkembangan payudara.

Bra Wanita

Sumber : https://www.lazada.co.id/

b. Push-Up Bra

Push-up bra merupakan model bra yang memiliki bentuk cup lumayan rendah dan dapat digunakan untuk mendorong kedua payudara.

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

c. Sport Bra

Sport bra merupakan tipe bra wanita yang dirancang khusus untuk aktivitas olahraga. Model bra yang satu ini biasanya didesain tanpa tambahan kawat.

Bra Wanita

Sumber : https://www.icebreaker.com/

d. Demi Cup Bra

Demi cup bra merupakan bra yang memiliki cup berbentuk rendah. Dengan bentuknya yang sedemikian unik bra ini cocok dipakai untuk wanita yang berdada kecil.

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

e. Full Cup Bra

Full cup bra merupakan bra wanita yang didesain untuk memberikan rasa nyaman bagi  wanita yang membutuhkan cup bra cukup besar dengan tali bahu yang lebar.

Bra Wanita

Sumber : https://id.wikipedia.org/

f. Balconette Bra

Balconette bra merupakan tipe dari demi cup bra, hanya saja bentuk cupnya cenderung rendah. Bra ini cocok digunakan dengan pakaian yang memiliki belahan dada rendah.

Bra Wanita

Sumber : https://id.wikipedia.org/

g. Bandeau Bra

Bandeau bra merupakan pakaian dalam wanita yang terbuat dari bahan elastis dan tidak memiliki pita pengait di belakang. Beberapa ada yang dilengkapi dengan tali bahu namun ada juga yang tidak.

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

h. Maternity Bra

Maternity bra merupakan bra yang didesain khusus untuk para wanita yang payudaranya bertambah besar pada masa kehamilan.

i. Nursing Bra

Nursing merupakan bra yang diciptakan khusus untuk memudahkan proses menyusui. Pada bra tradisional cupnya akan dilengkapi dengan pengait yang dapat dilepas saat akan menyusui.

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

j. U-plunge Bra

U-plunge bra merupakan pakaian dalam wanita yang sengaja didesain secara khusus untuk dikenakan oleh mereka yang gemar mengenakan baju berleher rendah.

Bra Wanita

Sumber : https://id.wikipedia.org/

2. Pilih Bahan Yang Nyaman

Memilih bahan bra yang nyaman juga perlu dijadikan bahan pertimbangan karena dapat mempengaruhi bentuk payudara yang sempurna. Sebisa mungkin pilih bra yang bisa menyerap keringat dengan baik dan tidak membuat kulit jadi terkena iritasi.

Belum menemukan bahan yang pas untuk pakaian dalam anda?. Simak kembali pembahasan mengenai 7 Jenis Kain Untuk Membuat Pakaian Dalam yang layak anda pertimbangkan saat memilih pakaian dalam.

3. Mengukur Lingkar Dada

Dalam memilih bra pastikan ukuran lingkar dadanya sesuai dengan ukuran tubuh anda. Untuk mengukur linggar dada anda bisa membentangkan tali di bawah payudara dan lingkarkan tali tersebut ke sekeliling payudara untuk mendapatkan ukuran lingkar dada.
Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mengukur lingkar dada yaitu:

  • Lingkarkan tali di sekeliling payudara kemudian lebihkan 10 cm dari lingkar dada yang sudah diukur.
  • Bila hasil lingkar dada ganjil, bulatkanlah menjadi angka genap dengan satu ukuran lebih besar. Misalnya angka lingkar dada menunjukkan 31 anda bisa membulatkannya menjadi 32.

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

4. Perhatikan Kait Bra

Disamping kesesuaian bahan dan ukuran bra, perhatikan juga kaitan yang terdapat pada bra supaya anda bisa mengatur bra tersebut sesuai kebutuhan. Untuk alasan kenyamanan biasanya setiap bra selalu dilengkapi dengan sepasang kait kecil yang bernama hook dan eye.

  • Hook (kaitan) merupakan kait bra yang memiliki bentuk melengkung.
  • Eye (mata kait) merupakan bagian yang memiliki bentuk  melingkar dengan lubang pada kedua sisinya.

Bra Wanita

Sumber : https://www.blackbirdfabrics.com/

5. Periksa Karet Bra

Untuk memeriksa kesesuaian karet bra pastikan ada jarak dua inci antara pita bra dan dada. Karet bra ini merupakan bagian bra yang paling penting karena mengikat sekitar tulang rusuk dan menempel dengan kuat di bawah payudara.

  • Bergeraklah dan lakukan beberapa peregangan untuk memastikan bahwa bra tidak bergeser ketika digunakan.
  • Uji bra dengan mengaitkannya ke kait yang paling longgar dan terus menggerakkannya di sepanjang kait kedua dan ketiga.
  • Jika pas di kait yang paling longgar elastisitasnya mungkin utuh dan akan meningkat saat bra mengencang.

6. Kaitkan Bra Saat Mencoba

Ketika anda mengukur lingkar dada dengan bra yang ingin anda beli coba kaitkan bra pada kaitan yang paling luar karena biasanya bra akan memelar kira-kira 3 inci selama anda memakainya. Ketika bra sudah memelar maka barulah anda bisa mengaitkan bra pada kaitan yang paling terdalam.

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

7. Sesuaikan Tali Bra

Sesuaikan panjang tali bra jika anda ingin mendapatkan bra yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan anda. Tali bra yang terlalu pendek dapat menekan punggung anda.

  • Hindari mengenakan bra yang talinya mengikat bagian tubuh sangat kencang, karena akan menimbulkan iritasi pada kulit dan menyebabkan nyeri pada punggung.
  • Sebaliknya jika tali bra yang anda pakai malah jatuh ke lengan dan tidak pas dengan ukuran bahu, maka bra tersebut masih terlalu besar untuk anda.

8. Pilih Cup Bra Yang Pas

Bila anda ingin menggunakan bra dengan cup yang terbentuk pastikan payudara anda harus mengisi cup bra dengan pas, tidak ada lipatan payudara yang membuatnya menonjol ke luar atau ada ruang yang tersisa di sekitar cup bra.

Bra Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

9. Kenakan Kaus Saat Mencoba Bra

Sebagai salah satu jenis pakaian dalam yang berfungsi untuk menopang payudara bentuk bra biasanya dapat terlihat pas atau tidak saat anda menggunakan kaus tipis. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli bra anda bisa mencobanya dengan kaus di ruang ganti.

10. Periksa Kawat Bra

Kawat bra merupakan bagian dari bra yang biasa ditambahkan pada bagian bawah cup bra dengan tujuan menopang payudara.

Bila anda termasuk orang yang memiliki payudara kecil maka lebih baik untuk tidak memilih model bra yang berkawat.
Sebaliknya bila anda memiliki ukuran payudara yang cukup besar, sebaiknya justru memilih bra dengan kawat.

Tanda bahwa bra yang anda gunakan benar-benar pas dan sesuai dengan dengan ukuran tubuh diantaranya:

  1. Band di bagian depan dan belakang bra berada di satu level atau berada di satu garis lingkar tubuh.
    • Untuk menyesuaikan band pada bra ini anda bisa mengencangkan atau melonggarkan tali bra.
    • Bila tali sudah dikencangkan atau dilonggarkan anda tetap merasa tidak nyaman, berarti bra tersebut tidak pas.
  2. Tali bra tidak terlalu ketat, tidak mudah lepas dan tidak meninggalkan bekas di bagian bahu
  3. Bra harus bisa menopang posisi payudara agar berada tepat di tengah antara bahu dan siku. Untuk mengujinya cobalah liat diri anda dengan posisi menyamping di depan cermin.
  4. Payudara harus masuk sempurna ke dalam setiap cup bra.
    • Jika payudara nampak keluar coba cari ukuran cup bra yang lebih besar.
    • Jika garis cup terlihat sangat jelas cari ukuran cup bra yang lebih kecil.
  5. Posisi kedua payudara harus sejajar di antara tulang dada, tidak ada yang lebih menonjol atau lebih kecil.

Bingung menentukan bra yang cocok untuk anda kenakan dengan gaun malam?. Simak kembali pembahasan mengenai 6 Jenis Bra Berdasarkan Tipe Gaun Malam.

Tips Merawat Bra

Setelah mendapatkan bra yang sesuai dengan kebutuhan anda pastikan untuk selalu merawat bra tersebut agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat bra diantaranya:

  1. Pisahkan bra dengan jenis pakaian lain (termasuk bra berwarna gelap) dan jangan lupa untuk memperhatikan jenis bahannya.
  2. Untuk mendapatkan hasil yang bersih maksimal selalu cuci bra yang anda miliki secara manual dengan menggunakan tangan.
  3. Sebaiknya gunakan air dingin atau agak hangat tetapi bukan air panas dan deterjen yang berbahan lembut.
    • Disarankan untuk menggunakan sabun cuci cair yang lembut.
    • Gunakan deterjen secukupnya, karena jika berlebihan dapat merusak bra.
    • Jangan langsung menuangkan deterjen langsung ke bra, karena warna bahan bisa rusak.
    • Campurkan deterjen ke dalam air hangat (30 C sampai 40 C) sebelum mencuci bra.
  4. Untuk menghindari adanya kerutan pada bra, tepuk secara lembut cup bra di telapak tangan.
  5. Hindari memasukkan bra ke pengering (dryer) jika anda tidak ingin membuatnya cepat rusak dan mela karena bahan bra yang cenderung lembut dan elastis tidak tahan panas.
  6. Jemurlah bra pada tempat yang teduh dengan posisi menggantung. Tapi khusus untuk bra yang terbuat dari silikon harus dikeringkan dengan menggunakan handuk dan diletakkan mendatar.
  7. Segera angkat bra yang sudah dirasa cukup kering dari tempat penjemuran tanpa perlu disetrika. Bila terpaksa anda ingin menyetrikanya, setrikalah dengan menggunakan temperatur rendah dan dilapisi dengan kain.
  8. Simpan bra dalam wadah yang bersih dan bebas lembab. Tapi jika anda memiliki bra yang cup-nya terbuat dari busa, maka lebih baik jika anda menyimpannya dengan menggunakan gantungan dibandingkan dengan melipatnya menjadi satu.

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih dan merawat bra yang dapat kami bagikan untuk anda. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan bahwa selain berguna untuk memperbaiki penampilan, mengenakan bra yang tepat juga penting untuk kesehatan.

  1. Pemakaian bra yang tepat akan membuat postur tubuh anda tetap tegap dan tidak bungkuk.
  2. Bra yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri dan suasana hati orang yang mengenakannya.
  3. Bra yang baik akan membantu membentuk postur tubuh sehingga tubuh akan tampak lebih langsing dan seksi.
  4. Membeli bra dengan kualitas yang baik juga akan lebih hemat sebab beha tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.