Article

Homepage Article Kain Karakteristik Bahan Lady…

Karakteristik Bahan Lady Zara dan Aplikasinya Pada Pakaian

Butuh rekomendasi bahan kain yang bagus untuk membuat gamis, baju blus wanita, tunik, outer, hijab, niqab hingga khimar?. Khusus untuk anda yang punya ketertarikan tersendiri dengan bahan-bahan bertekstur unik mungkin anda bisa memanfaatkan bahan lady zara yang dikenal dengan nama lady diamond italiano original sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bahan Lady Zara

Bahan lady zara adalah sejenis bahan kain dari 100% material polyester yang masih satu keluarga dengan bahan crepe. Dimana variasi dari bahan crepe sendiri bisa dibilang sangat banyak seperti bubble crepe, moscreepe, arabian creeper, crezia creepe, diamond italiano, diamond georgette, ceruti baby doll, wollycreepe dan barbie creepe.

  • Dalam dunia tekstil, bahan lady zara biasa dikenal pula dengan nama lady diamond italiano original atau versi premium dari kain diamond italiano.
  • Dibandingkan dengan kain diamond italiano, bahan lady zara inipun cenderung lebih tebal, lebih melar, jatuh, tidak kaku serta tidak menerawang.

Bahan Lady Zara

Sumber  :  https://shopee.co.id/

Karakteristik Bahan Lady Zara

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan lady zara diantaranya:

1. Teksturnya Seperti Kulit Jeruk

Layaknya bahan crepe yang lain, permukaan kain lady zara juga mirip seperti kulit jeruk tapi teksturnya cenderung lebih lembut dan lebih empuk.

Bahan Lady Zara

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Lembut dan Nyaman Dipakai

Meski memiliki tampilan seperti kulit jeruk, bahan lady zara ini pada prinsipnya tetap terasa lembut jika bersentuhan dengan permukaan kulit dan nyaman dipakai untuk berbagai keperluan.

3. Bahan Kainnya Adem

Bahan lady zara dikenal cukup adem dan tidak panas di tubuh jadi sangat cocok digunakan sebagai bahan pakaian untuk orang-orang yang tinggal di berbagai negara tropis seperti Indonesia.

Bahan Lady Zara

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Ringan dan Flowy

Bahan lady zara cenderung ringan dan flowy saat dikenakan. Meski tergolong ringan namun bahan ini tetap termasuk ke dalam jenis kain yang kuat asal dipakai dan dirawat dengan cara yang tepat.

Bahan Lady Zara

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Tidak Transparan / Menerawang

Bahan lady zara tidak transparan / tidak menerawang. Penggunaan furing pada pakaian yang dibuat dari bahan lady zara inipun sifatnya tidak wajib (bisa pakai bisa juga tidak).

6. Banyak Pilihan Warnanya

Bahan lady zara juga memiliki banyak pilihan warna, mulai dari warna pastel hingga warna bold. Karena itulah kain ini juga sering digunakan untuk membuat baju-baju branded serta pakaian dengan kualitas premium oleh para desainer.

Bahan Lady Zara

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Tidak Mudah Kusut

Material polyester membuat bahan lady zara tidak mudah kusut dan cenderung lebih mudah dalam perawatannya.

Pemanfaatan Bahan Lady Zara

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri sandang, bahan lady zara sendiri pada prinsipnya sangat cocok dijadikan berbagai kreasi produk fashion seperti gamis, baju blus wanita, tunik, outer, hijab, niqab maupun khimar.

1. Gamis Wanita

Gamis yang banyak diciptakan dalam bentuk terusan lurus, panjang dan longgar akan terasa sangat nyaman jika dibuat dari bahan lady zara. Ketebalan kainnya yang ideal dan yang tidak menerawang membuat kain lady zara sangat cocok digunakan untuk membuat gamis syar’i.

2. Baju Blus Wanita

Baju blus wanita menjadi fashion item berikutnya yang dapat dibuat dari bahan lady zara. Tak hanya bagus untuk pelengkap gaya casual, baju blus wanita yang dibuat dari bahan ini bisa juga dijadikan sebagai outfit andalan untuk bekerja atau kuliah.

4. Tunik

Selain baju blus wanita, bahan lady zara juga bagus dipakai untuk membuat tunik yang didesain longgar untuk menutupi dada, bahu serta bagian punggung dan panjangnya bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis.

5. Outer

Produk pakaian berikutnya yang juga banyak memanfaatkan bahan lady zara sebagai bahan dasarnya yaki berupa outer model kimono ataupun long cardigan.

6. Hijab

Untuk pelengkap gaya berhijab, bahan lady zara akan terlihat sangat bagus jika dipakai untuk membuat berbagai model hijab. Beberapa model hijab yang dimaksud antara lain berupa hijab segi empat, pashmina maupun bergo.

7. Niqab

Tak kalah menarik dari outfit yang sudah disebutkan di atas, bahan lady zara bisa juga diandalkan untuk membuat niqab. Niqab sendiri merupakan istilah syar'i untuk cadar yang digunakan untuk menutupi bagian wajah.

8. Khimar

Terakhir ada khimar yang memiliki desain lumayan panjang dan besar untuk menutupi bagian kepala mapun leher dan menjulur hingga dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk tulang selangka).

Merawat Pakaian Lady Zara

Untuk merawat produk pakaian yang dibuat dari bahan lady zara berikut beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan:

  • Pisahkan pakaian berbahan lady zara dengan jenis pakaian lain yang berbahan berat.
  • Larutkan detergen ke dalam bak yang berisi air lalu gunakan untuk merendam pakaian yang akan anda cuci. Tapi ingat jangan merendamnya terlalu lama ya karena akan merusak tekstur kain.
    • Untuk mencuci pakaian berbahan lady zara utamakan untuk menggunakan deterjen berbahan ringan seperti deterjen cair.
    • Hindari penggunaan deterjen pemutih pada pakaian berwarna agar warna kain tidak luntur dan tetap awet.
  • Setelah direndam selanjutnya kucek pakaian dengan menggunakan tangan lalu bilas dengan air bersih hingga tidak ada sisa busa detergen yang tertinggal.
    • Pakaian yang dibuat dari bahan lady zara akan lebih baik jika dicuci secara manual dengan menggunakan tangan.
    • Meski demikian tetap aman jika dicuci menggunakan mesin cuci.
  • Untuk mengeringkan pakaian berbahan lady zara jemur dengan cara diangin-anginkan, jangan langsung dibawah terik matahari.
  • Setelah kering, setrika pakaian dengan suhu rendah agar tampilannya jadi lebih rapi. Kalau suhunya terlalu panas, yang ada permukaan kainnya akan cepat rusak bahkan terbakar.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik bahan lady zara, pemanfaatan bahan lady zara dan cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa:

  • Bahan lady zara termasuk ke dalam jenis kain 100% polyester yang memiliki tampilan menarik, halus dan lembut, tidak panas, tidak menerawang dan sangat cocok dipakai untuk iklim tropis.
  • Bahan lady zara dapat diaplikasikan pada berbagai jenis pakaian mulai dari gamis, baju blus wanita, tunik, outer, hijab, niqab, khimar dan berbagai model pakaian lainnya.  
  • Bahan lady zara tidak membutuhkan cara perawatan yang rumit karena bisa dicuci dan dikeringkan dengan mudah.

Ingin membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya memiliki lekukan pinggang.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.