Article

Homepage Article Cara Menjahit 8 Cara Menjahit Bahan Kaos…

8 Cara Menjahit Bahan Kaos Biar Hasilnya Tampak Lebih Rapi

Tertarik untuk membuat kaos sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara paling tepat untuk menjahitnya?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menjahit bahan kaos biar hasilnya tampak lebih rapi.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bahan Kaos

Bahan kaos merupakan sejenis bahan kain yang umum digunakan untuk membuat kaos. Berdasarkan serat penyusunnya, bahan kaos inipun juga dapat dibuat dari berbagai jenis serat yang berbeda untuk memberikan karakteristik tambahan seperti daya tahan dan keawetan warna.

Menjahit Bahan Kaos

Sumber : https://weallsew.com/

Tapi karena bahan kaos memiliki karakteristik yang berbeda dengan bahan pakaian yang lainnya, maka untuk menjahit bahan kaos sendiri secara umum diperlukan kehati-hatian dan keterampilan tersendiri untuk mencapai hasil yang rapi dan profesional.

Cara Menjahit Bahan Kaos

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan untuk menjahit bahan kaos?. Berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk menjahit bahan kaos biar hasilnya lebih rapi.

1. Pilih Pola dan Ukuran Yang Tepat

Pastikan kamu menggunakan pola yang sesuai dengan desain dan ukuran kaos yang kamu inginkan, untuk memastikan bahwa kaos yang dihasilkan pas dan nyaman saat dipakai.

Menjahit Bahan Kaos

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Perhatikan Arah Serat Kain

Perhatikan arah serat kain saat kamu memotong dan menjahit bahan kaos. Pastikan bahwa pola atau potongan kain diatur sejajar dengan serat kain untuk memastikan kestabilan dan penampilan yang rata.

  • Biar bahan kaos gak melintir dan mudah dijahit arah seratnya harus lurus dan sama.
  • Kalau arah seratnya miring sedikit bisa jadi baju yang dihasilkan melintir dan hasilnya jelek.

Menjahit Bahan Kaos

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

3. Jepit Dengan Peniti atau Klip Kain

Gunakan peniti atau klip kain untuk membantu mencegah timbulnya lipatan dan menahan potongan kain agar tetap sejajar saat dijahit.

Menjahit Bahan Kaos

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Gunakan Jarum Yang Sesuai

Jahit bahan kaos dengan jarum yang sesuai dengan jenis bahan kain yang kamu jahit. Selain itu jarumnya tidak boleh tumpul, harus tajam dan lancip. Kalau tumpul yang ada serat pada bahan kaos akan tercabut dan bikin jahitan yang dihasilkan jadi jelek.

  • Untuk menjahit bahan kaos gunakan jarum khusus untuk kain stretch, jarum jahit yang dimaksud biasanya yakni berupa ballpoint needle.
  • Ballpoint needle sendiri merupakan sejenis jarum yang dirancang khusus untuk menjahit kain stretch tanpa merusak seratnya.
  • Bedanya dengan jarum jahit yang lain yaitu bagian ujung ballpoint needle cenderung membulat sehingga memungkinkan jarum menembus sela-sela rajutan bahan kaos.

Menjahit Bahan Kaos

Sumber : https://jaycotts.co.uk/

Simak juga Menjahit Bahan Kaos Dengan Ballpoint Needle.

5. Pilih Mesin Yang Tepat

Gunakan mesin jahit yang tepat untuk menjahit bahan kaos. Kalaupun kamu ingin menggunakan mesin jahit biasa untuk menjahit bahan kaos, pastikan settingannya sesuai untuk menjahit bahan kaos.

Menjahit Bahan Kaos

Sumber : https://weallsew.com/

Simak juga Menjahit Bahan Kaos Dengan Mesin Jahit Biasa.

6. Atur Tegangan Benangnya

Pastikan tegangan benang (tegangan benang atas dan bawah) pada mesin jahit diatur dengan baik agar jahitan yang dihasilkan tetap rapi dan merata pada kain.

  • Pengaturan tegangan benang yang tepat akan membantu mencegah benang terlilit atau terlalu kencang.
  • Pengaturan tegangan benang yang tepat dapat meningkatkan kenyamanan saat menjahit.
  • Pengaturan tegangan benang yang tepat dapat mengurangi keausan dan risiko putusnya benang atau jarum jahit.
  • Pengaturan tegangan benang yang tepat dapat membantu menjaga agar mesin tetap berfungsi dengan baik dan lebih tahan lama.

Jika masih ragu, kamu bisa melakukan uji coba pengaturan tegangan benang pada potongan kecil bahan kain yang stretch sebelum menjahit baju secara keseluruhan.

7. Jahit Dengan Kecepatan Konsisten

Jahit bahan kaos dengan kecepatan yang konsisten (jangan terlalu cepat atau terlalu lambat) untuk mencegah kemungkinan ketegangan yang tidak merata pada jahitan. Jika diperlukan kamu bisa menghentikan mesin secara berkala untuk memastikan kain tetap sejajar dan tidak terpelintir.

8. Jangan Menarik Bahan Kaos

Untuk mencegah peregangan berlebihan pada kain dan menghasilkan jahitan yang lebih rata, jangan menarik bahan kaos saat kamu menjahitnya.

  • Saat menjahit bahan kaos biarkan kain meluncur secara alami. Selain bikin melar kebiasaan menarik bahan kaos justu bakal bikin jahitannya tidak pas.
  • Apabila kainnya susah diatur setrika terlebih dahulu sebelum kamu menjahitnya biar permukaannya halus dan rata.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara paling tepat yang bisa kamu terapkan untuk menjahit bahan kaos. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk menjahit bahan kaos dan bahan kain lainnya yang memiliki sifat serupa ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos?. Sebagai referensi kamu bisa melihat-lihat koleksi Bahan Kaos terbaik di katalog kain kami.

Simak juga 6 Kriteria Penentu Kualitas Jahitan Kaos Beserta Cara Praktis Untuk Menjahitnya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.