Article

Homepage Article Cara Menjahit Menjahit Bahan Kaos Dengan…

Menjahit Bahan Kaos Dengan Ballpoint Needle

Menjahit bahan kaos dengan mesin jahit biasa memang tidak semudah yang dibayangkan, sebab sedikit saja kesalahan yang dilakukan saat menjahit bahan kaos akan sangat berpengaruh terhadap kualitas jahitan yang dihasilkan. 

Ballpoint Needle

Sumber : http://www.prettyprudent.com/

Mulai dari bentuk jahitan yang dihasilkan akan tampak berkerut dan kurang rapi, jahitan yang dihasilkan sering kali loncat-loncat karena jarum tidak bisa menembus kain, bentuk jahitan pada kain cenderung renggang, bahkan benang yang digunakan untuk menjahit bahan kaos menjadi mudah putus.

Ballpoint Needle

Sumber : http://www.prettyprudent.com/

Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu tips paling ampuh yang dapat diterapkan untuk menjahit kain kaos agar terlihat rapi dan bebas dari jahitan loncat-loncat adalah dengan mengganti jarum mesin jahit yang biasa digunakan dengan jarum mesin jahit jenis ballpoint needle. 

Ballpoint Needle

Sumber : http://sowystitch.blogspot.co.id/

Dimana ballpoint needle ini termasuk kedalam salah satu jenis jarum khusus yang memang diproduksi untuk menjahit bahan kain yang bersifat stretch atau elastis. Seperti halnya bahan kaos (cotton combed) maupun bahan rayon spandex dan jersey yang biasa digunakan untuk membuat jilbab.

Ballpoint Needle

Sumber : http://www.prettyprudent.com/

Meski sepintas terlihat sama dengan jarum biasa, namun penting untuk diketahui jika ballpoint needle sendiri secara spesifik memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan jarum mesin jahit universal pada umumnya. Perbedaan tersebut terletak pada ujung jarumnya.

Ballpoint Needle

Sumber : http://dzgns.com/

Bagian ujung ballpoint needle yang cenderung membulat memungkinkan jarum jahit menembus sela-sela rajutan bahan kaos yang rapat tanpa perlu merusak benang atau serat penyusun bahan kaos. 

Ballpoint Needle

Sumber : http://www.prettyprudent.com/

Karena ditujukan untuk menjahit bahan khusus yang memiliki karakteristik strech atau melar, pada kenyataannya ballpoint needle ini sedikit susah untuk didapatkan. Terlebih lagi harganya juga terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan jarum mesin jahit universal.

Ballpoint Needle

Sumber : http://imaginegnats.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 4

Leave a Comment
1

sherly ly

3 years ago
untuk bahan scuba pakai ini bisa ? ada benang khusus ? krn sy coba jait dibahan scuba ga bisa nyantol benangnya , syakai yg jarum gold no13
2

fitinline

2 years ago
Seharusnya bisa. Untuk benang, tidak ada spesifikasi khusus.
3

Aries t devy

3 years ago
Saya muter2 cari di tn abang tdk ada yg tau ballpoint needle, dimana yg jual jarum jenis ini mba, thx
4

fitinline

3 years ago
Coba cari di toko alat/mesin jahit di kota anda, mengenai persisnya bisa dibeli dimana kami belum ada infonya. Silahkan baca artikel kami https://fitinline.com/article/read/12-toko-perlengkapan-jahit-di-jakarta-dan-sekitarnya/

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.