Article

Homepage Article Fashion Design 5 Fungsi Penting Chest Waders…

5 Fungsi Penting Chest Waders Yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi salah satu model pakaian terusan yang memiliki desain cukup unik dan menarik karena terdiri dari sepatu dan celana yang didesain cukup tinggi hingga ke bagian dada, berikut beberapa manfaat dari chest waders yang penting untuk kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Chest Waders

Chest waders sendiri merupakan sejenis pakaian terusan yang dirancang untuk melindungi tubuh seseorang agar tetap kering terutama saat melakukan kegiatan di lingkungan yang basah seperti memancing dan berburu di dalam air, tepi sungai, kolam dan rawa-rawa.

Chest Waders

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan chest waders dengan model pakaian terusan lainnya yaitu: 

  • Chest waders memiliki ciri paling mencolok yaitu tingginya mencapai dada pengguna atau sedikit lebih tinggi.
  • Chest waders biasa dilengkapi dengan sepatu yang terintegrasi. Dalam artian sepatu dan bagian kaki chest waders umumnya didesain menjadi satu kesatuan.
  • Chest waders umumnya terbuat dari bahan tahan air untuk mencegah air masuk ke dalam chest waders.
  • Chest waders sering dilengkapi dengan tali pengikat di sekitar pinggang yang dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh pengguna agar lebih fit ketika dikenakan.
  • Beberapa chest waders ada juga yang dilengkapi dengan resleting di bagian depan atau sistem penutup lainnya yang memudahkan pengguna untuk mengenakan dan melepaskan chest waders.  
  • Chest waders umumnya memiliki bobot yang ringan dan fleksibel untuk memudahkan pergerakan pengguna saat berada di dalam air atau berjalan di sekitar perairan.

Chest Waders

Sumber : https://id.pinterest.com/

Manfaat Dari Chest Waders

Sementara jika dilihat dari segi fungsinya sendiri, chest waders sebenarnya juga memiliki banyak fungsi penting yang mungkin tidak dimiliki pakaian terusan yang lain. Beberapa fungsi penting dari chest waders yang penting untuk kamu ketahui diantaranya: 

1. Melindungi Anggota Tubuh

Chest waders sangat cocok digunakan untuk memberikan perlindungan yang menyeluruh pada pakaian dan tubuh bagian bawah hingga dada agar tidak basah saat berada di lingkungan yang basah.

Chest Waders

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Memberi Kebebasan Gerak

Selain melindungi tubuh pemakainya agar tetap kering saat beraktifitas di lingkungan perairan, chest waders yang ringan juga memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa saat berjalan atau berdiri di dalam air.

Chest Waders

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Menambah Rasa Nyaman

Chest waders ideal digunakan untuk menambah rasa nyaman dan memungkinkan pengguna untuk melakukan kegiatan di air tanpa perlu khawatir akan jadi basah atau kotor.

4. Memberikan Isolasi Tambahan

Chest waders dapat digunakan untuk memberikan isolasi tambahan pada tubuh dari air dingin dan mencegah risiko hipotermia, terutama jika bahan yang digunakan untuk membuatnya memiliki sifat termal yang baik seperti halnya kain neoprene.

  • Saat cuaca dingin atau berada di air dalam waktu lama, chest waders akan memberikan tingkat keamanan tambahan pada tubuh.
  • Chest waders juga efektif digunakan untuk mencegah risiko hipotermia yang dapat menyebabkan henti jantung, gangguan sistem pernapasan bahkan kematian.

Chest Waders

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Fasilitas Kerja dan Riset

Chest waders dapat dijadikan sebagai outfit andalan oleh pekerja profesional seperti pekerja di tambak ikan, petugas pemeliharaan di lingkungan perairan, pekerja di peternakan dan pekerja konstruksi yang bekerja di lingkungan yang basah.

Untuk keperluan penelitian, chest waders dapat pula dijadikan sebagai pakaian wajib bagi para peneliti di bidang-bidang tertentu seperti biologi, air dan geologi.

Bahan Untuk Chest Waders

Untuk memaksimalkan fungsinya dalam memberi perlindungan pada tubuh, chest waders sendiri umumnya banyak terbuat dari bahan yang 100% tahan air seperti karet, neoprene, kain taslan balon, kain despo balon, kain parasut balon atau bahan laminasi yang tahan air.

Alasan mengapa bahan anti air seperti karet, neoprene atau bahan laminasi lainnya sangat cocok digunakan untuk membuat chest waders yaitu: 

  • Bahan anti air pada chest waders memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk mencegah air masuk ke dalam chest waders.
  • Bahan anti air pada chest waders efektif digunakan untuk melindungi pengguna agar tetap kering dan nyaman selama melakukan aktivitas di tempat yang basah.
  • Bahan anti air pada chest waders bisa membantu menjaga suhu tubuh pengguna agar tetap stabil dengan mencegah kontak langsung dengan air dingin.
  • Bahan anti air pada chest waders dapat membantu melindungi pengguna agar terhindar dari beberapa masalah kesehatan seperti pilek, flu atau bahkan infeksi kulit.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai ciri khas chest waders, bahan untuk chest waders dan manfaat chest waders yang perlu kamu ketahui. Khusus untuk kamu yang punya hobi memancing atau berpetualang di lingkungan perairan pastikan kamu memiliki pakaian terusan yang satu ini ya.

Butuh bahan kain anti air berkualitas dengan harga murah untuk membuat chest waders?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Taslan Balon, Kain Despo Balon dan Kain Parasut Balon terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.