Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Merawat Celana Jeans…

7 Tips Merawat Celana Jeans Putih Agar Tetap Cemerlang

Suka memakai celana jeans warna putih untuk pelengkap gaya penampilan kamu?. Biar celana yang kamu miliki tetap awet dan warnanya tetap cemerlang, yuk cari tahu bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat celana jeans kesayangan kamu.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Celana Jeans Putih

Celana jeans putih merupakan sejenis celana yang biasa dibuat dari bahan khusus yakni berupa kain denim warna putih. Tapi karena warnanya cenderung terang, jadi celana ini memang lebih rentan kotor dibandingkan dengan celana jeans yang berwarna gelap seperti navy atau hitam.

Celana Jeans Putih

Sumber : https://www.target.com/

Tips Merawat Celana Jeans Putih

Berbicara mengenai celana jeans putih, lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat celana jeans agar warnanya tetap cemerlang?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membantu menjaga kebersihan celana jeans putih.

1. Hindari Tempat Kotor

Cobalah untuk menghindari tempat yang mudah kotor atau terkena noda saat kamu mengenakan celana jeans putih.

2. Pisahkan Dengan Pakaian Lain

Saat mencuci celana jeans warna putih, sebaiknya pisahkan celana tersebut dari pakaian yang berlainan warna.

  • Hanya cuci celana jeans putih dengan pakaian yang sama-sama berwarna putih.
  • Hindari mencampur celana jeans dengan pakaian berwarna gelap yang bisa menimbulkan gesekan dan transfer warna.

Celana Jeans Putih

Sumber : https://www.stitchfix.com/

3. Balik Celana Jeans

Jangan lupa untuk membalik celana jeans sebelum dicuci agar bagian baiknya berada di dalam dan bagian buruknya berada di luar.

Membalik celana jeans bisa membantu mencegah gesekan langsung antara bahan dan mesin cuci yang dapat menyebabkan keausan, jika kamu ingin mencuci celana jeans warna putih dengan mesin cuci.

4. Hindari Teknik Dry Clean

Hindari teknik dry clean untuk mencuci celana jeans putih. Alasannya yaitu meski teknik dry clean memang dikenal simpel namun cara tersebut kurang begitu baik untuk jeans putih karena bisa membuat celana jeans menjadi cepat rapuh.

Celana Jeans Putih

Sumber : https://poshmark.com/

5. Cuci Dengan Soda Kue

Cuci celana jeans yang mulai terlihat tidak terlalu putih dengan 4 liter air hangat yang dicampur dengan secangkir soda kue agar warnanya tetap terjaga dengan baik.

  • Caranya yaitu larutkan secangkir soda kue ke dalam 4 liter air hangat.
  • Rendam celana jeans selama 8 jam dalam campuran soda kue dan air.
  • Jika sudah selanjutnya kamu bisa mencuci celana jeans putih seperti biasa lal menjemurnya hingga kering.

Selain diterapkan pada celana jeans, perawatan dengan soda kue ini juga berlaku untuk pakaian putih lainnya yang kamu miliki.

6. Hindari Pemutih Pakaian

Hindari penggunaan bahan pemutih pakaian ataupun detergen yang mengandung bahan pemutih pakaian karena bisa merusak warna dan serat celana jeans. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan deterjen yang bebas bahan pemutih dan aman untuk celana jeans.

  • Terlalu sering menggunakan pemutih bisa membuat celana jeans menjadi kekuningan.
  • Terlalu sering menggunakan pemutih bisa membuat celana jeans menjadi lebih cepat rusak.

7. Jemur di Tempat Yang Teduh

Jangan biarkan celana terendam terlalu lama dalam air tapi sebaiknya langsung keringkan dengan cara digantung di tempat yang teduh.

  • Jangan biarkan celana jeans putih dijemur langsung di bawah terik matahari karena hal tersebut bisa membuat warna jeans menjadi berubah.
  • Kalau pun kamu ingin menjemurnya di bawah matahari pastikan panas matahari tidak terlalu terik.

Celana Jeans Putih

Sumber : https://joyshowboutique.com/

Untuk merawat celana jeans putih yang terkena noda, sebaiknya langsung bersihkan bagian yang bernoda tapi jangan menekan terlalu keras atau menggosoknya terlalu kuat karena bisa membuat nodanya makin terserap lebih dalam ke serat kain. 

  • Semakin cepat kamu membersihkan noda, semakin besar kemungkinan nodanya bisa hilang.
  • Jika nodanya terlanjur kering, kamu bisa membasahi sedikit bagian celana yang bernoda kemudian bilas kain dari bagian kain di balik noda.

Sementara untuk membersihkan noda yang membandel pada celana jeans kamu bisa menggunakan lemon yang dicampur dengan air mendidih. Cara paling mudah yang bisa dilakukan yaitu:

  • Masukkan perasan lemon ke dalam sepanci air yang hangat.
  • Masukkan celana jeans putih yang bernoda ke dalam campuran lemon lalu tunggu airnya dingin.
  • Jika sudah cuci celana jeans putih seperti biasa lalu jemur hingga kering.

Kesimpulan

Itu dia beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk merawat celana jeans putih biar warnanya tetap cemerlang. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam merawat koleksi celana jeans putih yang kamu miliki ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat koleksi Kain Denim terbaik yang kami miliki.

Download juga Pola Celana Pria Skinny dan Pola Celana Wanita Skinny siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat celana jeans sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.