Article

Homepage Article Kain Kain Wool

Kain Wool

Kain merupakan kebutuhan manusia, kain digunakan untuk melindungi tubuh dari perubahan cuaca, binatang, dan menutupi aurat (bagian-bagian sensitif manusia). Salah satu bahan yang sering digunakan berasal dari binatang (Animal Textiles) yaitu serat wool atau wol (baca: https://fitinline.com/article/read/ragam-kain-untuk-busana-bahan-dasar-kain). Binatang ternak tidak hanya dimanfaatkan dagingnya, namun rambutnya pun bisa dijadikan bahan untuk membuat kain. Serat wool adalah serat yang dihasilkan dari hewan dari keluarga Caprinae, terutama domba dan kambing, tetapi bisa juga berasal dari bulu mamalia lainnya seperti ilama, unta dan alpaca. Serat ini sudah dikenal sejak zaman peruggu (2500 - 1000 SM) dan merupakan hasil sampingan dari pekerjaan beternak. Serat pada wol bersisik dan keriting. Untuk menghasilkan serat unggul maka peternak melakukan kawin silang. Misalnya, domba Tarantin dari Spanyol dikawinkan dengan domba Laodisia dari Asia Kecil dan menghasilkan atau melahirkan domba Merino dengan bulu yang sangat halus.

Kain wool adalah kain yang terbuat dari wool yg telah mengalami proses penyisiran sehingga berkualitas tinggi. Bahannya cukup berat, hangat dan halus. Kain dengan serat wool bisa menghangatkan tubuh pemakainya, sangat cocok digunakan di daerah dingin.

Serat Wool dari Bulu Domba

Serat Wool dari Bulu Domba

Sumber: http://id.wikipedia.org

Baju hangat seperti sweater, jaket, mantel, sarung tangan, syal, topi, dan selimut memang paling nyaman jika menggunakan bahan wool.

Sarung Tangan Berbahan Wool

Sarung Tangan Berbahan Wool

Sumber: http://m.vemale.com

Mantel Berbahan Wool

Mantel Berbahan Wool

Sumber: http://www.globalexpresstours.com

Terdapat jenis kain wool dengan nama Lightweight wools, merupakan wool yang lebih ringan, namun tetap hangat dan bisa dipadukan dengan apa saja. Kain ini tahan banting dan awet.

Lightweight Wools

Lightweight Wools

Sumber: http://ikainsyiroh.wordpress.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Ada juga kain yang berasal dari rambut domba dari Kasmir yang dinamakan kain Cashmere. Bahan ini tergolong mewah dengan kualitas prima. Kain ini berharga mahal dan uniknya lebih sering dicuci akan semakin halus tetapi harus menggunakan detergen khusus seperti shampo.

Cashmere

Cashmere

Sumber: http://yusantisp.blogspot.com

Cashmere

Sumber: http://yusantisp.blogspot.com

Cara untuk mengetahui keaslian kain wool sangatlah mudah. Ambil saja benang lalu dibakar, benang wool yang asli jika dibakar akan menjadi abu, ada aromanya seperti rambut binatang yang terbakar. Sedangkan wool palsu, kainnya mengandung bahan polyester, ketika dibakar akan meninggalkan gumpalan seperti plastik. Kalau tidak memungkinkan mengecek melalui bakar-bakaran, kiatnya dengan mengusap dari kehalusan kain. Kain wool asli bahannya lembut, halus, dan ringan melayang. Tidak gerah ketika dipakai. Berbeda dengan wool palsu, lebih berat, dan agak kasar, sehingga tidak nyaman dipakai.

Kain Wool Sintetis

Kain Wool Sintetis

Sumber: http://grosirbajukoreamurah.com

Terkadang ada kesulitan saat mencuci bahan wool karena wool cenderung menyusut dan berubah bentuk sesuai perlakuan saat mencuci. Walaupun baju hangat tersebut dicampur dengan acetate atau acrylic, yang berarti woolnya tidak 100%, kemungkinan mengerut masih bisa terjadi. Oleh karena itu, cucilah bahan wool hanya jika benar-benar harus dicuci.

Tips cara mencuci kain wool yaitu, Letakkan baju yang akan dicuci di atas selembar kertas yang bersih, jiplak bentuknya di atas kertas tersebut. Masukkan baju tersebut ke dalam air dingin selama 1-2 jam sebelum dicuci, lakukan hingga semua serat wool menyerap air. Ini dilakukan untuk mencegah wool mengerut. Jika terdapat noda, bersihkan dengan menyikat lembut bagian yang terkena noda saja dan usahakan jangan sampai mengenai serat kainnya, bilas bagian bernoda dengan air dingin yang bersih. Larutkan sabun/deterjen khusus wool atau baby shampoo yang lembut di air dingin. Jika sulit, Anda bisa melarutkan dengan air hangat kemudian melarutkannya kembali di air dingin. Cuci menggunakan tangan, dengan merendam dan menekan-nekan secara lembut dan hati-hati. Hindari mengucek atau memeras bahan wool. Ganti air dengan air bersih, kemudian lakukan langkah yang sama hingga tidak ada sisa sabun. Keringkan dengan cara menekan-nekan untuk menghilangkan sisa air, kemudian bungkus dengan handuk untuk menyerap airnya. Letakkan baju wool di atas pola yang telah digambar di kertas tadi, kemudian tarik-tarik seratnya untuk mengembalikan bentuknya seperti semula. Kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan di atas permukaan yang datar dan berjaring-jaring (seperti di jaring tempat tidur gantung).
Semoga bermanfaat.

Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.