Article

Homepage Article Fashion Design 8 Alasan Mengapa Kamu Harus…

8 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Konsep Capsule Wardrobe

Jadi salah satu trend yang muncul sebagai solusi untuk menghadapi sifat konsumerisme dan mendukung gerakan Minimalist Fashion, berikut beberapa alasan mengapa kamu harus mencoba yang namanya konsep capsule wardrobe.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Capsule Wardrobe

Capsule wardrobe sendiri merupakan sebuah konsep mengelola pakaian yang paling sering digunakan, pakaian yang dapat dipadupadankan secara fleksibel dan pakaian yang bisa dipakai kapan saja tanpa harus terikat pada trend yang berkembang di masa tertentu.

Alasan Menerapkan Capsule Wardrobe

Masih ragu untuk menerapkan konsep capsule wardrobe dalam kehidupan kamu?. Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa kamu harus mencoba konsep capsule wardrobe. 

1. Simplicity

Capsule wardrobe menyederhanakan proses pemilihan pakaian. Jadi dengan memiliki jumlah pakaian yang terbatas, kamu tidak perlu lagi membuang-buang waktu yang lama untuk memilih busana setiap harinya.

  • Capsule wardrobe tidak hanya memberikan kemudahan dalam memilih busana, tetapi juga mengajak semua orang untuk mengurangi fast fashion.
  • Dengan berfokus pada konsep timeless, pakaian yang kamu miliki bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama dan tidak akan ketinggalan jaman.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Efficiency

Capsule wardrobe membantu meningkatkan efisiensi dalam berpakaian dan usaha yang diperlukan untuk membuat kombinasi busana.

  • Dengan capsule wardrobe kamu bisa menggunakan setiap fashion item secara optimal karena semuanya sudah dipilih dengan cermat dan dapat dipadu-padankan dengan mudah.
  • Selain itu dengan menyusun capsule wardrobe, kamu juga dapat memahami lebih baik apa yang benar-benar kamu butuhkan dan prioritaskan dalam pakaian sehari-hari.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://www.nikiwhittle.com/

3. Fokus Pada Kualitas

Capsule wardrobe bisa membantu kamu untuk lebih fokus dalam memilih pakaian yang berkualitas dan berinvestasi pada pakaian yang tahan lama dibandingkan memilih pakaian yang kualitasnya biasa saja. Saat mengkurasi pakaian kamu juga bisa mempertimbangkan aktivitas yang biasa kamu lakukan.

  • Tetapkan parameter yang paling sesuai dengan preferensi pribadi kamu bukan berdasarkan kebutuhan orang lain.
  • Jumlah pakaian yang kamu simpan pun dapat bervariasi, mulai dari 20 item, 30 item atau lebih dari itu.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://lookingglasslifestyle.com/

4. Hemat Waktu dan Uang

Penerapan konsep capsule wardrobe bisa memudahkan kamu untuk menghemat waktu dan uang yang biasanya dihabiskan untuk membeli pakaian baru setiap kali ada trend baru yang bermunculan.

  • Capsule wardrobe mendorong kamu untuk mempertimbangkan kembali pengeluaran untuk hal-hal yang tidak berguna.
  • Capsule wardrobe dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan dengan lebih baik dan menghindari pemborosan.
  • Capsule wardrobe juga bisa membantu kamu untuk mengurangi siklus pembelian baju yang cepat.

Yang jelas dengan menerapkan konsep capsule wardrobe, kamu pasti bisa lebih mudah untuk mengelola pengeluaran secara bijak dan menyusun anggaran belanja dengan sebaik mungkin, sehingga nantinya pakaian yang sudah kamu beli tidak akan terbuang sia-sia.

5. Kenyamanan

Capsule wardrobe membantu kamu untuk menemukan gaya pribadi yang sebenarnya, karena kamu bisa lebih fokus untuk memilih koleksi pakaian yang benar-benar kamu sukai dan kamu butuhkan.

  • Capsule wardrobe bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi gaya pakaian yang paling sesuai dengan selera dan kepribadian kamu.
  • Capsule wardrobe bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi elemen-elemen yang diperlukan sesuai dengan citra yang ingin kamu tampilkan.
  • Capsule wardrobe bisa membantu kamu untuk menciptakan konsistensi dan kesatuan dalam gaya berpakaian.
  • Capsule wardrobe bisa membantu kamu untuk mencoba berbagai gaya pakaian dan menentukan mana yang paling kamu sukai.

Capsule Wardrobe

Sumber : https://eyelikedsk.xyz/

6. Mengurangi Stres

Capsule wardrobe dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas karena kamu tidak perlu pusing dalam membuat keputusan setiap kali harus memilih dan memadupadankan pakaian. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus pada pencapaian pribadi dan pengembangan diri.

7. Ramah Lingkungan

Capsule wardrobe dapat mengurangi dampak lingkungan dari industri fashion yang seringkali menciptakan banyak limbah. Jadi dengan mengurangi kebiasaan membeli pakaian, berarti kamu juga berkontribusi untuk membuat lingkungan jadi lebih baik.

  • Capsule wardrobe dapat membantu mengurangi ketergantungan pada trend mode sementara yang seringkali menghasilkan banyak limbah.
  • Capsule wardrobe dapat membantu mengurangi penggunaan energi dan air yang dibutuhkan dalam proses manufaktur pakaian.

Selain itu dalam capsule wardrobe, kamu juga bisa memilih pakaian yang terbuat dari bahan berkelanjutan dan ramah lingkungan, seperti bahan organik, bahan daur ulang atau bahan yang memiliki jejak karbon yang lebih rendah.

8. Fleksibilitas

Capsule wardrobe memberikan fleksibilitas dalam berpakaian meskipun jumlah fashion item yang kamu miliki terbatas. Salah satu alasannya yaitu karena setiap item tersebut dapat digunakan dalam berbagai kombinasi dan memberikan variasi dalam gaya penampilan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah alasan mengapa kamu harus menerapkan konsep capsule wardrobe. Walau bukanlah satu-satunya solusi yang bisa diterapkan untuk menekan limbah fashion, setidaknya konsep ini dapat menjadi langkah positif dalam mendukung gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.