Article

Homepage Article Fashion Design 8 Cara Membersihkan Bulu…

8 Cara Membersihkan Bulu Kucing Pada Baju Yang Bisa Kamu Coba

Hindari kebiasaan mencuci baju yang terkena bulu kucing secara langsung karena hal tersebut justru hanya akan membuatnya makin menyebar. Sebagai gantinya berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan bulu-bulu kucing yang menempel di baju.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Dampak Buruk Bulu Kucing

Dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan, kucing diketahui punya kebiasaan yang cukup unik yakni menempelkan tubuhnya ke manusia sampai bulu-bulunya menempel di pakaian. Sayangnya jika tidak ditangani dengan baik hal tersebut bisa menyebabkan beberapa masalah serius.

  • Bulu-bulu kucing yang menempel pada baju kadang-kadang bikin baju jadi kelihatan kotor, lebih "kasar" atau kurang rapi.
  • Selain mengganggu penampilan, bulu kucing yang menempel di baju ternyata juga berpotensi menyebabkan reaksi alergi seperti hidung tersumbat, bersin hingga sesak napas.

Membersihkan Bulu Kucing

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Membersihkan Bulu Kucing

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membersihkan bulu-bulu kucing yang menempel di baju?. Sebagai referensi berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba.

1. Basahi Tangan Dengan Air

Pertama kamu bisa membersihkan bulu kucing di baju dengan cara yang paling mudah dan tanpa menggunakan alat yakni dengan membasahi tangan kemudian mengusapnya searah di bagian baju. Dengan cara tersebut maka otomatis bulu kucing akan menggumpal dan mudah untuk diangkat.

2. Gunakan Sarung Tangan Karet

Kedua kamu bisa menghilangkan bulu kucing yang menempel erat pada pakaian dengan alat yang sangat sederhana yakni dengan menggunakan sarung tangan karet.

  • Caranya yaitu gosok perlahan sarung tangan karet pada baju yang terkena bulu kucing, saat menggosok usahakan hanya dilakukan satu arah.
  • Gosok sampai sarung tangan karet menghasilkan muatan listrik statis yang dapat menarik bulu kucing / mengangkat bulu kucing dengan mudah.
  • Lakukan proses tersebut secara berulang hingga bulu kucing yang ada pada baju benar-benar terangkat seluruhnya.

Membersihkan Bulu Kucing

Sumber : https://safetygloves.hai.co.id/

3. Bersihkan Dengan Balon

Ketiga kamu juga bisa membersihkan bulu kucing yang menempel di baju dengan menggunakan balon. Caranya kamu hanya perlu mengusapkan balon ke baju yang dipenuhi bulu kucing  seperti prinsip kerja sarung tangan karet yang bisa menghasilkan muatan listrik statis dan menarik bulu yang menempel di baju.

Membersihkan Bulu Kucing

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Bersihkan Dengan Spons Kering

Keempat gunakan spons kering yang biasa digunakan sebagai alat cuci piring untuk membantu menghilangkan bulu kucing dari baju. Caranya cukup gerakkan spons kering di atas baju secara perlahan sampai bulu kucing berpindah ke spons kering.

Membersihkan Bulu Kucing

Sumber : https://id.aliexpress.com/

5. Bersihkan Dengan Lakban

Kelima gunakan permukaan lakban yang lengket untuk mengangkat bulu kucing pada baju. Caranya yaitu cukup tempelkan permukaan lakban yang lengket ke baju, tunggu beberapa saat, lalu cabut lagi lakban tersebut hingga bulu-bulu kucingnya tercabut sedikit demi sedikit.

Membersihkan Bulu Kucing

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Bersihkan Dengan Menggunakan Sikat

Keenam gunakan sikat yang berbulu halus untuk menyingkirkan bulu kucing pada baju. Caranya yaitu gosokkan perlahan sikat pada baju agar tidak merusak kain sampai bulu-bulu kucing yang menempel perlahan terlepas.

Membersihkan Bulu Kucing

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Khusus untuk baju yang sudah terlanjur dicuci, kamu bisa mengeringkannya terlebih dahulu kemudian menggosokkan sikat baju ke baju yang sudah kering agar bulu-bulu kucing yang menempel terlepas dari permukaan kain.

7. Bersihkan Dengan Hair Dryer

Ketujuh gunakan hair dryer untuk menerbangkan bulu-bulu kucing yang menempel di baju.

  • Caranya yaitu atur hair dryer dengan kekuatan angin paling tinggi namun suhunya paling rendah agar serat kainnya tidak rusak karena terkena suhu hair dryer yang tinggi.
  • Jika sudah memanfaatkan angin yang dihasilkan hair dryer untuk menerbangkan bulu kucing pada baju.

Membersihkan Bulu Kucing

Sumber : https://www.amazon.se/

8. Gunakan Roller Pembersih Bulu

Kedelapan bersihkan bulu kucing pada baju dengan menggunakan roller pembersih bulu yang memang diciptakan untuk membersihkan bulu kucing dan debu dari baju kesayanganmu. Caranya cukup gosokkan permukaan roller yang lengket ke baju untuk mengangkat bulu kucing dengan mudah.

Membersihkan Bulu Kucing

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk mengangkat bulu kucing dari pakaian, roller pembersih bulu sendiri dapat dijumpai dalam beberapa model yang berbeda.

  • Roller pembersih bulu beberapa ada yang didesain dengan menggunakan kertas dan bisa diisi ulang dengan kertas yang baru jika sudah habis lalu gunakan kembali untuk membersihkan bulu-bulu di baju.
  • Selain itu terdapat pula roller yang didesain tanpa kertas, hanya permukaan saja yang dibuat lengket mengangkat bulu-bulu yang menempel pada permukaan baju. Sayangnya efek lengket inipun bisa hilang setelah beberapa kali pemakaian.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan bulu kucing pada baju kesayanganmu. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk menjaga kebersihan pakaian dari bulu-bulu kucing yang rentan menempel di baju ya.

Untuk mencegah agar bulu hewan tidak menempel pada pakaian kamu bisa juga menerapkan beberapa trik berikut. 

  • Sisir bulu kucing secara teratur untuk mencegah kerontokan dan membantu menghindari bulu yang beterbangan ke mana-mana.
  • Sediakan tempat tidur yang nyaman untuk kucing untuk membatasi tempat-tempat di mana bulu kucing tersebar.
  • Bersihkan rumah secara menyeluruh dan tempat tidur kucing secara teratur.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.