Article

Homepage Article Fesyen Muslim 7 Tips Tampil Keren Dengan…

7 Tips Tampil Keren Dengan Hijab Anti Gerah Saat Cuaca Panas

Mengenakan busana yang serba tertutup saat cuaca panas tentu memiliki tantangan tersendiri bagi sebagian wanita muslim yang memutuskan untuk berhijab. Jika sahabat Fitinline termasuk salah satu orang yang sering mengalami masalah serupa barangkali tips berikut ini akan sangat membantu anda.

Pilih Pakaian Yang Longgar

Untuk mendapatkan rasa nyaman saat tampil dengan hijab, hal pertama yang harus anda lakukan yaitu pilih pakaian yang berpotongan longgar dan tidak terlalu ketat.

  1. Mengenakan pakaian yang cukup longgar akan membuat anda lebih bebas bergerak dan beraktifitas tanpa khawatir kepanasan.
  2. Sebaliknya bila pakaian yang anda pakai terlampau ketat yang ada tubuh anda akan lebih cepat merasa gerah dan berkeringat.

Model Hijab

Sumber : https://id.carousell.com/

Hindari Pakaian Yang Bertumpuk
Hindari memilih model baju yang bertumpuk-tumpuk saat cuaca sedang panas. Selain itu anda juga tidak perlu menggunakan tambahan layer seperti blazer apalagi sweater.

  1. Saat cuaca panas sangat disarankan untuk memilih model pakaian yang simple dan tidak terlalu memakai banyak detail.
  2. Usahakan untuk memilih pakaian dengan warna pastel atau warna lain yang tidak menyerap panas.
  3. Selain itu pilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat dan membuat anda tetap merasa sejuk.

Model Hijab

Sumber : https://nusagates.com/

Atur Rambut Senyaman Mungkin

Membiarkan rambut tergerai saat berhijab hanya akan membuat kepala anda terasa gerah. Karena alasan itulah sebaiknya aturl rambut anda senyaman mungkin agar rambut dan kulit kepala anda tetap bernafas dengan baik meski tertutup hijab selama menjalankan aktivitas sehari-hari.

  1. Khusus untuk anda yang memiliki rambut panjang, ikat seluruh rambut tersebut dibelakang kepala dengan rapi.
  2. Untuk anda yang memiliki rambut pendek ikat anda bisa mengikat sebagian rambut di belakang kepala lalu tambahkan jepit rambut di bagian samping.
  3. Jangan mengikat rambut terlalu kencang, lebih baik biarkan rambut anda bernapas lalu tutupi dengan ciput.
  4. Pilih ikat rambut yang berkualitas baik dan tidak terlalu kecil. Sangat disarankan memilih ikat rambut yang disesuaikan dengan banyaknya rambut .
  5. Hindari kebiasaan memakai hijab saat rambut masih basah karena akan memicu ketombe dan rambut rontok. Jika rambut anda masih basah sebaiknya keringkan dulu baru memakai hijab.
  6. Bila anda ingin memakai turban sebaiknya ikatlah rambut anda dengan karet yang besar. Selain lebih nyaman ikat rambut ini juga bagus untuk memberi volume di dalam turban.

Gunakan Inner Hijab

Untuk memastikan agar hijab yang anda kenakan tetap rapi dan kulit kepala anda juga terasa nyaman, penting bagi anda untuk memakai inner hijab yang tepat. Selain membuat hijab jadi lebih mudah di bentuk, inner hijab ini sebenarnya juga dapat membantu menyamarkan bentuk wajah supaya lebih seimbang lho.

Khusus untuk anda yang kebetulan sedang mencari inner hijab, maka anda bisa memilih satu diantara beberapa inner hijab berikut sebagai pelengkap gaya penampilan. 

1. Ciput Bandana

Ciput bandana merupakan jenis ciput berbentuk bando namun ukurannya lebih besar dengan dua sisi yang terbuka mirip pipa. Ciput ini biasanya terbuat dari bahan yang melar seperti spandek.

Model Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Ciput Pet

Ciput pet termasuk ke dalam jenis inner hijab yang dilengkap dengan pet berukuran kecil. Bila anda ingin mengenakan ciput ini sebaiknya pilih yang berwarna senada dengan warna hijab.

Model Hijab

Sumber : https://gramha.net/

3. Ciput Ninja

Ciput ninja merupakan dalaman hijab yang berbentuk memanjang hingga menutupi bagian leher. Ciput ini dapat dikombinasikan dengan model kerudung yang bersifat formal maupun casual.

Model Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Ciput Cepol

Ciput cepol merupakan sejenis ciput yang dilengkapi cepol pada bagian atasnya untuk menambah volume rambut. Model ciput yang satu ini sangat cocok dikenakan untuk wanita berambut pendek. 

Model Hijab

Sumber : http://www.elevenia.co.id/

5. Ciput Renda

Ciput renda yang dibuat dari bahan super elastis termasuk ke dalam jenis inner hijab yang sangat fleksible dan daat mengikuti bentuk kepala. Beberapa varian dari ciput ini ada juga yang diberi tambahan cepol. 

Model Hijab

Sumber : https://www.jumia.co.ke/

6. Ciput Anti Pusing

Ciput rajut anti pusing merupakan inner hijab yang dibuat dari bahan wool yang adem dan nyaman digunakan. Dengan karekteristik bahannya yang stretch inner hijab ini saat dipakai tidak terlalu ketat di kepala serta telinga.

Model Hijab

Sumber : https://www.dropshipzilla.com/

7. Ciput Anti Tembem

Ciput antem merupakan kepanjangan dari “anti tembem”. Sesuai dengan namanya ciput ini sangat cocok dipakai untuk membuat ilusi agar wajah yang tembem terlihat lebih tirus dan proporsional.

Model Hijab

Sumber : https://www.tokopedia.com/

8. Ciput Anti Budeg

Ciput anti budeg merupakan ciput yang memiliki cutout di bagian telinga sehingga memungkinkan telinga anda tetap terbuka san tidak tertekan selama seharian saat mengenakan ciput ini. 

Model Hijab

Sumber : https://www.blibli.com/

Pilih Bahan Hijab Yang Nyaman

Sebisa mungkin pilih bahan hijab yang adem, mudah menyerap keringat dan mudah dibentuk terlebih lagi jika anda akan menggunakan hijab tersebut untuk melakukan banyak aktifitas yang menuntut banyak pergerakan.

Supaya tidak salah pilih berikut kami rekomendasikan beberapa jenis bahan hijab yang bisa anda pakai untuk aktivitas sehari-hari lengkap dengan ciri-ciri dan sifat dari masing-masing bahan.

1. Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam jenis kain berbahan lembut yang menjadi idaman para hijaber. Sebagai bahan dasar hijab kain katun sendiri tersedia dalam berbagai macam jenis, salah satu yang bagus yakni berupa kain katun ima yang memiliki sifat halus, rapi dan dingin.

  • Kain katun umumnya terasa adem, nyaman dipakai dan cenderung mudah menyerap keringat.
  • Kain katun memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak akan membuat anda kegerahan saat memakainya.
  • Kain katun sangat nyaman dan cocok digunakan pada acara santai maupun formal.
  • Perawatan hijab yang dibuat dari bahan katun sangat mudah.

2. Kain Voal

Kain voal merupakan sejenis bahan jilbab yang memiliki kandungan 100% katun tipis. Hijab dari bahan voal ini bisa juga disebut sebagai variasi hijab paris tapi dalam versi yang lebih “premium” karena materialnya cenderung lebih kaku dari hijab paris biasa.

  • Kain voal memiliki serat-serat yang lebih jelas terlihat dari pada hijab paris.
  • Benang-benang penyusun hijab voal umumnya dibuat renggang, sehingga udara yang masuk di antara lipatan hijab jadi lebih banyak.
  • Hijab voal sangat cocok dipakai untuk pelengkap gaya busana muslim di siang hari terutama di musim panas.

3. Kain Linen

Kain linen dapat diklasifikasikan kedalam jenis bahan hijab yang memiliki karakteristik cukup unik karena dibuat dari serat alami tumbuhan rami. Sesuai dengan karakteristik dasarnya, kain linen umumnya memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi.

  • Kain linen termasuk ke dalam jenis bahan kain yang halus ketika diraba dengan telapak tangan.
  • Serabut benang yang terdapat pada bahan kain linen tersusun sangat rapi.
  • Kain linen bersifat menghangatkan saat dingin dan menyejukkan ketika panas.
  • Kain linen tidak menyebabkan alergi jadi sangat cocok dipakai oleh orang yang memiliki kulit sensitif.
  • Kain linen mempunyai banyak rongga yang akan memudahkan udara untuk keluar masuk jadi tidak akan terasa panas saat digunakan.
  • Semakin lama digunakan hijab yang dibuat dari kain linen konon akan terasa semakin nyaman ketika dikenakan.

4. Kain Rayon

Kain rayon termasuk ke dalam jenis bahan kain sintetis yang terbuat dari unsur non alami. Tekstur kainnya yang lentur dan sedikit tebal membuat hijab berbahan rayon sangat mudah untuk diatur dan dikreasikan sesuai kebutuhan.

  • Kain rayon memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun.
  • Kain rayon sangat nyaman dipakai dan mudah untuk diwarnai.
  • Karena mudah menyerap zat pewarna maka tampilan bahan kain rayon umumnya juga sangat cerah.
  • Hijab berbahan rayon nyaman dan sangat cocok dipakai ketika cuaca panas karena mampu menyerap keringat dengan baik.
  • Hijab berbahan rayon juga sangat cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari karena mampu memberikan tampilan yang kasual.

5. Bahan Paris

Bahan paris merupakan sejenis kain tipis yang digunakan untuk pembuatan hijab. Kain paris sendiri secara umum dapat dibedakan menjadi dua yakni paris dari material rayon dan kain paris dari material katun.

a. Kain Katun Paris

Kain katun paris merupakan jenis kain paris yang terbuat dari material 100% katun. Kain ini memiliki ketebalan kain yang tipis karena dalam pembuatannya menggunakan benang yang kecil yaitu benang katun 60s.

b. Kain Rayon Paris

Sesuai dengan namanya kain rayon paris merupakan kain yang dibuat dari benang rayon. Kain rayon paris ini umumnya ditenun menggunakan benang rayon 40 high twist yang mempunyai masa jenis tinggi sehingga terkesan “jatuh”.

Pilih Hijab Sesuai Kebutuhan 

Biasakan untuk selalu memilih model hijab yang paling sesuai dengan kebutuhan serta aktifitas yang akan anda jalani. Kalau mau aman lebh baik carilah model hijab yang simpel dan tidak ribet cara pemakaiannya.

  1. Pilihlah model hijab yang simpel dan mudah dipakai.
  2. Hijab langsung pakai atau model segi empat cocok digunakan untuk aktivitas harian.
  3. Jangan lupa sesuaikan pula dengan kenyamanan baju yang anda pakai.

Pilih Model Hijab Yang Paling Nyaman

Pintar-pintarlah memilih model hijab yang sesuai dengan kebutuhan. Saat menghadiri acara formal misalnya sesuaikan hijab dengan pakaian yang kenakan. Sedangkan untuk kegiatan di luar ruangan yang membutuhkan banyak gerak, pakailah model hijab yang lebih simple.

1. Hijab Segi Empat

Hijab segi empat dapat didefinisikan sebagai salah satu model hijab yang paling standar dan terbilang sangat sederhana yaitu berbentuk segi empat dan memiliki ukuran panjang sama pada ke empat sisinya. 

Model Hijab

Sumber : https://noir.web.id/

Beberapa keistimewaan yang ditawarkan hijab segi empat antara lain:

  • Hijab segi empat dapat dikenakan untuk acara formal, semi formal maupun acara casual sekalipun.
  • Desainnnya yang tidak terlalu ribet menjadikan hijab segi empat lebih mudah untuk dimodifikasi dengan berbagai gaya.
  • Hijab segi empat bisa dipadupadankan dengan jenis pakaian apapun baik itu gamis, kaftan, tunik, blouse maupun pakaian yang lainnya.
  • Hijab segi empat tersedia dalam beragam motif dan warna yang sangat menarik.
  • Pilihan bahan untuk membuat hijab segi empat ada banyak hingga cocok digunakan dalam acara apapun.

2. Pashmina

Pashmina merupakan salah satu produk pelengkap fashion wanita yang memiliki bentuk seperti selendang. Dengan bentuknya yang sedemikian rupa hijab pashmina ini sangat cocok dikenakan dalam berbagai macam kesempatan dan mudah dikreasikan menjadi bentuk apapun. 

Model Hijab

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Pastan (Pashmina Instan)

Pastan alias pashmina instan merupakan model hijab yang diperoleh dari bentuk inovasi hijab pashmina yang didesain khusus untuk wanita muslim masa kini. Dengan desainnya yang sedemikian unik maka anda tidak perlu bersusah payah untuk membentuknya lagi.

Model Hijab

Sumber : https://www.blibli.com/

Beberapa keistimewaan yang ditawarkan hijab pashmina antara lain:

  • Pashmina instan tersedia dalam berbagai macam pilihan bahan, jadi anda bebas memilih bahan apa yang anda suka.
  • Cara pemakaian hijab pashmina instan cenderung lebih mudah dan cepat tidak serumit pasahmina biasa.
  • Ketika sudah dipakai tampilan dari pastan pun tidak ada bedanya dengan hijab pashmina biasa sebab hanya cara pemakaiannya saja yang beda.
  • Memakai hijab pashmina instan tidak membutuhkan banyak jarum.

4. Hijab Bergo

Bergo merupakan model hijab instan yang praktis dan memiliki ciri khas berupa tambahan pet (bantalan busa) di bagian depan. Bila anda termasuk orang yang lebih suka berpenampilan simple maka mengenakan bergo bisa menjadi pilihan yang tepat.

Model Hijab

Sumber : https://elzatta.com/

Beberapa keistimewaan yang ditawarkan hijab bergo antara lain:

  • Hijab bergo termasuk ke dalam jenis hijab yang sangat praktis karena bisa langsung dipakai tanpa perlu menggunakan peniti atau jarum pentul.
  • Hijab bergo juga sangat cocok jika digunakan oleh para wanita yang ingin tampil simple dan casual.
  • Hijab bergo umumnya dibuat dari material yang ringan dan menyerap keringat.
  • Hijab bergo kebanyakan emiliki karakteristik lembut dan mampu mengikuti bentuk kepala sehingga mudah dirapikan.
  • Cocok dipakai untuk olahraga dan juga berenang.
  • Keberadaan busa pada bagian depan bergo akan membuat hijab senantiasa terlihat rapi dan tidak mudah kusut walau dikenakan selama seharian penuh.

Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk Membuat Hijab Bergo?. Sahabat Fitinline bisa melihat tutorialnya Di Sini.

5. Turban

Turban merupakan salah satu model hijab yang bukan hanya difungsikan sebagai penutup kepala saja tetapi turban tersebut sekarang juga banyak dipakai oleh para wanita muslim sebagai penghias hijab.

Model Hijab

Sumber : https://www.hatshopping.com/

Demikian pembahasan singkat mengenai tips memilih hijab yang nyaman dan tidak membuat anda merasa kepanasan meski beraktifitas seharian. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tips dan trik seputar fashion yang tidak kalah seru jangan bosan untuk menantikan artikel dari kami ya.

Tertarik untuk menjadikan gamis sebagai statement fashion anda tapi belum menemukan ukuran yang tepat?. Khusus untuk anda yang ingin membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya maka anda bisa mendownload pola gamis siap pakai dari kami.

Kalau anda lebih tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat kaftan model terbaru dengan pola yang sudah jadi, anda juga bisa mendownload Pola Baju Kaftan Ala Sandra Dewi dan Pola Baju Kaftan Ala Dian Sastro beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.