Article

Homepage Article Fesyen Muslim 6 Model Hijab Khimar Terbaru…

6 Model Hijab Khimar Terbaru Lengkap Dengan Rekomendasi Bahan Yang Cocok Untuk Membuatnya

Memilih khimar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan memang terkadang cukup membingungkan. Sebab selain model khimar yang beredar dipasaran cukup beragam, pilihan warna dan bahan yang digunakan untuk membuat hijab syari tersebut juga lumayan banyak. Beda bahan beda pula karakteristik yang dimilikinya.

Definisi Khimar

Khimar dapat didefinisikan sebagai hijab syari yang di dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah khumur. Khimar sendiri umumnya memiliki desain yag lumayan panjang dan besar untuk menutupi bagian kepala mapun leher dan menjulur hingga dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk tulang selangka).

Hijab Khimar

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Sedikit berbeda dengan model hijab yang lainnya, cara penggunaan dari khimar ini pada prinsipnya tidak diikatkan ke leher melainkan dibiarkan menjulur lurus dari kepala ke bawah. Sebab bila khimat tersebut dipakai dengan cara diikat, dikhawatirkan akan memperjelas bentuk dan lekuk dada dari pemakainya. 

Hijab Khimar

Sumber : https://www.zalora.com.my/

Dahulu kala hijab syari macam ini awalnya bisa dengan mudah dijumpai dalam bentuk bergo yang bisa langsung dipakai tanpa perlu jarum dan peniti. Namun dengan semakin berkembangnya trend hijab, khimar tersebut kemudian mulai dikembangkan lebih lanjut ke dalam berbagai macam model. 

Hijab Khimar

Sumber : https://amilyhijab.com/

Sekalipun khimar memiliki bentuk yang cenderung lebar serta panjang karena menutupi tubuh bagian atas, model hijab yang satu ini tetap memungkinkan wanita untuk beraktifitas secara leluasa lho. Asal pemilihan model serta bahannya sudah tepat pasti hijab ini akan memberikan rasa nyaman meski dipakai seharian.

Model Khimar

Tanpa melupakan fungsi utamanya yakni untuk menutup aurat, hijab khimar hadir pula dengan kombinasi warna yang apik dan tidak lagi terlihat membosankan. Khusus di Indonesia sendiri, belakangan hijab khimar juga menjelma menjadi trend di kalangan wanita muslim yang ingin berbusana syari.

Hijab Khimar

Sumber : https://www.blibli.com/

Tidak seperti khimar di masa lalu yang bentuknya hanya monoton satu warna dan polos kini khimar juga banyak dibuat variasi yang lainnya seperti ditambahkan aksen renda, payet, rajut dan layer. Pilihan bentuk khimarpun bisa menggunakan pet atau tanpa pet sehingga tampilannya jadi jauh lebih menarik. 

Hijab Khimar

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Beberapa model hijab khimar yang paling populer dan banyak di pakai di Indonesia yaitu ada hijab khimar simpel, hijab khimar bolak-balik, hijab khimar instan dengan pet, hijab khimar rempel dan model khimar terbaru berupa khimar paris yang masing-masing menawarkan banyak keistimewaan tersendiri.

1. Khimar Simpel

Hijab khimar simpel merupakan model hijab yang memiliki tampilan sederhana karena tidak memiliki banyak variasi atau motif. Hijab ini sebagian besar didesain untuk wanita yang ingin tetap tampil keren dengan hijab syari tapi tidak ingin ribet walaupun melakukan aktifitas yang cukup banyak.

Dipasaran hijab khimar simple ini biasa dibuat dari beberapa bahan seperti satin, cerutti, hycon, diamond dan wolvis.  Bahan-bahan khimar tersebut bisa dipilih sesuai dengan fungsi dan kegunaannya yang cenderung lebih nyaman dipakai oleh para wanita dari berbagai kategori usia.

Hijab Khimar

Sumber : https://id.carousell.com/

2. Khimar Bolak-Balik

Khimar bolak-balik merupakan model hijab syari yang kedua sisinya bisa dipakai bergantian. Salah satu alasannya karena hijab khimar simple ini memiliki model dengan dua warna yang berbeda. Misal satu layer berwarna silver dan layer lainnya berwarna fanta. Khimar jenis ini biasanya tidak memakai pet.

Hijab Khimar

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Khimar Layering

Khimar layering merupakan jenis khimar yang dibuat dari dua lapis kain atau lebih kemudian dijahit menjadi satu. Karena modelnya dibuat bertumpuk, bahan dasar yang dipakai untuk membuat khimar ini kebanyakan dipilih yang teksturnya halus dan cenderung jatuh seperti chiffon.

Hijab Khimar

Sumber : https://sg.carousell.com/

4. Khimar Pet

Khimar pet merupakan model hijab dengan ciri khas tambahan pet (bantalan busa) dibagian depannya. Jenis pet yang digunakan pada hijab ini yaitu berupa busa yang mudah mengikuti lekuk lingkar wajah sehingga sangat praktis digunakan untuk aktifitas sehari-hari karena terlihat lebih santai.

Khimar pet yang dilengkapi dengan busa sepanjang sepipi terkadang juga sering disebut sebagai jilbab dengan model pet antem. Kalau bahan khimar pet yang menjadi favorit banyak orang biasanya berupa bahan kain jersey yang memiliki karakteristik lentur dan stretch.

Hijab Khimar

Sumber : https://idehijabsyari.blogspot.com/

5. Khimar Rempel

Khimar rempel merupakan jenis khimar yang dilengkapi dengan tambahan rempel pada baberapa bagiannya, kebanyakan bawah khimar. Hijab khimar yang dihias dengan aplikasi rempel ini sangat cocok dipakai untuk hangout bersama teman karena dapat membuat tampilan pemakainya jadi makin cantik dan elegan. 

Hijab Khimar

Sumber : https://selfeen.com/

6. Khimar Paris

Khimar paris alias french khimar merupakan salah satu model khimar terbaru yang mulai naik daun. Bentuk khimar terbaru ini sebenarnya lebih terlihat seperti perpaduan dari khimar instan dan oversized tunic dengan detail tangan yang mengerucut, persis mukena one piece yang dijual di Indonesia.

Khusus di negara Indonesia french khimar kebanyakan dijual dalam warna-warna lembut dan netral seperti hitam dan beige. Sementara di Paris, hijab seperti ini juga dijual tapi dalam kain bercorak dan berwarna-warni. Bahan yang digunakan untuk membuat french khimar berbeda-beda.

Hijab Khimar

Sumber : https://www.findgroundmates.com/

Bahan Pembuatan Khimar

Diantara sekian banyak faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih khimar, penggunaan bahan yang tepat memang memiliki pengaruh sangat besar pada kenyamanan khimar. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang bahan yang bagus untuk khimar simak pembahasan berikut yuk.

1. Kain Chiffon

Kain chiffon merupakan bahan kain yang mempunyai sifat cenderung tipis, licin dan agak panas. Meski tampilan fisiknya lumayan tipis tapi kain chiffon ini pada umumnya akan terlihat sangat bagus bila digunakan untuk membuat khimar terbaru dengan model layering lho. 

  • Khimar instan berbahan chiffon sangat mudah dikenakan tanpa perlu tambahan jarum.
  • Khimar chiffon sangat cocok digunakan sebagai alternatif untuk acara formal maupun semi formal.
  • Khimar chiffon akan memberikan kesan elegan pada tampilan pemakainya tapi  sayangnya kurang cocok jika digunakan saat cuaca panas.

Tips paling mudah yang bisa anda coba untuk mengurangi rasa panas di kepala saat menggunakan khimar chiffon yaitu sebaiknya gunakan inner atau ciput dengan bahan kaos sebelum memakai khimar chiffon.

Belum menemukan inner hijab yang cocok untuk khimar anda?. Simak kembali pembahasan mengenai 6 Jenis Inner Hijab yang mungkin bisa anda pilih sebagai pelengkap penampilan.

2. Bahan Twiscone

Kain twiscone merupakan bahan kain yang agak mirip dengan bahan chiffon, namun lebih tebal, berat dan bertekstur halus. Dibandingkan dengan chiffon, kain twistcone ini umumnya lebih tidak tembus pandang dan lebih jatuh saat dikenakan untuk membuat khimar meski daya serap keringatnya kurang begitu baik.

  • Hijab khimar yang dibuat dari bahan twiscone umumnya mempunyai serat yang lebih padat dan rapat.
  • Jika diamati secara detail struktur penyusun atau jalinan benang pada kain twistcone  akan tampak seperti twisted (kepang).  
  • Kain twistcone yang berwarna gelap biasanya memiliki tampilan yang sedikit lebih pekat daripada kain twistcone yang berwarna putih.

3. Kain Wolvis

Kain wolvis atau wolpeach termasuk ke dalam jenis bahan kain berkelas premium yang teksturnya memang sedikit berat tetapi lembut. Dalam bentuk khimar, bahan wolvis ini konon disebut-sebut sebagai salah satu pilihan bahan terbaik karena sangat nyaman dikenakan di daerah tropis.

Dibandingkan dengan kain chiffon kain wolvis ini secara umum cukup tebal dan sejuk, tetapi kalau dibandingkan dengan bahan katun memang masih menang adem bahan katun. Hal lain yang menjadi alasan mengapa kain wolvis sangat bagus untuk membuat khimar diantaranya:

  • Kain wolvis memiliki karakteristik yang istimewa yaitu berserat halus dan rapat, serta berbahan ringan.
  • Kain wolvis lumayan tebal namun ringan, tidak mudah kusut, tidak transparan dan tidak licin.
  • Kain wolvis sifatnya jatuh, tidak menerawang karena lebih tebal dari chiffon.
  • Sebanding dengan harganya yang relatif mahal kain wolvis sangat sesuai jika digunakan sebagai bahan khimar untuk keperluan sehari-hari.

Mencari bahan kain wolvis berkualitas dengan harga murah untuk membuat hijab, gamis, gaun atau model busana wanita yang lainnya?. Sahabat Fitinline bisa menemukannya Di Sini.

4. Bahan Kaos

Bahan kaos termasuk ke dalam jenis bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat khimar dengan harga yang cukup murah. Salah satu keunggulan dari bahan ini yaitu sangat nyaman digunakan sebagai penutup kepala karena bahannya menyerap keringat dan mempunyai pori-pori yang besar.

Dengan pori-porinya yang besar bahan kaos ini ketika dipakai tidak akan membuat kulit kepala dan rambut menjadi mudah lembab. Sayangnya bahan kaos ini juga mudah sekali melar dan mengendur, sehingga jilbab syar’i dari bahan ini tidak akan awet, apalagi jika perawatannya tidak hati-hati.

5. Bahan Spandek

Bahan spandek merupakan salah satu bahan kain dari serat sintetis yang banyak dipakai untuk membuat hijab syari. Walaupun terbuat dari serat sintetis tapi bahan spandek ini umumnya memiliki karakteristik yang sangat adem dan sangat cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Kain spandek sendiri biasanya memiliki karakteristik yang hampir sama dengan bahan kaos tapi sedikit lebih tipis. Sebagai bahan hijab syari kain spandek ini secara umum juga menawarkan banyak kelebihan yang mungkin tidak dapat ditemukan pada bahan kain yang lainnya.

  • Kain spandek kebanyakan memiliki warna yang mengkilap.
  • Kain spandek ini bersifat elastis, mudah dibentuk dan memiliki daya serap keringat yang baik.
  • Kain spandek sangat cocok dipakai untuk membuat berbagai model khimar terbaru dan jilbab instan lainnya.

Sekalipun khimar yang dibuat dari kain spandek akan tetap terasa nyaman meski digunakan saat cuaca panas sebaiknya anda perlu sedikit berhati-hati. Karena bahan spandek menempel mengikuti lekuk tubuh maka akan lebih baik bila anda memilih khimar yang potongannya lebar atau longgar.

6. Bahan Jersey

Kain jersey merupakan bahan yang umum digunakan untuk membuat hijab syari seperti halnya khimar pet atau model khimar terbaru yang mudah dikenakan. Selain memiliki tekstur yang tebal, lembut, adem serta jatuh, bahan jersey ini banyak digunakan sebagai bahan khimar mudah untuk dirawat. 

  • Kain jersey sebenarnya merupakan kain cotton strech yang tidak berbulu, halus dan lebih tebal dari spandek rayon.
  • Khimar jersey tidak mudah kusut sehingga tidak perlu diseterika.  Warna yang ditawarkan dari bahan kain jersey sangat beragam, mulai dari polos sampai yang bermotif.
  • Khimar jersey bersifat fleksibel, elastis, lembut, dingin dan jatuh.
  • Khimar jersey akan lebih menarik dan jauh lebih nyaman apabila dikenakan dengan ciput rajut atau inner hijab model lainnya supaya tidak licin.

7. Kain Jet Black

Kain jet black termasuk ke dalam jenis kain istimewa yang dibuat sesuai standar ekspor dengan ciri khas berwarna hitam pekat. Kain jet black juga menawarkan tingkat kenyamanan yang cukup tinggi sehingga dapat dikenakan untuk membuat berbagai model khimar terbaru yang berkualitas bagus.

  • Kain jet black seratnya cukup halus dan bahannya tidak mudah kusut.
  • Tidak menerawang dan terasa adem ketika di pegang.
  • Jika disandingkan dengan kain hitam biasa kain jet black akan terlihat lebih elegant.
  • Kain jet black hanya diproduksi dalam warna hitam saja.

8. Kain Ceruti

Kain ceruti merupakan bahan kain yang mirip seperti chiffon dengan ciri khas yaitu berbahan tipis, jauh lebih lembut dan mudah dibentuk. Sedikit berbeda dengan bahan wolvis dan jetblack, kain ceruti ini sangat dodok dipakai untuk membuat khimar yang dirancang berlapis agar tidak menerawang.

  • Keunggulan dari bahan ceruti yaitu tidak panas saat dipakai, dengan begitu memakai khimar yang berbahan ceruti bisa menjadi pilihan yang tepat.
  • Khimar dari bahan ceruti terbilang cukup tebal sehingga sangat menyenangkan untuk dikenakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.
  • Khimar ceritu mampu memberikan kesan mewah dan elegan sehingga sangat cocok digunakan untuk berbagai acara.
  • Variasi warna yang ditawarkan dari kain ceruti terbilang cukup banyak sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya.
  • Khimar ceruti cenderung lembut, halus dan mudah dibentuk. Bila diterawang di depan cahaya akan terlihat serat membentuk gelombang seperti awan atau kabut.

9. Kain Hycon

Kain hycon merupakan kain yang memiliki tampilan hampir mirip dengan ceruti tapi tekstur kainnya tidak “se-lemas” ceruti. Di pasaran kain hycon ini biasanya juga dijual dengan harga yang lebih murah sehngga terkadang ada penjual yang memanipulasinya menjadi ceruti.

  • Sifatnya yang ringan menjadikan bahan hycon sangat cocok dipakai untuk membuat hijab syari dengan harga yang terjangkau.
  • Kain hycon memiliki ciri serat kain cukup rapat.
  • Kain hycon lebih lembut dan halus, tidak licin, bahannya pun jatuh tidak mengembang.
  • Kain hycon sangat cocok digunakan untuk membuat khimar dua lapis, sehingga hijab yang terbuat dari dua lapis bahan hycon sering disebut double hycon.

10. Bahan Dobby

Bahan kain berikutnya yang bagus untuk membuat khimar yakni berupa bahan dobby yang cenderung tidak menerawang dan penampakannya lebih mirip  katun. Seperti halnya kain chiffon, kain twistcone, dan kain wolvis, bahan dobby ini juga lumayan banyak digunakan sebagai bahan hijab syari.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa model khimar yang bisa anda pilih untuk pelengkap gaya penampilan beserta referensi bahan untuk membuatnya. Bila anda tertarik untuk membuat khimar sendiri utamakan memilih bahan yang tidak transparan dan tidak membentuk badan ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.