Article

Homepage Article Jahit Menjahit Tutorial Membuat Jilbab…

Tutorial Membuat Jilbab Bergo

Dalam lingkup fashion muslim, jilbab bergo dapat dikategorikan ke dalam jenis jilbab instan yang terbilang sangat mudah dan praktis baik cara pemakaiannya maupun proses pembuatannya. Tertarik untuk mempelajari cara membuat jilbab bergo yang memiliki bantalan busa di bagian atasnya?. Simak pembahasannya yuk...

Bergo Tutorial

Sumber : http://istanakerudung.com/

Bahan utama yang dibutuhkan dalam membuat jilbab bergo diantaranya berupa satu lembar bahan kain berukuran kurang lebih 1,5 m serta bantalan busa jilbab yang dapat diperoleh dengan mudah  di toko perlengkapan jahit.

Untuk alatnya sendiri sahabat Fitinline hanya perlu mempersiapkan peralatan jahit standar seperti yang digunakan dalam proses pembuatan pakaian pada umumnya. 

Langkah-Langkah Membuat Jilbab Bergo

Mula-mula siapkan busa jilbab atau bantalan spon sebagai pembentuk bagian atas bergo supaya jilbab yang dihasilkan nantinya akan terlihat lebih rapi dan bagus saat dikenakan. 

Bergo Tutorial

Potong bahan kain yang akan digunakan sebagai bahan utama pembuatan jilbab (esuaikan bentuk dan ukurannya dengan model jilbab yang anda inginkan). Supaya lebih akurat sahabat Fitinline bisa menjiplak jilbab yang sudah jadi sebagai acuan dalam pemotongan bahannya.

Bergo Tutorial

Letakkan busa jilbab diatas bahan kain yang telah disiapkan untuk membungkus busa. Pastikan letak panjang busa searah dengan arah panjang kain.

Bergo Tutorial

Lipat kain pembungkus busa, kemudian potong dengan menggunakan gunting dan rapikan. Sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.

Bergo Tutorial

Bergo Tutorial

Bergo Tutorial

Jahit sepanjang bagian tepi busa jilbab, namun usahakan agar busanya sendiri tidak ikut terjahit. 

Bergo Tutorial

Supaya busa jilbab tidak bergeser saat dipakai atau dicuci sahabat Fitinline bisa menindasnya dengan beberapa baris jahitan.

Bergo Tutorial

Lipat busa jilbab menjadi dua kemudian tandai titik tengahnya menggunakan kapur jahit. Dengan cara yang sama lipat potongan bahan utama jilbab kemudian tandai titik tengah bagian wajahnya. Pasangkan busa jilbab yang telah terbungkus rapi pada bagian wajah jilbab dengan mempertemukan titik tengah keduanya. 

Bergo Tutorial

Jahit busa jilbab beserta bagian utama jilbab secara bersamaan kemudian rapikan dengan cara mengobrasnya. Jahit bagian sisi depan jilbab kemudian selesaikan bagian dagu dan sekeliling wajah dengan jahitan tindas. 

Bergo Tutorial

Rapikan pula bagian bawah jilbab dengan neci atau dijahit biasa. Hasilnya jilbab bergo yang anda buat siap untuk digunakan.

Lebih jelasnya sahabat menyimak video tutorial berikut ini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.