Article

Homepage Article Kain 7 Tips Merawat Tas Kain…

7 Tips Merawat Tas Kain Kanvas Biar Gak Gampang Rusak

Punya banyak koleksi tas kain yang dibuat dari material kanvas?. Biar tas kanvas yang kamu miliki makin awet simak yuk beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan untuk merawat tas kain kanvas supaya ga gapang rusak dan dapat digunakan sebagai mana mestinya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Tas Kain Kanvas

Tas kain kanvas merupakan sejenis tas yang dibuat dari bahan khusus yaitu berupa kain kanvas yang menawarkan banyak keunggulan. Beberapa keunggulan yang menjadi alasan mengapa kamu harus memilih tas kain kanvas diantaranya:

  • Tas kain kanvas terkenal kuat dan tidak mudah robek.
  • Tas kain kanvas cukup awet dan tahan terhadap goresan.
  • Tas kain kanvas mudah untuk dibersihkan dan proses pengeringannya juga lumayan cepat.

Tas Kanvas

Sumber : https://www.cafepress.com/

Tips Merawat Tas Kain Kanvas

Berbicara mengenai tas kain kanvas, lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat tas tersebut?. Untuk memudahkan kamu dalam merawat tas kain kanvas, berikut adalah panduan sederhana yang bisa kamu ciba untuk mencuci tas kain kanvas.

1. Baca Petunjuk Perawatan

Pertama periksa label atau panduan perawatan yang terdapat pada tas, karena beberapa jenis tas kain mungkin memiliki instruksi perawatan tertentu yang perlu diikuti.

2. Kosongkan Tas Kanvas

Buang semua barang-barang yang ada di dalam tas kain kanvas termasuk kertas, sampah atau benda-benda kecil lainnya untuk memastikan bahwa tas kain kanvas yang akan kamu cuci benar-benar kosong.

Tas Kanvas

Sumber : https://id.aliexpress.com/

3. Pilih Metode Pencucian

Pilih metode pencucian yang paling sesuai dengan petunjuk perawatan yang tertera pada tas.

  • Jika kamu ingin mencuci tas kain kanvas dengan tangan, siapkan bak cuci atau wadah yang cukup besar untuk merendam tas.
  • Jika kamu ingin menggunakan mesin cuci, pastikan tas ditempatkan di dalam tas jaring atau bantal yang dapat melindungi tas selama proses pencucian.

4. Pilih Detergent Yang Lembut

Untuk mencuci tas kain kanvas gunakan sabun atau detergent yang berbahan lembut agar tidak merusak serat kain kanvas dan membuat warnanya jadi mudah pudar.

Tas Kanvas

Sumber : https://fashionista.com/

5. Bilas Tas Hingga Bersih

Bilas tas kanvas dengan air bersih hingga tidak ada sisa busa detergen yang tertinggal. Untuk memastikan bahwa tidak ada busa yang teseisa, kamu bisa melakukan bilasan beberapa kali hingga yakin bahwa tas benar-benar bersih.

6. Keringkan Tas Kanvas

Setelah selesai melakukan pencucian sekarang keringkan dengan cara menjemurnya di tempat yang teduh, agar warna tas tidak mudah pudar dan berubah menjadi kusam.

7. Bentuk Ulang Tas Kain

Setelah tas kering, rapikan kembali tas tersebut agar kembali ke bentuknya yang asli. Kalaupun kamu ingin menghaluskan lipatan atau kerutan pada tas dengan setrika, pastikan untuk menghindari area yang sensitif terhadap panas seperti logo atau sablon pada tas.

Tas Kanvas

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Simak juga 8 Dampak Baik dan Dampak Buruk Menjemur Baju di Bawah Panas Matahari.

Tapi kalau tas kain kanvas yang kamu miliki ternyata terkena noda membandel seperti noda minyak, noda makanan, noda lumpur, noda tinta atau noda yang lain maka untuk membersihkan noda pada tas kain terseut kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Identifikasi Jenis Noda

Pertama identifikasi jenis noda yang ada ada tas kain kesayangan kamu, karena beda jenis noda seperti halnya noda minyak, noda makanan, noda lumpur atau noda tinta beda juga cara yang diperlukan untuk merawatnya.

2. Tangani Noda Secepatnya

Sebisa mungkin segera tangani noda yang melekat pada tas kain kanvas. Semakin cepat kamu mengatasinya semakin besar kemungkinan noda tersebut akan hilang sepenuhnya.

3. Bersihkan Tas Sesuai Noda

Bersihkan tas kanvas yang terkena noda dengan cara yang tepat. Untuk menghapus noda minyak dan lemak misalnya kamu bisa membersihkannya dengan cara berikut:

  • Tempatkan kertas tisu atau handuk kertas di atas noda untuk menyerap kelebihan minyak jangan digosok.
  • Setelah minyak dan noda meresap ke dalam serat tisu atau handuk gunakan deterjen cair yang lembut atau cairan pembersih noda khusus untuk menghilangkan sisa noda.
  • Oleskan cairan tersebut ke noda dan tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan kain bersih atau spons.
  • Setelah noda membandel yang terdapat pada tas berhasil dihilangkan, barulah kamu bisa membilas tas kain kanvas dengan air bersih dan menjemurnya hingga kering.

Kalau tas kanvas yang kamu miliki terkena noda makanan maka kamu bisa membersihkan noda tersebut dengan menggunakan spons atau kain yang dibasahi dengan air dingin. Jika noda tidak hilang gunakan sedikit deterjen cair lalu gosok dengan lembut.

Jika tas kanvas terkena noda lumpur atau percikan tanah saat hujan biarkan lumpur tersebut kering sepenuhnya sebelum kamu mencoba untuk membersihkannya. Setelah kering barulah kamu bisa membersihkan tas dengan cara berikut.

  • Gosok perlahan-lahan tas kanvas untuk mengangkat lumpur agar tidak merusak kain.
  • Setelah sebagian besar lumpur terangkat siapkan larutan air hangat dengan sedikit deterjen cair yang lembut.
  • Bilas tas kanvas dengan air bersih untuk menghilangkan residu deterjen.
  • Keringkan tas dengan benar biar warnanya tidak berubah menjadi pucat dan serat kainnya tetap kuat.

Sementara untuk mengatasi noda tinta, basahi kain bersih atau spons dengan cairan pembersih noda yang mengandung alkohol. Gosok lembut noda dengan gerakan melingkar hingga noda hilang. Setelah noda hilang, kamu bisa mencuci tas dengan detegen, membilas tas dengan air bersih dan menjemurnya hingga kering.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan mengenai sejumlah tips sederhana yang bisa kamu coba untuk merawat tas kain kanvas. Dengan menerapkan sejumlah tips dan trik seperti yang sudah disebutkan di atas semoga tas kain kanvas yang kamu miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya ya.

Butuh kain kanvas berkualitas dengan harga murah untuk membuat tas kain?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi bahan Kain Kanvas yang kami miliki yuk.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.