Article

Homepage Article Fashion Design 7 Jenis Bahan Terbaik Untuk…

7 Jenis Bahan Terbaik Untuk Membuat Setelan Jas

Butuh rekomendasi bahan kain terbaik untuk membuat setelan jas?. Khusus untuk kamu yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin kamu bisa memilih satu di antara beberapa jenis bahan untuk jas yang kami rekomendasikan berikut ini. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Setelan Jas

Setelan jas dapat didefinisikan sebagai sepaket pakaian formal yang terdiri dari jas dan celana dengan bahan dan warna yang sama.

  • Sebagai pelengkap gaya busana pria, jas sendiri kebanyakan dijual dalam tiga bentuk yaitu jas custom, jas modifikasi serta jas siap pakai yang biasa dijual dengan harga lebih terjangkau.
  • Selain memberikan kesan yang lebih rapi pada penampilan, kesesuaian antara potongan jas dengan bentuk badan juga akan menciptakan tampilan yang elegan dan profesional.

Setelan Jas

Sumber : https://id.pinterest.com/

Adapun jika dilihat dari bahan pembuatannya, setelan jas sendiri umumnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang beragam dengan warna yang serasi atau pola yang sesuai antara jas dan juga celananya.

Setelan Jas

Sumber : https://www.editsuits.com/

Bahan Terbaik Untuk Jas

Untuk pilihan bahannya, beberapa contoh bahan kain yang cocok dijadikan sebagai bahan jas antara lain berupa:

1. Kain Wol

Pertama ada kain wol yang sejak dulu memang umum digunakan sebagai bahan jas karena  selain kuat dan tahan lama, kain ini juga cenderung mudah untuk dibentuk.

  • Setelan jas yang dibuat dari kain wol kebanyakan memiliki tampilan yang elegan.
  • Setelan jas yang dibuat dari kain wol juga memiliki kemampuan untuk menahan lipatan dengan baik.

Setelan Jas

Sumber : https://www.walmart.com/

Simak juga Macam-Macam Serat Wool Yang Biasa Dipakai Dalam Pembuatan Produk Tekstil.

2. Kain Drill

Kedua ada kain drill yang dipintal dengan tekstur diagonal dan memiliki jalinan benang yang sangat kuat. Sebagai bahan jas yang cukup populer, kain drill sendiri dapat dibedakan lagi dalam berbagai variasi bahan yang berbeda, sebut saja: 

  • Twill drill yang bersifat lembut namun tetap kuat serta memiliki pintalan benang dan gramasi paling kecil dibanding kain drill lainnya.
  • American drill yang kokoh, kuat, tampak sedikit mengkilap dan memiliki ukuran serat pintalan yang sedang.
  • Japan drill yang memiliki kandungan katun lebih tinggi dan seratnya juga lebih tebal dibandingkan dua jenis kain sebelumnya.

Setelan Jas

Sumber : https://www.gucci.com/

Selain dibedakan ke dalam tiga jenis bahan yang sudah disebutkan di atas terdapat pula dua varian kain drill lainnya yang tidak kalah bagus. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Hisofty drill yang teksturnya hampir sama dengan kain Japan drill hanya saja karakteristik kainnya terkenal lebih lembut dan lebih adem karena memiliki komposisi katun lebih besar dibanding polyster.
  • Castilo drill yang memiliki pintalan kuat dan rapat sehingga bahannya cenderung tidak mudah kusut dan lembut ketika dipakai.

3. Kain Twill

Ketiga ada kain twill yang permukaannya sama dengan bahan kain drill, yakni sama-sama bertekstur diagonal tetapi cenderung sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan bahan drill.

Setelan Jas

Sumber : https://qdlavender.en.made-in-china.com/

4. Kain Gabardin

Keempat ada kain gabardin yang memiliki ciri khas berupa garis-garis diagonal pada bagian permukaannya. Dari segi tampilan, sepintas kain gabardin ini memang tampak mirip sekali dengan kain twill ataupun kain drill, tapi sebenarnya kerapatan bahannya sedikit lebih renggang.

Setelan Jas

Sumber : https://rosen-store.com/

5. Bahan Tweed

Kelima ada bahan tweed yang terbuat dari benang wol setengah jadi dan ditenun dengan menggunakan anyaman twill (kepar) sehingga memiliki permukaan yang cenderung kasar tapi tetap nyaman dipakai untuk membuat setelan jas.

Setelan Jas

Sumber : https://www.xposedlondon.com/

Simak juga 8 Fakta Menarik Tentang Bahan Tweed Yang Perlu Kamu Tahu.

6. Bahan Sharkskin

Keenam ada bahan sharkskin yang terbuat dari serat wol bertekstur lembut. Untuk menghasilkan efek berkilau seperti kulit ikan hiu bahan sharkskin ini biasa ditenun rapat dari benang halus dalam dua variasi warna berbeda.

Setelan Jas

Sumber : https://www.editsuits.com/

7. Kain Corduroy

Ketujuh ada kain corduroy yang identik dengan corak garis-garis paralel “cord” yang dipisahkan oleh sebuah jalur. Tingkat ketebalan garis “cord” inilah yang akan mempengaruhi seberapa besar kehangatan yang ditawarkan kain corduroy.

Setelan Jas

Sumber : https://www.hockerty.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa contoh bahan kain terbaik yang bisa kamu pilih sebagai bahan jas. Dengan menggunakan bahan kain yang bagus dan berkualitas, pastinya jas yang dihasilkan akan semakin nyaman ketika dipakai dan membuat badan terasa lebih adem.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat setelan jas?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Seragam, Jas dan Blazer terbaik di katalog kain kami.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.