Article

Homepage Article Kain Mengenal Kain Cleopatra…

Mengenal Kain Cleopatra dan Pemanfaatannya Pada Produk Fashion

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat gamis, jilbab, long dress dan berbagai macam busana wanita lainnya?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana mungkin anda bisa memilih kain cleopatra yang memiliki karakteristik jatuh, dapat menyerap keringat dan mudah dibentuk sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Cleopatra

Kain cleopatra merupakan sejenis bahan kain yang berasal dari keluarga kain satin. Jenis anyaman kain yang dipakai untuk kain cleopatra sendiri juga tidak jauh berbeda dengan kain satun pada umumnya yakni hanya menonjolkan salah satu efek pada permukaan kain, yaitu efek lusi atau efek pakan.

  • Anyaman satin dengan efek lusi dikenal dengan nama satin lusi.
  • Sedangkan anyaman satin dengan efek pakan biasa disebut sebagai satin pakan.

Kain Cleopatra

Sumber : https://fitinline.com/

Selain diaplikasikan pada kain cleopatra anyaman satin dapat juga digunakan pada semua jenis kain dengan kontruksi padat, tetapi kurang sesuai jika digunakan untuk kain dengan kontruksi terbuka atau jarang. Titik-titik silang pada anyaman satin letaknya tersebar dan tidak bersinggungan satu sama lain.

Karakteristik Kain Cleopatra

Sebagai bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari dunia fashion, kain cleopatra umumnya juga memiliki sejumlah ciri khusus yang membedakannya dengan bahan lain. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain cleopatra diantaranya:

  • Kain cleopatra cenderung halus, lebih lembut, sedikit mengkilap serta jatuh.
  • Kain ceopatra seratnya cenderung rapat karena itulah tampilannya jadi tidak menerawang.
  • Kain cleopatra memiliki tampilan yang terkesa lebih mewah, elegan dan glamor.
  • Kain cleopatra cocok digunakan di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia.
  • Kain cleopatra juga tidak mudah kusut jadi tampilan kainnya akan senantiasa terlihat rapi.

Pemanfaatan Kain Ceopatra

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, kain cleopatra umumnya akan sangat cocok digunakan sebagai furing kain brokat, kombinasi bahan motif (songket, batik, kain motif), bahan gamis wanita, bahan jilbab serta dress pesta.

1. Furing Kain Brokat

Kain cleopatra sangat cocok dijadikan sebagai kain furing dari busana berbahan brokat. Dalam hal ini kain cleopatra berguna untuk menutupi jahitan, lipatan atau tampilan di bawah permukaan kain utama supaya tampak rapi.

Selain itu keberadaan kain furing ini juga memiliki fungsi lain sebagai berikut:

  • Melapisi kain brokat agar tampilannya jadi lebih sopan, elegan dan mewah.
  • Semakin menonjolkan motif dan warna yang ada pada kain brokat.
  • Menyerap keringat yang keluar dari kulit sehingga tidak langsung mengenai kain brokat.
  • Mengurangi gesekan langsung antara bahan utama pakaian dengan kulit sehingga umur pakaian menjadi lebih panjang dan kulit pun tidak terasa gatal.
  • Melindungi kulit agar tidak bersentuhan dengan kain brokat sekaligus mencegah terjadinya iritasi saat kulit berkeringat.

Kain Cleopatra

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Beberapa contoh model busana berbahan brokat yang dapat diberi tambahan kain cleopatra sebagai furingnya antara lain berupa kebaya, blus brokat dan juga dress brokat.

  • Kebaya Brokat

Kebaya brokat termasuk ke dalam jenis pakaian tradisional Indonesia yang sangat identik dengan kesan feminim. Untuk pilihan modelnya, kebaya yang dibuat dari kain brokat dan kain cleopatra bisa berupa kebaya jawa, kebaya bali dan kebaya kutu baru.

  • Blus Brokat

Selain dijadikan furing pada kebaya brokat, kain cleopatra bisa juga dipakai untuk melapisi bagian dalam blus brokat agar tampilannya jadi lebih menarik dan tidak menerawang. Untuk pilihan modelnya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anda.

  • Dress Brokat

Dress brokat yang dikombinasikan dengan kain furing cleopatra dapat membuat penampilan anda lebih menawan.

  • Jika anda tidak terlalu tinggi anda bisa memilih dress brokat yang panjangnya selutut.
  • Jika tidak ingin terlihat gemuk anda bisa memilih pola-pola brokat yang sederhana.

2. Kombinasi Bahan Motif

Selain dijadikan sebagai furing kain brokat, kain cleopatra sebenarnya juga dapat dijadikan sebagai kombinasi dari bahan kain yang bermotif seperti halnya kain songket dan kain batik. Dengan padupadan yang tepat dijamin busana yang dihasilkan pasti akan terlihat lebih modern dan jauh dari kesan kuno.

3. Gamis Wanita

Busana terusan yang didesain dalam bentuk panjang dan longgar untuk menutupi seluruh bagian badan mulai dari leher sampai ke mata kaki ini belakangan mulai banyak dibuat dari kain cleopatra. Beberapa contoh model gamis yang dimaksud antara lain berupa:

  • Gamis wanita yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng yang dibuat membesar pada bagian bawahnya.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui sang buah hati.
  • Gamis wanita model layering yang memiliki aksen bertumpuk pada bagian badannya sehingga tampak seperti tunik yang dipadukan dengan rok panjang.
  • Gamis wanita model cape yang dilengkapi dengan sebuah cape pada badan bagian atasnya.

Kain Cleopatra

Sumber : https://shopee.co.id/

Tertarik untuk membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola gamis dari kami.

4. Jilbab

Dengan karakteristik bahannya yang jatuh, halus dan lembut, kain cleopatra dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam model jilbab wanita seperti halnya pashmina dan juga khimar instan.

  • Pashmina

Pashmina dapat dikategorikan ke dalam produk pelengkap fashion wanita yang bentuknya tampak menyerupai selendang tapi memiliki ukuran yang jauh lebih panjang dari hijab segi empat.

Kain Cleopatra

Sumber : https://www.carousell.sg/

  • Khimar

Khimar termasuk ke dalam jenis jilbab instan yang dapat dikenakan untuk menutup kepala, dada maupun bagian punggung. Beberapa contoh model khimar wanita yang bisa dibuat dari bahan kain cleopatra diantaranya:

  • Jilbab khimar simpel yang memiliki tampilan sederhana karena tidak memiliki terlalu  banyak variasi dan hiasan.
  • Jilbab khimar layering yang dibuat dari dua lapis kain atau lebih kemudian dijahit menjadi satu.
  • Khimar pet dengan ciri khas tambahan pet (bantalan busa) dibagian depan yang bisa mengikuti lekuk lingkar wajah.
  • Jilbab khimar rempel yang dilengkapi dengan tambahan rempel pada baberapa bagiannya, kebanyakan bawah khimar.

Kain Cleopatra

Sumber : https://id.carousell.com/

5. Dress Pesta

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang modis dan stylish, kain cleopatra juga sangat ideal untuk dijadikan bahan dress pesta. Model dress pesta yang dibuat dari bahan inipun cukup bervariasi, beberapa diantaranya:

  • Cocktail dress yang biasa dipakai untuk pelengkap acara semi formal seperti pesta pernikahan dan pesta ulang tahun.
  • Maxi dress bersiluet A yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan sebagian besar diciptakan tanpa lengan.
  • Dress pesta model one shoulder yang hanya mempunyai satu lengan, entah itu dibagian kanan saja atau kiri saja.
  • Empire dress yang memiliki perpotongan pinggang paling tinggi yakni pada bagian dada.

Butuh kain cleopatra berkualitas dengan harga murah untuk digunakan sebagai kain furing, kombinasi bahan motif, bahan gamis wanita, bahan jilbab dan juga dress pesta?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Cleopatra (NGR) kami.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain cleopatra dan pemanfaatannya untuk produk pelengkap kebutuhan sandang yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi informasi penting terkait dengan bahan kain lainnya simak terus artikel dari kami ya.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan material yang tepat untuk produk pakaian yang ingin anda buat.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.