Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Memilih Pakaian Interview…

7 Tips Memilih Pakaian Interview Kerja Sesuai Bidang Pekerjaan

Jangan asal pilih pakaian saat interview kerja. Untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membuat penampilan kamu terkesan lebih profesional cari tahu yuk bagaimana cara memilih pakaian yang tepat untuk interview kerja sesuai bidang pekerjaan yang kamu lamar.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pakaian Untuk Interview Kerja

Pakaian interview kerja merupakan pakaian yang bisa kamu pakai untuk interview kerja. Meski bukan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan dalam interview kerja, penggunaan pakaian yang tepat secara tidak langsung akan membuatmu nampak professional dan terlihat lebih meyakinkan di mata interviewer lho.

Pakaian Interview Kerja

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Memilih Pakaian Yang Tepat

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat diterapkan dalam memilih pakaian interview kerja?. Sebagai bahan pertimbangan berikut beberapa pedoman umum untuk berbusana saat interview kerja di berbagai jenis perusahaan yang bisa kamu coba.

1. Perusahaan Korporat

Untuk interview kerja di perusahaan korporat berskala nasional seperti perbankan, asuransi atau bidang keuangan yang umumnya memiliki dress code formal, sebaiknya kenakan pula outfit yang bersifat serba formal.

  • Untuk pria kamu bisa memakai kemeja, celana panjang, jas, dasi dengan warna netral (optional) lalu tambahkan sepatu formal yang bersih dan terawat baik.
  • Untuk wanita kamu bisa memakai blus, blazer, rok ataupun celana panjang lalu tambahkan flat shoes atau sepatu hak tinggi yang bersih.

Pakaian Interview Kerja

Sumber : https://www.pinterest.ca/

2. Perusahaan Teknologi dan Start-up

Untuk interview kerja di perusahaan yang memiliki dress code lebih santai seperti perusahaan teknologi dan startup, maka kamu bisa mengadopsi pakaian interview kerja dengan gaya smart casual hingga semi-formal.

  • Pilih pakaian yang mencerminkan kepribadian kamu tapi jangan gunakan pakaian yang terlalu santai, seperti kaos oblong dan celana jeans.
  • Jika kamu tidak yakin, lebih baik kenakan pakaian yang sedikit lebih formal dari pada terlalu santai.

Pakaian Interview Kerja

Sumber : https://www.pinterest.ca/

Simak juga :

3. Perusahaan Kreatif dan Media

Untuk interview kerja di perusahaan kreatif seperti agensi periklanan, desain interior, studio film, animasi, fotografi dan fashion yang menekankan inovasi, desain dan kreativitas dalam produk atau layanan, kamu bisa mengenakan pakaian yang bersifat semi formal dengan sentuhan kreatif.

  • Untuk pria kamu bisa mengenakan kemeja berkerah atau polo shirt yang rapi, celana panjang, serta sepatu kulit atau sepatu sneakers yang bisa diterima di beberapa perusahaan kreatif.

Pakaian Interview Kerja

Sumber : https://www.stitchfix.com/

  • Untuk wanita kamu bisa mengenakan blus atau kemeja dengan potongan yang modis, rok atau celana panjang, serta sepatu hak tinggi atau sepatu flat yang stylish.

Pakaian Interview Kerja

Sumber : https://id.pinterest.com/

Khusus untuk kamu para wanita yang ingin menggunakan dress saat interview kerja di perusahaan kreatif, kamu bisa juga menggunakan dress yang simple tapi sopan. Untuk pilihan warnanya kenakan dress yang cenderung netral agar kesannya tidak terlalu berlebihan.

4. Retail dan Layanan Pelanggan

Untuk interview kerja di perusahaan mode, kecantikan, retail, periklanan, desain, public relation kamu juga bisa mengenakan pakaian yang bersifat semi formal, seperti halnya outfit untuk wawancara di perusahaan kreatif.

Tapi kalau kamu ingin tampil sedikit lebih formal, tidak ada salahnya jika kamu mengenakan kemeja dan celana kain karena dalam konteks interview kerja penggunaan pakaian yang formal akan kelihatan lebih profesional dari pada terlalu santai.

Pakaian Interview Kerja

Sumber : https://www.thebalancemoney.com/

5. Industri Kesehatan

Untuk interview kerja di industri kesehatan kenakan setelan klasik hitam atau biru tua dengan kemeja polos didalamnya. Pastikan pakaian yang kamu kenakan tampak rapi dan sesuai dengan etika profesional.

6. Perusahaan Manufaktur

Untuk interview kerja di perusahaan manufactur yang berfokus pada produksi barang alias pengolahan bahan baku menjadi barang jadi kamu bisa mengenakan pakaian hitam putih dan sepatu yang bersifat formal.

Pakaian Interview Kerja

Sumber : https://www.trendhim.co.uk/

7. Pendidikan dan Pemerintah

Untuk interview kerja di bidang pendidikan atau sektor pemerintahan yang sering kali memerlukan pakaian formal dan profesional, kamu bisa mengenakan setelan dengan warna yang konservatif misalnya saja warna hitam.

  • Untuk pria kenakan kemeja warna putih, setelan jas dan sepatu formal yang berwarna hitam.
  • Untuk wanita kenakan blus warna putih, setelan jas dengan potongan yang rapi serta sepatu formal dengan warna yang sesuai.

Selain memperhatikan kesesuaian pakaian dengan dress code perusahaan, kerapian dan kebersihan penampilan juga menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Karena alasan itu pula saat interview kerja sebaiknya kamu juga memperhatikan hal berikut.

  • Pilih pakaian yang ukurannya pas badan, dalam artian tidak kekecilan atau kebesaran.
  • Pilihlah pakaian yang dapat membuat kamu nyaman dan lebih fokus untuk menjalani interview kerja.
  • Pastikan pakaian yang kamu pakai benar-benar bersih, terawat dengan baik dan tidak kusut.
  • Hindari penggunaan aksesoris yang terlalu mencolok dan parfum yang baunya terlalu kuat.
  • Jika kamu mengenakan hijab, pastikan tidak ada rambut menyembul keluar dari tepian hijab.
  • Jika kamu ingin memakai rok pendek, gunakan yang panjangnya selutut atau di bawah lutut.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan saat memilih pakaian untuk interview kerja. Intinya, dalam memilih outfit untuk interview kerja pastikan pakaian yang kamu kenakan bisa membantu kamu untuk lebih percaya diri dan tampak profesional di depan pewawancara ya.

Simak juga:

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.