Article

Fustanella

Berbagai tradisi dan budaya yang tersebar diseluruh belahan dunia ini tanpa disadari membawa pengaruh yang cukup besar terhadap variasi gaya berpakaian masyarakat di berbagai negara meski beberapa masih memiliki kesamaan. Salah satunya pengunaan kostum berbentuk rok yang dikenal dengan nama Fustanella. Fustanela merupakan pelengkap pakaian tradisional yang dikenakan oleh kaum laki-laki Yunani  dan beberapa negara Balkan seperti Albania dan Montenegro. 

 

Fustanella

Sumber : http://www.1000costumes.eu/

Setelah pembebasan Yunani pada kuatral pertama abad ke-19, seluruh  laki-laki yang mendiami wilayah Peloponnesus diwajibkan mengenakan fustanella sebagai pakaian keseharian mereka. Kostum yang mulanya dipakai oleh para pejuang revolusi Yunani di tahun 1821, saat ini ditetapkan sebagai seragam resmi Evzones, penjaga presiden Yunani.

Fustanella

Sumber : https://www.flickr.com/

Fustanella

Sumber : http://sobakatsu-mihabitacion.blogspot.com

Bagikan inspirasi desainmu Disini! Dan temukan kawan-kawan baru.

Rok fustanella yang didesain dengan 400 lipatan ini, melambangkan 400 tahun tahun lamanya Yunani berada di bawah pemerintahan Ottoman.

Fustanella

Sumber : http://www.texmedindigitalibrary.eu/

Fustanella

Sumber : http://worldhealthcare24.com/

Oleh masyarakat Yunani, fustanella umumnya dikenakan bersama dengan kemeja putih dengan lengan yang melebar pada bagian bawahnya, sebuah rompi berhiaskan sulaman benang wol, selempang yang diikatkan dibagian pinggang, serta sepatu (tsarouhia) dengan pompon besar pada bagian depannya.

Fustanella

Sumber : http://www.albanianhistory.net/

Mempunyai karya design? Pajang karyamu Di sini!

Dizaman modern seperti sekarang ini secara terperinci pakaian tradisional Yunani telah mengalami beberapa modifikasi. Lengan pakaian yang mulanya berfungsi untuk menutupi bagian tangan beralih fungsi menjadi lengan dekoratif dengan bentuknya yang unik menyerupai sayap. 

Fustanella

Sumber : http://illyria.proboards.com/

Fustanella

Sumber : http://www.costumes.gr/

Tidak sedikit pula orang yang menambahkan penggunaan jaket sebagai pelengkap pakaian luarnya. Semoga bermanfaat.

Tags : designer indonesia, desain fesyen

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.