Article

Homepage Article Fashion Design Yuk, Pilih Warna Baju yang…

Yuk, Pilih Warna Baju yang Cocok untuk Interview!

Baju Interview Kerja

Sumber : Pinterest.com

Ketika memilih baju, tentunya Liners memilih baju yang cocok dan formal  yang berguna untuk membentuk persepsi dari recruiter ketika sedang melakukan interview. Tidak hanya jenis dari baju yang dipilih, melainkan warna juga dapat membentuk persepsi recruiter terhadap kepribadian seseorang.

Dilansir dari The Balance Careers, warna baju yang digunakan ketika melakukan wawancara kerja dapat membentuk pandangan seorang recruiter terhadap kepribadian seseorang atau first impression. Hal ini menjadi alasan mengapa memilih warna baju yang cocok untuk acara formal seperti interview itu sangat penting.

Lantas, warna baju apa saja sih yang harus digunakan atau dihindari ketika melakukan wawancara? Tentunya untuk melakukan interview, Liners memerlukan pakaian yang rapi dan sopan ya.

Yuk simak beberapa daftar warna baju terbaik yang dapat digunakan untuk wawancara kerja!

1. Putih

Baju Interview Kerja

Sumber : Pinterest.com

Warna putih merupakan warna baju yang paling aman untuk digunakan di beberapa acara formal layaknya sidang skripsi atau bahkan wawancara kerja. Arti dari warna putih sendiri adalah keteraturan serta profesionalitas.

Ketika mengenakan baju berwarna putih, Liners bebas mengenakan bawahan dengan warna apapun. Selain itu, menggunakan baju dengan warna putih juga dapat memudahkan Liners untuk memilih warna serta motif dasi ataupun kaos kaki yang akan digunakan.

Berikan sedikit aksen karena baju berwarna putih dapat membuat penampilan sedikit membosankan dan mudah ditebak oleh recruiter. Jika tempat Liners melamar kerja merupakan kantor kreatif, berikan sedikit aksesori yang akan membuat penampilan terlihat cukup menonjol.

2. Hitam

Baju Interview Kerja

Sumber : Pinterest.com

Warna baju hitam merupakan salah satu warna netral selain warna putih. Baju berwarna hitam dapat memberikan kesan profesional yang tentunya dapat menjadi nilai tambah ketika melakukan wawancara kerja. Namun, hindari penggunaan pakaian warna hitam dari atas hingga ke bawah ya, Liners!

Tambahkan aksesori seperti dasi atau anting-anting yang tidak terlalu heboh. Selain itu, Liners juga dapat menggunakan tank top berwarna putih yang dilengkapi dengan blazer berwarna hitam.

3. Abu-Abu

Baju Interview Kerja

Sumber : Pinterest.com

Dilansir dari Career Builder, baju berwarna abu-abu memiliki arti bahwa penggunanya merupakan seseorang yang logis. Warna abu-abu menunjukkan bahwa penggunanya merupakan seseorang yang mampu berpikir secara analitis.

Jika berhasil mendapatkan first impression yang bagus oleh recruiter pada saat wawancara, maka kemungkinan besar Liners akan dipanggil kembali untuk tahapan selanjutnya.

4. Biru

Baju Interview Kerja

Sumber : Pinterest.com

Baju berwarna biru memiliki arti kepercayaan diri dan dinamika. Menggunakan baju berwarna biru, baik biru muda ataupun biru tua ketika melakukan wawancara kerja. Warna biru juga dapat membuat recruiter menganggap Liners merupakan seseorang yang mudah berbaur dengan yang lainnya.

Hal tersebut tentunya sangat baik, terutama untuk Liners yang mengharuskan untuk bekerja di dalam satu tim. Liners, diantara warna biru lainnya, warna biru tua atau navy adalah warna yang paling disarankan untuk digunakan pada saat wawancara kerja. Navy merupakan warna baju untuk kulit sawo matang

5. Merah

Baju Interview Kerja

Sumber : Pinterest.com

Baju berwarna merah memiliki arti keberanian serta kekuatan yang dapat membuat recruiter terkesan dan mendapatkan first impression yang baik saat wawancara kerja.

Ketika menggunakan baju berwarna merah dapat memberikan aura yang berani serta membuat tidak grogi sama sekali kegiatan wawancara kerja. Jika ingin mendapatkan pekerjaan seperti menjadi manajer, supervisor atau jabatan lainnya, coba pertimbangkan untuk menggunakan baju berwarna merah yang tidak terlalu terang ataupun tidak terlalu gelap ketika wawancara kerja.

6. Coklat

Baju Interview Kerja

Sumber : Pinterest.com

Dilansir dari Business Insider, baju berwarna coklat memiliki arti kehangatan, keamanan dan keandalan seseorang. Arti penggunaan baju berwarna coklat ketika melakukan wawancara kerja adalah si pengguna dapat dipercaya dan diandalkan dalam melakukan tugas apapun. Selain itu, coklat merupakan warna baju yang cocok untuk kulit sawo matang.

Nah, jika sebelumnya Liners mengetahui warna baju apa saja yang diperbolehkan atau bahkan disarankan untuk digunakan ketika hendak melakukan wawancara kerja, kini saatnya Fimin jelaskan warna baju apa saja sih yang perlu Liners hindari ketika hendak melakukan wawancara kerja.

Yuk, simak pakaian apa saja yang tidak boleh dipakai saat interview!

Baju Interview Kerja

Sumber : Pinterest.com

Ketika akan melakukan wawancara kerja, ada baiknya Liners menghindari baju berwarna kuning, orange, hijau, ungu, dan baju dengan motif yang ramai. Baju dengan warna seperti yang telah disebutkan sebelumnya dapat memberikan kesan pertama yang kurang baik dari recruiter ketika melakukan wawancara kerja.

Meskipun memiliki arti yang cukup menyenangkan, warna-warna tersebut nyatanya memiliki warna yang terlalu terang sehingga membuat penggunanya terlihat tidak serius untuk mengikuti wawancara kerja.

Dilansir dari Indeed, baju berwarna orange dapat menunjukan bahwa penggunanya merupakan seseorang yang enerjik dan menyenangkan, namun sayangnya warna orange juga dapat menunjukkan penggunanya merupakan orang yang kurang profesional. Selain itu, warna ini dianggap kurang sopan untuk digunakan pada lingkup kerja dan dapat membuat penggunanya terlihat terlalu percaya diri sehingga dapat menimbulkan arti yang kurang baik.

Nah, itu merupakan serangkaian warna baju yang boleh dan tidak boleh digunakan ketika akan melakukan wawancara kerja. Usahakan untuk menggunakan baju berwarna netral dan tenang agar terlihat profesional.

Gimana nih Liners? Sudah siap untuk melakukan wawancara kerja? Jangan lupa untuk selalu berdoa ya, Liners!

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.