Article

Homepage Article Fashion Design Panduan Gaya Smart Casual…

Panduan Gaya Smart Casual Yang Keren Untuk Pria

Butuh referensi gaya busana yang cocok dikenakan sebagai pelengkap gaya sehari-hari tapi juga pantas dipakai untuk menghadiri acara yang mewajibkan anda untuk berpenampilan rapi. Sebagai alternatifnya anda bisa mencoba gaya smart casual yang diperoleh dari perpaduan antara gaya formal dengan informal.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Gaya Smart Casual

Smart casual termasuk ke dalam salah satu dress code yang diperoleh dari perpaduan antara gaya formal dengan informal menjadi satu paket gaya berpakaian yang santai namun tetap terkesan rapi. Jadi sekalipun nama tampilannya smart casual, bukan berarti item fashion yang dipakai semuanya harus berbau casual.

Kunci sukses berpakaian smart casual pada prinsipnya hanya satu yakni ketepatan dalam memadupadakankan pakaian.
Untuk menghadirkan kesan smart casual, setidaknya kenakan satu item fashion yang memiliki  kerah, misalnya kemeja, kaos polo dan blazer.

Panduan Gaya Smart Casual

Kalau anda mau mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang panduan gaya smart casual dan cara memilih outfit smart casual yang tepat penting bagi anda untuk memperhatikan beberapa point berikut.

1. Pilih Outfit Yang Tepat

Untuk mencoba gaya smart casual anda bisa mengenakan busana penutup tubuh bagian atas dan bawah yang bernuansa casual kemudian tambahkan outer yang lebih formal. Kombinasi paling tepat yang bisa anda pilih jika ingin mencoba gaya ini diantaranya:

  • Kenakan kaos oblong atau kemeja flannel sebagai busana penutup tubuh bagian atas.
  • Kenakan celana jeans atau celana jogger sebagai busana penutup tubuh bagian bawah.
  • Terakhir tambahkan blazer yang berdesain simpel sebagai outernya.
    • Blazer menjadi salah satu item fashion andalan bagi para pria untuk tampilan smart casual.
    • Ketika dipadupadankan dengan kaos oblong, blazer dapat memberikan kesan yang smart pada penampilan pria karena kehadiran kerahnya.

Smart Casual Pria 

Sumber : https://za.pinterest.com/

Alternatif lain anda bisa mengenakan busana penutup tubuh bagian atas dan bawah yang bernuansa formal kemudian tambahkan outer yang identik dengan gaya casual. Kombinasi paling tepat yang bisa anda pilih jika ingin mencoba gaya ini diantaranya:

  • Kenakan kaos polo atau kemeja formal yang didesain dalam potongan reguler maupun slim fit sebagai busana penutup tubuh bagian atas.
  • Kenakan celana chino sebagai busana penutup tubuh bagian bawah.
    • Celana chino sendiri merupakan outfit smart casual yang memiliki potongan seperti trouser, celana kerja atau celana formal.
    • Untuk alasan kenyamanan pilih celana chino yang berkualitas bagus baik dari segi bahan maupun jahitannya.
  • Terakhir tambahkan sweater, cardigan, vest rajut maupun jaket bomber yang berdesain simpel sebagai outernya.

Smart Casual Pria

Sumber : https://za.pinterest.com/

2. Sesuaikan Warna Pakaian

Cobalah untuk bermain dengan tone warna untuk mendapatkan penampilan smart casual pria yang keren. Dalam hal ini anda bisa memadupadankan outfit smart casual yang berwarna netral dengan outfit yang warnanya lebih terang.

  • Pakaian pria dengan tone warna gelap biasanya lebih identik dengan gaya formal.
  • Sebaliknya pakaian pria dengan tone warna terang biasanya lebih identik dengan gaya informal.

Smart Casual Pria

Sumber : https://za.pinterest.com/

3. Pilih Bahan Yang Tepat

Kesan formal atau casual dari suatu pakaian secara umum bisa dilihat dari material yang digunakan untuk membuat pakaian itu sendiri. Kemeja formal pria dan celana formal pria biasanya memiliki bahan yang lebih halus dan mengilap dibandingkan dengan kemeja maupun celana casual.

4. Kenakan Sepatu Yang Sesuai

Sepatu oxford menjadi salah satu jenis sepatu yang sangat cocok dikenakan untuk menunjang gaya smart casual pria. Sepatu ini secara umum memiliki ciri yang sangat khas yakni bertali (lacing system), berhak pendek dan tingginya dibawah mata kaki.

Smart Casual Pria

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Alternatif lain pilih sepatu converse yang dibuat dari bahan kanvas untuk acara informal. Sebagai salah satu merek sepatu yang tidak lekang oleh zaman, sepatu converse telah hadir sejak puluhan tahun lalu dan tetap eksis hingga kini.

Smart Casual Pria 

Sumber : https://twitter.com/hm/

6. Tambahkan Tas Kulit

Untuk menunjang gaya smart casual yang ingin anda tampilkan kenakan tas yang dibuat dari material kulit. Dalam hal ini anda bisa memilih tas kulit yang diciptakan dalam model backpack, sling bag mapupun cluch bag.

  • Tas kulit termasuk ke dalam salah satu jenis tas yang sangat cocok dengan gaya smart casual pria.
  • Tas kulit umumnya memiliki corak kulit yang unik dan berbeda-beda antara satu dengan lainnya jadi kesan yang ditampilkan lebih mewah dan eksklusif.
  • Dengan tampilannya yang sedemikian mewah tas kulit juga bisa memberikan kesan rapi pada penampilan pria.

Smart Casual Pria

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Aksesoris Smart Casual

Sempurnakan penampilan anda dengan tambahan aksesoris jam tangan yang strapnya terbuat dari bahan kulit ataupun stainless steel.

  • Bahan kulit yang menyerap keringat dan memiliki kesan elegan sangat cocok dipakai pada acara formal, semi formal maupun casual.

Smart Casual Pria

Sumber : https://www.alibaba.com/

  • Tak kalah menarik dari bahan kulit, jam tangan dengan strap stainless steel juga dapat menambah kesan rapi dan maskulin pada tampilan pria.

Smart Casual Pria

Sumber : https://www.fossil.com/

Selain jam tangan, anda juga bisa memanfaatkan cufflinks, kacamata, dasi, ikat pinggang dan kaus kaki bermotif simpel untuk menegskan kesan smart casual yang ingin anda tampilkan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah aturan dasar gaya smart casual bagi para pria yang penting untuk anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih outfit smart casual pria yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Tertarik untuk membuat kaos oblong, kaos polo, kemeja pria dan jaket bomber sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola baju siap pakai dari kami.

Kalau anda butuh bahan kain yang berkualitas untuk membuat berbagai macam model kaos, kemeja, jaket dan outfit smart casual pria lainnya anda juga bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.