Article

Homepage Article Fashion Design 7 Tips Berpakaian Untuk…

7 Tips Berpakaian Untuk Menyamarkan Perut Buncit Kamu

Jangan biarkan tumpukan lemak di area perut membuatmu minder dan jadi kurang percaya diri. Pasalnya dengan pemilihan outfit yang tepat, kamu bisa tetap tampil maksimal dan menarik meski memiliki perut yang buncit lho. Caranya tinggal terapkan beberapa tips berpakaian untuk menyembunyikan perut buncit di bawah ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Perut Buncit dan Dampaknya

Tahu ga sih kalau perut buncit ternyata memiliki dampak yang begitu besar pada penampilan seseorang lho. Sebab selain membuat seseorang jadi kurang percaya diri untuk mencoba berbagai model pakaian, perut buncit ternyata juga bisa memberi kesan kurang proporsional pada bentuk tubuh yang ditampilkan.

Beberapa dampak yang mungkin dirasakan oleh sebagian orang diantaranya:

  • Menimbulkan ketidaknyamanan saat berpakaian.
  • Mengubah siluet tubuh seseorang karena garis pinggang mereka jadi terlihat kurang ramping.
  • Membatasi pilihan pakaian dan gaya yang dapat digunakan.
  • Mempengaruhi rasa percaya diri seseorang karena khawatir perhatian orang-orang akan tertuju pada perut mereka yang buncit.

Tapi walaupun kamu yang sedang mengalami masalah serupa seperti yang sudah disebutkan di atas, tenang saja kamu ga perlu khawatir atau merasa malu karena kamu bisa tetap tampil menarik dan stylish dengan baju yang kamu pakai asal pemilihan model, ukuran dan bahannya juga harus tepat.

Tips Menyamarkan Perut Buncit

Biar ga salah pilih berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi masalah perut buncit saat berpakaian.

1. Pilih Ukuran Yang Tepat

Pertama pastikan kamu memilih ukuran baju yang sesuai dengan proporsi dan bentuk tubuh kamu, dalam artian tidak kekecilan atau kebesaran terutama di sekitar area perut. Sebagai gantinya pilihlah baju yang memberikan sedikit ruang bagi perut kamu, tetapi tidak terlalu longgar.

  • Penggunaan baju yang terlalu ketat hanya akan membuat perut buncit kamu makin terlihat.
  • Sementara baju yang terlalu longgar justru akan membuat tubuhmu jadi terlihat lebih besar.

Perut Buncit

Sumber : https://www.yesstyle.com/

2. Pilih Bahan Yang Tepat

Sebisa mungkin hindari bahan yang terlalu tebal atau kaku karena dapat menonjolkan perut kamu yang buncit. Lebih baik pilih baju yang bahannya flowy untuk menyamarkan perut buncit kamu dengan memberikan siluet yang lebih menarik.

Untuk pilihan banhannya kamu bisa memakai Kain Katun, Kain Rayon, Kain Linen atau bahan lain yang sejenis. Selain mampu menutupi perut buncit, baju yang bahannya flowy juga memberikan kesan gaya yang manis.

Perut Buncit

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Perhatikan Potongan Baju

Pilihlah baju dengan potongan yang melebar di bagian bawah ataupun baju dengan potongan tinggi di bagian pinggang seperti halnya empire waist dress biar orang yang melihat lebih menyorot bagian tubuh yang lain dan mengalihkan perhatian dari perut.

  • Empire waist dress merupakan dress yang memiliki perpotongan pinggang sangat tinggi yakni tepat berada di bagian bawah dada wanita.
  • Berdasarkan garis pinggangnya, empire waist dress ini juga menjadi dress yang garis pinggangnya paling tinggi di antara semua jenis dress wanita.

Perut Buncit

Sumber : https://www.amazon.com/

Alternatif lain pilih baju dengan potongan dan detail yang menarik di bagian tubuh lainnya seperti dada dan bahu untuk mengalihkan perhatian orang dari perut buncit kamu sekaligus menonjolkan bagian tubuh yang kamu sukai.

  • Gunakan baju yang memiliki aksen di bagian atas, seperti potongan leher yang menarik atau rumbai agar pandangan orang lebih tertuju ke bagian atas tubuh dan bukan ke perut.
  • Hindari baju yang terlalu banyak aksen atau detail di bagian perut, seperti kantong atau detail kerut, karena hal ini dapat menonjolkan perut buncit kamu.

Perut Buncit

Sumber : https://www.yesstyle.com/

4. Pilih Celana Dengan Bijak

Untuk menyembunyikan perut kamu yang buncit, hindari celana dengan pinggang rendah atau potongan yang terlalu ketat di area perut. Pilih terbaik gunakan celana highwaist yang memiliki potongan pinggang sedikit lebih tinggi atau celana yang dilengkapi dengan elastis di bagian pinggang.

Perut Buncit

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Simak juga Cara Styling High Waist Skirt / Rok High Waist.

5. Pilih Baju Yang Bermotif

Untuk menyamarkan perut yang buncit, kamu juga bisa mengandalkan baju berpola atau bermotif garis-garis vertikal maupun motif floral dengan warna yang tidak terlalu mencolok.

  • Pola atau motif seperti garis vertikal atau pola bunga dapat memberikan ilusi visual yang membantu menyamarkan perut buncit dan memberikan ilusi perut yang lebih ramping.
  • Tapi biar kesannya ga berlebihan, hindari pola atau motif yang terlalu padat dan malah menonjolkan area perut.

Perut Buncit

Sumber : https://id.aliexpress.com/

6. Gunakan Aksesoris Yang Tepat

Gunakan aksesoris yang tepat seperti obi dan belt berukuran kecil untuk menciptakan ilusi yang lebih ramping di bagian pinggang, sehingga mengalihkan perhatian orang-orang dari perut kamu yang buncit. Alternatif lain gunakan syal untuk menambah dimensi dan fokus pada bagian tubuh lainnya.

7. Gunakan Shapewear

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara di atas tapi masih merasa gagal untuk menyembunyikan perut buncitmu, maka tidak ada salahnya jika kamu menambahkan shapewear di balik busana yang kamu pakai.

Perut Buncit

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Shapewear sendiri merupakan sejenis pakaian dalam yang mampu membentuk tubuh kamu jadi terlihat lebih ramping. Beberapa fungsi umum dari shapewear yang perlu kamu ketahui diantaranya:

  • Membentuk dan membantu mengencangkan area-area tertentu pada tubuh termasuk area perut.
  • Menyembunyikan ketidaksempurnaan pada tubuh dengan memberikan tekanan yang tepat.
  • Membantu meningkatkan rasa percaya diri dan menghasilkan siluet seperti diinginkan pemakainya.

Meski dari segi fungsi memang sangat besar manfaatnya, namun penting untuk dipahami bahwa shapewear tidak menghasilkan perubahan permanen pada tubuh dan untuk alasan kenyamanan sebaiknya hindari penggunaan shapewear yang terlalu lama ya.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips berpakaian yang bisa kamu coba untuk menyamarkan bentuk perutmu yang buncit. Dengan menerapkan sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas, semoga kedepannya kamu bisa lebih mudah untuk menemukan model baju yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Selain menerapkan sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas, selalu ingat bahwa bagaimanapun kondisi tubuh dimiliki wanita semuanya itu unik dan indah dengan segala bentuknya. Jadi kamu ga perlu merasa minder dengan bentuk tubuh yang kamu miliki asalkan kamu nyaman dan tetap percaya diri dengan penampilan kamu.

Simak juga

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.