Article

Homepage Article Desain Fesyen Kenali Ciri Khas Busana…

Kenali Ciri Khas Busana Ready to Wear atau Pret-a-Porter

Tahu yang namanya busana ready to wear?. Jika anda sering melihat baju siap pakai yang diproduksi secara masal dalam kuantitas banyak dan dijual di butik maka itulah yang disebut dengan busana ready to wear atau dalam bahasa Perancis biasa dinamakan pret-a-porter. Pengertian siap pakai disini yaitu saat dibeli busana bisa langsung dipakai.

Busana Ready to Wear

Sumber : https://info.forloveandlemons.com/

Berbeda dengan busana custom yang harus dipesan terlebih dahulu ke penjahit atau desainer, busana ready to wear umumnya bisa langsung dipakai dengan mudah tanpa harus melakukan pengukuran badan. Karena dibuat dengan standard clothing size, busana siap pakai ini juga tidak membutuhkan fitting berkali-kali sampai ukurannya pas dengan ukuran tubuh. 

Busana Ready to Wear

Sumber : https://www.travelandleisure.com/

Lantas busana seperti apakah yang termasuk ke dalam kategori ready to wear?. Jika selama ini anda beranggapan kalau busana ready to wear itu merupakan busana yang diproduksi secara masal dalam jumlah besar dan harganya relatif murah maka hal seperti ini ternyata tidak sepenuhnya benar. 

Busana Ready to Wear

Sumber : https://bambooballroom.ca/

Meski dibuat secara masal desain busana ready to wear sendiri bisa sangat beragam. Tidak hanya terbatas pada busana yang berpotongan simple seperti kemeja, kaos, blazer, sweater, dan cardigan saja tapi model busana pesta seperti cocktail dress, evening dress serta gaun pengantin yang berdetail rumit sekalipun, semua bisa dibuat dalam bentuk ready to wear. 

Busana Ready to Wear

Sumber : http://modern-fashion.net/

Untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian ready to wear sahabat Fitinline bisa menyimak penjelasan berikut.

  1. Ready to wear awalnya banyak digunakan untuk benda-benda mode yang tidak memerlukan pengukuran khusus ke badan seperti tas atau aksesori lainnya.
  2. Busana ready to wear secara keseluruhan dibuat berdasarkan ukuran standar yang telah ditetapkan, misal terdiri dari ukuran XS, S, M, L dan XL. Terdapat beberapa ukuran tambahan yang tidak umum seperti Triple XL atau Double XL.
  3. Meski tidak berlaku di semua rumah mode, tapi ada juga rumah mode haute couture yang memasarkan sebagian koleksi busana ready to wear.
  4. Demi mendapatkan omset penjualan yang lebih besar dalam waktu cepat bahkan ada juga rumah mode yang akhirnya hanya memproduksi busana-busana ready to wear semata meski itu berarti mereka harus rela menanggalkan nama haute couture.
  5. Busana ready to wear yang berkembang sekarang ini tidak hanya didominasi pakaian murah, sebab material yang digunakan untuk ready to wear sendiri tidak sedikit yang berharga mahal dan berkualitas bagus seperti layaknya busana haute couture.
  6. Dengan target produksi yang begitu besar dan melibatkan mesin-mesin produksi secara masal, detail yang diaplikasikan pada busana ready to wear pasti tidak akan serumit busana haute couture.
  7. Busana ready to wear sangat sesuai jika digunakan sebagai busana sehari-hari karena konstruksinya cenderung jauh lebih minimalis dan bahan yang digunakan pun biasanya lebih nyaman dikenakan.

Busana Ready to Wear

Sumber : http://www.arcstreet.com/

Sampai saat ini koleksi busana yang mengusung tema ready to wear biasanya dipresentasikan oleh rumah mode pada ajang Fashion Week. Empat ajang Fashion Week yang dominan di dunia adalah Fashion Week di London, New York, Milan dan Paris yang diadakan dua kali setahun setiap musim semi dan musim dingin. 

Busana Ready to Wear

Sumber : https://www.ibtimes.co.uk/

Ingin membuat busana sendiri tapi masih menemukan banyak kesulitaan saat membuat polanya?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola siap pakai dari kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.