Article

Homepage Article Fashion Design Cara Mengenali Bentuk Tubuh…

Cara Mengenali Bentuk Tubuh Wanita Agar Tidak Salah Membeli Baju

Kesulitan untuk menemukan pakaian yang tepat karena anda tidak benar-benar memahami bentuk tubuh yang anda miliki?. Agar tidak salah memilih baju berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengetahui bentuk tubuh wanita berdasarkan ukuran dada, pinggang dan pinggul. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Body Shape

Mengetahui bentuk tubuh adalah hal penting untuk dapat memiliki penampilan yang sempurna. Atas dasar perbandingan ukuran antara lingkar dada, pinggang dan pinggul, dalam dunia fashion sendiri bentuk tubuh wanita dapat dibagi menjadi lima kategori utama.

Body Shape

Sumber : https://www.sew-it-yourself.com/

Dari kelima bentuk dasar tersebut tentunya masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

  • Hourglass body shape / bentuk tubuh jam pasir memiliki tubuh bagian atas dan bawah yang lebih lebar dengan pinggang sempit di tengah.
  • Apple body shape / bentuk tubuh buah apel memiliki bagian tengah dan bagian atas tubuh yang lebih lebar dari bagian bawah.
  • Pear body shape / bentuk tubuh buah pir memiliki tubuh bagian bawah yang lebih besar dibandingkan dengan tubuh bagian atas.
  • Inverted triangle body shape / bentuk tubuh segitiga terbalik memiliki tubuh bagian atas yang lebih besar dibandingkan dengan tubuh bagian bawah.
  • Square body shape / bentuk tubuh persegi panjang identik dengan badan yang lurus dengan sedikit atau tanpa definisi.

Cara Mengenali Body Shape

Masih menemukan kesulitan untuk menentukan kategori tubuh anda sendiri?. Sebagai referensi coba lakukan hal-hal sederhana sebagai berikut.

1. Berdirilah di Depan Cermin

Mundur beberapa langkah dari cermin dan amati keseluruhan bentuk tubuh. Lakukan ini saat dengan pakaian seminim mungkin agar anda lebih mudah untuk melihat bentuk dan lekukan tubuh.

2. Fokus Pada Bentuk Torso

Fokuskan perhatian anda pada bentuk torso. Torso sendiri merupakan bagian yang bisa anda lihat dari sepanjang tulang rusuk sampai turun ke pinggang.

3. Fokus Pada Batang Tubuh 

Berikutnya fokuskan perhatian pada batang tubuh dan perhatikan kontur yang memanjang dari bagian pinggang terkecil ke tulang rusak dan garis pinggul.

4. Tentukan Bagian Yang Paling Lebar

Perhatikan bahu, dada, pinggang, pinggul dan paha kemudian tentukan bagian tubuh mana yang yang paling lebar dan mana yang paling kecil. Selain itu tentukan pula kontur apa yang paling berlekuk dan apa yang paling rata.

Selesai melakukan pengamatan bandingkan hasilnya dengan keterangan berikut.

  • Hourglass Body Shape

Jika proporsi dada dan pinggul anda ama besar sementara bagian pinggang terlihat sangat kecil sehingga menciptakan lekuk yang jelas berarti anda memiliki tubuh yang berbentuk jam pasir / hour glass body shape.

 Body Shape

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Apple Body Shape

Jika bagian bahu, dada dan pinggang anda cenderung besar namun menyempit di bagian pinggul sempit dan tungkai kecil berarti anda memiliki tubuh yang berbentuk buah apel / apple body shape.

Body Shape

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Pear Body Shape

Jika anda memiliki pinggul dan paha lebar, tetapi dada dan pinggang biasanya kecil berarti anda memiliki tubuh yang berbentuk buah pir / pear body shape.

Body Shape

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Inverted Triangle Body Shape

Jika bentuk tubuh anda cenderung penuh di bagian atas, bahu lebar dan dada besar sementara bagian bawah tampak kecil berarti anda memiliki tubuh yang berbentuk segi tiga terbalik / inverted triangle body shape. 

Body Shape

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Square Body Shape

Jika bagian pinggang, pinggul, bahu dan dada anda tampak ramping dan hampir sama ukurannya berarti anda memiliki bentuk tubuh persegi / square body shape.

Body Shape

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kalau anda masih ragu dengan bentuk tubuh anda sendiri coba gunakan metlin / pita ukur untuk mengukur bagian dada, pinggang dan pinggul. Saat melakukan pengukuran badan jangan lupa posisikan tubuh anda dalam kondisi berdiri tegak dan memakai pakaian yang pas di tubuh.

  • Untuk mengukur bagian dada tegakkan punggung anda kemudian lilitkan pita pengukur di area dada yang paling lebar.
  • Untuk mengukur bagian pinggang lingkarkan pita ukur pada area pinggang yang (biasanya tepat di bawah tulang rusuk). Dalam hal ini pastikan pita pengukurnnya menempel pas di kulit.
  • Untuk mengukur bagian pinggul lilitkan pita pengukur di area terlebar di pinggul. Biasanya letaknya tepat di bawah perut.

Setelah melakukan pengukuran cocokkan kembali hasilnya dengan karakteristik yang paling mendekati satu di antara kelima bentuk tubuh wanita yang sudah disebutkan di atas.

Cara lain perhatikan kira-kira bagian tubuh mana yang membesar jika berat badan anda naik. Pasalnya tiap bentuk tubuh wanita memiliki kecenderungan yang berbeda terhadap penambahan berat badan di area tertentu, misalnya paha atau perut.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengenali bentuk tubuh wanita dari ukuran dada, pinggang dan pinggul. Dengan menerapkan sejumlah tips di atas semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan gaya busana yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh ya.

Untuk menampilkan bagian tubuh terbaik yang anda miliki maupun menyamarkan bagian tubuh yang perlu ditutupi / dibuat lebih menarik lagi, simak juga panduan berbusana untuk masing-masing bentuk tubuh.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.