Article

Homepage Article Desain Fesyen 7 Langkah Mudah Memperbaharui…

7 Langkah Mudah Memperbaharui Warna Jeans Dengan Wantek

Celana jeans kesayangan anda warnanya mulai memudar karena sudah terlalu sering digunakan?. Coba saja perbarui warna celana jeans tersebut dengan teknik Do It Yourself menggunakan pewarna wantek. Nama wantex mungkin berbeda beda tiap daerah ada yang menyebutnya wenter.

Dye Celana Jeans

Sumber : http://www.sippycupmom.com/

Wantek merupakan zat pewarna bahan kain yang sangat sesuai jika digunakan untuk menguatkan kembali warna celana ataupun jenis pakaian lain yang terbuat dari bahan jeans. Zat pewarna ini biasa digunakan untuk mewarnai pakaian supaya tampilannya terkesan lebih menarik dan terlihat berbeda.

Dye Celana Jeans

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Proses pewarnaan celana jeans dengan wantek pada dasarnya terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Peralatan yang diperlukan untuk mewarnai celana jeans diantaranya berupa panci berukuran sedang, kompor, serta spatula atau alat pengaduk lain yang tahan panas.

Sementara untuk bahan-bahannya sendiri sahabat Fitinline cukup mempersiapkan celana jeans yang ingin anda warnai, wantek dengan warna tertentu (sesuaikan dengan kebutuhan), serta sarung tangan dari plastik atau karet untuk melindungi tangan anda dari wantek.

Langkah-Langkah Mewarnai Celana Jeans

1. Tuangkan 3 liter air bersih ke dalam panci yang telah dipersiapkan sebelumnya kemudian panaskan hingga mendidih.
2. Setelah airnya mendidih selanjutnya masukkan satu bungkus wantek ke dalam panci tersebut lalu aduk hingga warnanya benar-benar merata.

Dye Celana Jeans

Sumber : http://ckrasmussen.blogspot.co.id/

3. Masukkan celana jeans yang ingin anda beri warna ke dalam panci sambil diaduk-aduk menggunakan spatula selama kurang lebih 15-30 menit. 

Dye Celana Jeans

Sumber : http://ckrasmussen.blogspot.co.id/

4. Setelah warna wantek terserap dengan sempurna ke dalam serat celana jeans selanjutnya angkat celana jeans tersebut dari panci lalu diamkan sebentar hingga menjadi dingin.

Dye Celana Jeans

Sumber : http://ckrasmussen.blogspot.co.id/   

Dye Celana Jeans

Sumber : http://ckrasmussen.blogspot.co.id/

5. Cuci celana jeans dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada celana selama proses pencelupan berlangsung.

Dye Celana Jeans

Sumber : http://ckrasmussen.blogspot.co.id/

6. Jemur celana jeans ditempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung supaya warnanya tidak memudar kembali.

7. Setelah dirasa cukup kering, celana jeans dapat disetrika dan dipakai seperti biasa. 

Dye Celana Jeans

Sumber : http://karmadecay.com/

Cukup mudah bukan? Selamat mencobanya dirumah sahabat Fitinline.

Selain diaplikasikan pada celana jeans teknik pewarnaan dengan wantek diatas sebenarnya juga dapat diterapkan pada jenis pakaian lain seperti kaus, kemeja, maupun celana berbahan katun.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.