Article

Homepage Article Jahit Menjahit 5 Fakta Menarik Seputar…

5 Fakta Menarik Seputar Kancing Baju

Kancing atau buah baju merupakan sebuah alat kecil yang biasa digunakan untuk menyatukan dua helai kain yang saling bertumpukan satu sama lain. Di balik ukuran dan penampilannya yang sederhana kancing baju yang biasa difungsikan sebagai penutup belahan pakaian ternyata menyimpan berbagai fakta menarik.

Kancing Baju

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Sejarah Kancing

Kancing baju yang kita kenal hingga saat ini konon sudah mulai digunakan sebelum manusia mengenal tulisan. Hanya saja penggunaan kancing sebagai penutup pakaian baru populer sekitar tahun 1200-an ketika orang mulai gemar mengenakan jubah longgar.

Kancing Baju

Sumber : http://www.funkyjunkinteriors.net/

Jenis Kancing

Berdasarkan desain dan tujuan pamakaiannya jenis kancing yang biasa digunakan untuk menutup belahan pakaian pada prinsipnya dapat dikelompokkan kedalam beberapa varian. Mulai dari kancing lubang (kancing bermata), kancing jepret, kancing bungkus, kancing sengkelit, kancing cina, kancing berkaki, hingga kancing hak.

Kancing Baju

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Lubang Kancing   

Kancing memiliki pasangan yang biasa disebut dengan nama lubang kancing. Lubang kancing tersebut dapat dibuat dengan cara melubangi bahan kain kemudian bagian tepi dari lubang tersebut dijahit dengan menggunakan jarum tangan atau bantuan mesin jahit.

Kancing Baju

Sumber : http://www.madeeveryday.com/

Bentuk dan variasinya sendiri sangat beragam ada yang disebut dengan nama lubang kancing biasa, lubang kancing sengkelit, serta lubang kancing passepoille.

  • Kancing dan rumah kancing biasa dapat dipakai untuk menutup belahan pakaian yang terdiri atas dua lapis kain yang saling bertumpukan (bagian kiri dan kanan busana).
  • Lubang kancing atau rumah kancing sengkelit merupakan rumah kancing yang terbuat dari kain serong berbentuk pipa yang kemudian dijahit.
  • Lubang kancing passepoille sering disebut juga dengan nama lubang kancing paspoal atau lubang kancing bobok. Dalam bahasa Inggris lubang kancing ini dinamakan bound buttonholes.

Kancing Baju

Sumber : http://www.buttonsnthreads.com/

Ukuran Kancing

Ligne atau dibaca line merupakan satuan standar yang diakui secara internasional untuk menyatakan ukuran sebuah kancing. Khusus di Amerika Serikat pembuatan kancing ini tidak bisa sembarangan dilakukan. Hal ini dikarenakan standar ukuran kancing pada setiap jenis pakaian secara keseluruhan diatur oleh suatu lembaga yaitu National Button Society (NBS).

Kancing Baju

Sumber : http://prestigebuttons.com/

Fobia Terhadap Kancing

Percaya atau tidak ternyata kancing bisa menjadi sumber phobia bagi sebagian orang. Pernah mendengar koumpounophobia sebelumnya?. Phobia yang disebabkan karena ketakutan berlebih pada kancing baju ini sebenarnya bukanlah phobia yang langka. Diperkirakan fobia ini terdapat pada satu di antara 75 ribu orang di dunia. 

Kancing Baju

Sumber : http://lifeasmom.com/

Beberapa tokoh terkenal seperti almarhum Steve Jobs sang pendiri Apple bahkan diduga mengidap fobia kancing baju. Karena itulah Steve Jobs selalu mengenakan setelah kaos turtleneck di setiap kesempatan.

Kancing Baju

Sumber : http://www.newyorker.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.