Article

Homepage Article Desain Fesyen 3 Tips Merawat Pakaian Berpayet

3 Tips Merawat Pakaian Berpayet

Keberadaan aksen atau ornamen payet pada pakaian memang dipercaya mampu memberikan nilai keindahan tersendiri pada busana tertentu, baik itu berupa gaun, gamis, maupun kebaya. Berbeda dengan jenis pakaian yang dibuat dari bahan kain pada umumnya, pakaian berpayet sebenarnya tidak bisa diperlakukan seperti kain biasa. Hal ini dimaksudkan agar keindahan dan keutuhannya tetap terjaga dengan baik.

Lantas bagaimana cara merawat pakaian berpayet yang baik dan benar? Simak pembahasannya yuk...

Merawat Pakaian Berpayet

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Mencuci Pakaian Berpayet

Cara paling tepat yang dapat dilakukan untuk mencuci pakaian berpayet adalah dengan merendamnya dalam larutan air dengan deterjen berbehan lembut. Diamkan beberapa saat hingga kotoran terangkat dengan sendirinya. Jangan memeras atau mengucek pakaian terlalu kuat jika tidak ingin serat halus pakaian atau kain berpayet menjadi cepat rusak.

Merawat Pakaian Berpayet

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Sebisa mungkin hindari penggunaan mesin cuci untuk membersihkan noda yang menempel pada pakaian berpayet agar bentuk aslinya tetap terjaga dan aksen payetnya tetap melekat sempurna pada kain. Sebagai gantinya, gunakan jeruk nipis untuk mengusir noda sekaligus bau yang menempel pada pakaian berpayet kesayangan anda. 

Merawat Pakaian Berpayet

Sumber : http://www.pozitivne.info/

Cukup teteskan air jeruk nipis ke bagian kain yang terpapar noda kemudian gosok secara perlahan-lahan sambil ditekan-tekan lembut hingga nodanya terangkat. Cara ini cukup efektif untuk meminimalisir pencucian seluruh pakaian bila noda tersebut tidak terlalu luas.

Merawat Pakaian Berpayet

Sumber : http://rifa.co.id/

Menjemur Pakaian Berpayet

Setelah proses pencucian selesai, usahakan untuk menjemur pakaian kesayangan anda di tempat yang datar dan sejuk. Hindari menggantung pakaian berpayet yang masih sangat basah untuk mempertahankan bentuknya agar tidak berubah. Sebab payet yang menempel pada pakaian tersebut cenderung membuat kain menjadi lebih berat.

Merawat Pakaian Berpayet

Sumber : http://www.payetgaunpesta.com/

Supaya warna payet tetap indah dan terawat, sebaiknya jangan menjemur pakaian berpayet kesayangan anda secara langsung di bawah terik matahari. Cukup diangin-anginkan saja di dalam ruangan yang sejuk atau serap airnya menggunakan handuk. Mengingat payet tersebut dikenal sebagai salah satu jenis aksesoris pakaian yang cukup sensitif.

Merawat Pakaian Berpayet

Sumber : http://www.kodjodesign.com/

Menyimpan Pakaian Berpayet

Setelah dirasa cukup kering sahabat Fitinline bisa langsung menyimpan pakaian berpayet kesayangan anda di tempat yang bersih dan terhindar dari debu. Jika ingin menyetrika pakaian berpayet, sebaiknya setrika melalui bagian dalam dari pakaian. Tujuan utamanya agar payet yang mayoritas dibuat dari bahan plastik tidak mudah rusak dan meleleh.

Merawat Pakaian Berpayet

Sumber : http://www.braunhousehold.com/

Khusus untuk pakaian berpayet yang sudah lama tersimpan dalam almari karena jarang digunakan, akan lebih baik jika anda mengangin-anginkan secara berkala selama beberapa waktu supaya terhindar dari ngengat dan juga bau.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.