Article

Homepage Article Kain 7 Keunggulan Bantal Sofa…

7 Keunggulan Bantal Sofa Yang Dibuat Dari Kain Canvas

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat sarung bantal sofa maupun sarung bantal hias?. Bila anda ingin mendapatkan bantal sofa yang berserat kuat dan tidak mudah sobek namun dari segi tampilan tetap terlihat menarik maka anda bisa memanfaatkan yang namanya bahan kain canvas sebagai alternatifnya.

Bantal sofa menjadi salah satu pelengkap kursi sofa yang sebaiknya tidak dilupakan. Selain difungsikan sebagai penghias ruangan, bantal sofa sendiri pada prinsipnya juga memiliki kegunaan lain sebagai sandaran punggung. Karena itulah bahan sarung bantal yang dipakai hendaknya dipilih yangkualitasnya benar-benar bagus.

Pengertian Bantal Sofa

Bantal sofa yang dikenal pula dengan istilah cushion merupakan sebuah bantal yang didesain khusus melengkapi kehadiran sofa. Untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik, bantal sofa ini kebanyakan dibuat dalam ukuran yang tidak terlalu besar dan lebih banyak bermain pada aksen atau motif sarung bantal.

Bantal Sofa

Sumber : https://www.westelm.com.au/

Sebagai pelengkap sofa, cushion sendiri umumnya juga mempunyai variasi bentuk yang sangat beragam. Beberapa diantaranya ada yang dibuat dalam bentuk bujur sangkar, persegi panjang, lingkaran, sampai bentuk bintang yang memberikan nuansa berbeda pada desain interior ruangan secara keseluruhan.

Bantal Sofa

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Tidak hanya bentuknya saja yang beragam tapi bahan kain yang digunakan sebagai covernya pun juga cukup bervariasi. Salah satunya yakni berupa bahan kain canvas yang menawarkan banyak sekali kelebihan.

  • Kain canvas memiliki tekstur yang kaku namun bersifat sangat kuat.
  • Kain canvas tergolong kain yang tidak mudah kusut.
  • Kain canvas sangat tahan dalam segala kondisi.
  • Kain canvas hampir menyamai bahan denim dalam hal kekuatan.

Fungsi Bantal Sofa

Sama halnya dengan perabot rumah tangga yang lain, secara manfaat bantal sofa sesungguhnya juga memiliki sejumlah fungsi tersembunyi walaupun jarang digunakan alias hanya sebagai pajangan. Beberapa fungsi utama dari bantal sofa yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Pada sofa yang memiliki tempat duduk dan sandaran empuk, penempatan bantal sofa tentunya lebih mengarah sebagai aksesori dan mempercantik konsep dekorasi.
  • Cushion atau bantal sofa bisa digunakan sebagai penyangga punggung tambahan atau bisa juga dijadikan sebagai alas kepala saat ingin rebahan di atas sofa.
  • Cushion yang bermotif unik juga menjadi elemen desain interior yang memberikan rasa nyaman saat bersantai di atas sofa.
  • Bantal sofa juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai hadiah istimewa untuk teman, saudara ataupun pasangan.

Bantal Sofa

Sumber : https://www.westelm.co.uk/

Keunggulan Bantal Sofa Canvas

Dibandingkan dengan bantal sofa yang dibuat dari bahan lainnya, bantal sofa yang diciptakan dari material canvas umumnya menawarkan banyak sekali kelebihan. Beberapa kelebihan dari bantal sofa berbahan canvas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memakainya untuk pelengkap sofa diantaranya:

1. Bahannya Sangat Kuat

Bantal sofa berbahan canvas umumnya memiliki karakteristik yang kokoh, kuat dan tidak mudah rusak. Dengan bahan yang tidak muda rusak, anda bahkan bisa menggunakan bantal sofa ini hingga bertahun-tahun lamanya.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, kain canvas yang sering dipakai untuk bantal sofa sendiri umumnya hadir dalam berbagai macam variasi bahan yang sangat beragam, ada yang dibuat dari serat poliester dan ada yang berbahan dasar katun.

  • Kain Canvas PE

Kain canvas PE adalah sejenis bahan kain yang terbuat dari serat poliester. Khusus untuk pembuatan bantal sofa kain canvas PE yang bisa digunakan yakni berupa:

Canvas Infinity merupakan jenis kain canvas yang digunakan untuk keperluan upholstery seperti sofa dan sarung bantal atau keperluan lainnya seperti tas canvas dan sepatu canvas. 

Kain Canvas

Sumber : https://fitinline.com/

Kain canvas waterproof merupakan jenis kain canvas dengan kualitas tinggi yang mempunyai lapisan anti air. Kain canvas ini umumnya banyak digunakan untuk membuat sepatu canvas, tas canvas, cover sofa hingga bantal sofa.

Kain Canvas

Sumber : https://fitinline.com/

Kain canvas motif adalah jenis canvas yang bahannya yang cukup tebal dan kuat. Selain digunakan untuk membuat tas, pouch dan sepatu, kain ini juga bisa dijadikan sebagai pelengkap upholstery untuk sarung bantal sofa.

Kain Canvas

Sumber : https://fitinline.com/

Kain canvas SR-10 adalah jenis canvas yang mempunyai sifat anti air, tahan noda dan kuat (tahan sobek). Canvas jenis ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada sofa outdoor dan juga bantal sofa.

Kain Canvas

Sumber : https://fitinline.com/

Kain canvas PE secara umum memiliki tekstur yang tebal, kuat, kaku dan tersedia dalam banyak pilihan warna. Kain ini juga sangat cocok untuk printing sublim, digital, rotary, sablon dan sebagainya.

  • Kain Canvas Katun

Kain canvas katun merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari serat katun. Khusus untuk pembuatan bantal sofa kain canvas katun yang bisa digunakan yakni berupa:

Kain canvas marsoto merupakan jenis kain canvas yang terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek. Ciri khas paling menonjol dari kain canvas masroto yakni terdapat bintik-bintik pada permukaannya menyerupai tekstur kain cordura.

  • Kain canvas marsoto termasuk ke dalam jenis kain canvas yang cukup tebal dengan tekstur salur.
  • Kain canvas marsoto terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek.

Kain Canvas

Sumber : https://fitinline.com/

Kain canvas terpal termasuk ke dalam golongan kain canvas yang tebal, kuat, tidak mudah robek dan tahan terhadap suhu yang tinggi. Walapun bernama terpal, kain canvas ini bukan digunakan untuk membuat tenda terpal.

Kain Canvas

Sumber : https://fitinline.com/

2. Tidak Mudah Tergores

Bantal sofa yang dibuat dari kain canvas tidak mudah tergores oleh benda tajam, kalaupun terkena goresan bekasnya juga tidak akan terlalu tampak. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik bantal sofa berbahan canvas sangat cocok untuk rumah yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan.

3. Awet dan Tidak Mudah Kusut

Bantal sofa yang dibuat dari kain canvas memiliki kecenderungan bahan yang awet dan tidak  tidak mudah kusut asal dirawat dengan cara yang baik dan benar. Dengan begitu tampilannya akan senantiasa rapi dan terlihat seperti baru walau sudah digunakan dalam jangka waktu lama dan dicuci berulang kali.

Bantal Sofa

Sumber : https://id.aliexpress.com/

4. Pilihan Warnanya Banyak

Bantal sofa hadir dalam berbagai pilihan warna dan motif yang menarik sehingga memberikan anda pilihan yang hampir tak terbatas untuk menyelaraskannya dengan interior ruangan.

  • Bantal sofa umumnya memiliki banyak variasi warna, mulai dari warna warna  netral, warna gelap, warna terang dan masih banyak lagi.
  • Dengan banyaknya pilihan warna yang ditawarkan, bantal sofa bisa dengan mudah dipilih dan dipadupadankan dengan dekorasi ruangan yang lainnya.
  • Bantal sofa dengan pola yang mencolok di tengah dan di sudut sofa akan menyeimbangkan warna sofa yang polos.
  • Bantal dengan warna yang cerah bisa dimanfaatkan sebagai focal point untuk mempercantik tampila sofa secara keseluruhan.

Bantal Sofa

Sumber : https://www.westelm.com.au/

5. Bentuknya Sangat Bervariasi

Bantal sofa yang dibuat dari kain canvas dapat dijumpai dalam berbagai macam bentuk yang beragam. Jika awalnya hanya ada bantal sofa yang berbentuk bujur sangkar kini ada juga bantal sofa yang dibuat persegi panjang, lingkaran, sampai bentuk bintang. Beda bentuk bantal beda pula nuansa yang dihadirkan.

Bantal Sofa

Sumber : https://www.westelm.com.au/

6. Harganya Relatif Terjangkau

Dari segi harga bisa dikatakan bantal sofa yang dibuat dari kain canvas umumnya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Sekalipun dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun hal tersebut tidak menjadikan kualitas bantal sofa lebih buruk.
  • Dengan harganya yang terbilang murah, bantal sofa berbahan canvas mampu bertahan hingga bertahun-tahun asal dirawat dengan cara yang tepat.

7. Perawatannya Cukup Mudah

Bahan canvas yang dipakai untuk membuat bantal sofa umumnya cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk merawat dan menjaga bantal sofa rumah agar tetap bersih diantaranya:

  • Cucilah bantal sofa secara rutin minimal sebulan sekali. Hal yang sama berlaku juga untuk bantal sofa yang maih memakai sarung bantal.
  • Selesai dicuci anda wajib mengeringkannya secara maksimal agar bantal tersebut tidak lembab, berbau apek bahkan berjamur.
  • Untuk mengeringkan bantal sofa secara alami anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari yang cukup terik antara pukul 10 pagi sampai pukul satu siang.
  • Bersihkan bantal sofa minimal seminggu sekali dengan menggunakan vacuum cleaner. Sebagai alternatif lain anda juga bisa memukul-mukul bantal menggunakan sapu lidi atau pemukul kasur untuk membersihkan debu yang menempel pada bantal.

Tips Memilih Bantal Sofa

Berencana untuk membeli bantal sofa berbahan canvas tapi masih bingung harus memilih ukuran bantal, warna bantal dan motif bantal sofa yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan mendapatkan bantal sofa yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda simak dulu yuk pembahasan berikut.

1. Ukuran Bantal Sofa

Dalam memilih bantal sofa hal pertama yang harus anda perhatikan adalah sesuaikan ukurannya dengan besarnya sofa yang anda miliki di rumah.

  • Jika sofa yang ada di rumah anda berukuran besar, maka ukuran bantal sofa yang pas adalah 60 cm x 60 cm.
  • Sedangkan untuk sofa yang berukuran kecil, bantal sofa dengan ukuran 40 cm x 40 cm menjadi pilihan yang tepat.
  • Anda bisa juga menggunakan dua ukuran bantal yang berbeda untuk satu sofa asal penataannya juga diatur sedemikian rupa supaya tampilannya tetap menarik.

Bantal Sofa

Sumber : https://id.aliexpress.com/

2. Warna Bantal Sofa

Selain ukuran bantalnya harus seimbang, pemilihan warna bantal sofa juga menjadi hal yang paling krusial yang harus diperhatikan.

  • Dengan memilih warna bantal sofa yang tepat maka akan tercipta  keharmonisan warna yang seimbang.
  • Jika warna furnitur yang ada pada ruangan rumah anda sudah terlalu ramai, sebaiknya pilih saja bantal sofa yang warnanya lebih kalem.
  • Jika sofa anda berwarna netral seperti hitam atau abu-abu, gunakan bantal sofa berwarna cerah seperti kuning atau merah.
  • Untuk sofa yang bermotif, pilihlah bantal sofa polos yang warnanya diambil dari salah satu warna yang ada pada motif sofa.
  • Tapi kalau anda lebih menyukai suasana yang ceria maka anda bisa pilih bantal sofa dengan warna-warna yang cerah.

Bantal Sofa

Sumber : https://www.ebay.com/

3. Motif Bantal Sofa

Untuk urusan motif, pilihlah motif bantal sofa yang bisa mendukung tampilan interior rumah anda. Dalam hal ini anda dapat menggunakan banyak elemen seperti wallpaper kursi, gorden atau karpet sebagai acuannya. Jangan sampai salah memilih motif bantal karena dapat merusak suasana hunian secara keseluruhan.

  • Untuk mempercantik sofa pada sebuah ruangan yang sudah banyak memiliki motif, sebaiknya pilih bantal yang polos atau tanpa motif.
  • Sebaliknya untuk ruangan yang cenderung polos, anda dapat menambahkan bantal bermotif sebagai elemen yang mampu mencuri perhatian.

Bantal Sofa

Sumber : https://id.aliexpress.com/

4. Jumlah Bantal Sofa

Meletakkan sejumlah bantal yang terlalu banyak pada sofa hanya akan membuat ruangan terlihat penuh dan tentunya akan mengurangi tingkat kenyamanan yang dirasakan. Jadi sebisa mungkin letakkan bantal sofa secukupnya dan jangan berlebihan. Penataan bantal sofa ini juga harus dilakukan dengan benar.

4. Jahitan Bantal Sofa

Telitilah kualitas jahitan antar bagian pada bantalsofa. Pastikan bantal sofa yang hendak anda beli memiliki jahitan bagus dan rapi sehingga akan tahan lama meskipun dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Jahitan bantal sofa yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang maupun pelengkap lainnya.

Cara Menata Bantal Sofa

Sudah menemukan bantal sofa yang sesuai dengan kebutuhan anda?. Untuk memaksimalkan fungsinya sebagai sandaran sekaligus dekorasi ruangan terdapat beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dalam menata sofa, agar tampilannya terlihat lebih enak dipandang mata dan jauh dari kesan berantakan.

Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk menata bantal sofa yaitu dari belakang yang paling besar, susun bantal sofa yang lain secara berjajar ke ukuran sedang hingga yang paling kecil.

  • Letakkan bantal sofa yang berukuran paling besar pada sandara sofa. Dalam hal ini anda bebas menentukan warna dan motif kain pelapisnya.
  • Berikutnya letakkan bantal sofa yang berukuran sedang di depan bantal kursi berukuran besar.
  • Beri jarak di tiap sisi-sisinya, sehingga posisi bantal lebih ke tengah dan tidak menutup seluruhnya bantal yang ada di belakangnya.

Satu hal yang tidak boleh anda lupakan dalam menata bantal sofa adalah anda harus tetap memperhatikan kesesuaian motif dan warna semua bantal kursi dari yang besar, sedang, hingga yang kecil.
Selain itu warna bantal sofa yang dipakai juga harus selaras dengan bahan pelapis sofa dan warna interior ruangan secara keseluruhan.

Bantal Sofa

Sumber : https://www.potterybarn.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan bantal sofa yang dibuat dari bahan canvas lengkap dengan cara memilihnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa selain menarik dari segi tampilan, bantal sofa berbahan canvas ternyata juga unggul dari segi kekuatan bahannya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain canvas atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.