Article

Homepage Article Kain 5 Model Jaket Terbaik Yang…

5 Model Jaket Terbaik Yang Dibuat Dari Kain Parasut

Kain parasut dikenal sebagai salah satu jenis kain yang memiliki banyak kegunaan salah satunya yaitu untuk membuat jaket. Tidak hanya berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin namun jaket parasut pada prinsipnya juga bisa dimanfaatkan untuk pelengkap gaya penampilan pilihan modelnya juga bervariasi.

Kalau berbicara mengenai modelnya jaket parasut pria dan jaket parasut wanita sebenarnya tidak memiliki model spesifik tertentu karena bisa dibuat dalam bentuk jaket bomber, jaket puffer, jaket varsity, jaket parka bahkan jaket harrington. Tiap-tiap model jaket tersebut semuanya punya ciri khas yang berbeda satu sama lain.

1. Jaket Bomber

Jaket bomber yang dikenal juga dengan nama lain “flight jaket” sebenarnya merupakan sebuah jaket penerbangan yang awalnya dibuat untuk tentara militer dan hanya dikenakan khusus oleh pilot pesawat pengebom pada era perang dunia ketika berada di dalam pesawat yang tidak dilengkapi kokpit tertutup.

Beberapa karakteristik paling khas dari jaket bomber yang membedakannya dengan model jaket pria dan jaket wanita yang lain diantaranya:

  • Jaket bomber memiliki ciri khas berupa desain yang menggembung atau bulky.
  • Jaket bomber dilengkapi dengan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket bomber juga memiliki saku di bagian depan sisi kanan dan kiri jaket. Saku pada jaket bomber umumnya dengan posisi diagonal atau menyerong.
  • Terdapat pula saku kecil dengan resleting pada lengan bagian kiri.
  • Jaket bomber umumnya dilengkapi dengan bur pada bagian ujung lengan dan bagian leher, jadi angin yang masuk ke dalam jaket bisa diminimalisir semaksimal mungkin. Bur yang terdapat pada bagian leher jaket ini sekaligus berfungsi sebagai kerah.
  • Jaket bomber memiliki tampilan yang sangat casual. Selain tampilannya yang sangat casual jaket ini juga nyaman dan serbaguna jadi dapat digunakan dalam berbagai macam kesempatan.

Bila di masa lalu jaket bomber hanya dipakai oleh pilot pesawat tempur, kini jaket bomber yang memiliki ciri khas berbentuk bulky alias gemuk, dengan resleting dan kantung di kedua sisinya juga banyak dipakai sebagai jaket yang stylish baik untuk wanita maupun pria dari berbagai kalangan usia.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain parasut yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket parka. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa Kain Parasut Milky, Kain Parasut Coating Bening dan Kain Parasut Diamond (WP).

Tertarik untuk membuat jaket bomber sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Bomber dari kami Di Sini.

Jaket Parasut

Sumber : https://m.bukalapak.com/

2. Jaket Puffer

Jaket puffer termasuk ke dalam jenis jaket pria dan jaket wanita yang memiliki karakteristik lembut dan empuk karena terisi dakron. Dengan bentuknya yang mengembang jaket ini sangat cocok dipakai untuk menahan udara dingin serta menjaga tubuh agar tetap hangat ditengah cuaca ekstrim yang melanda.

Beberapa karakteristik paling khas dari jaket puffer yang membedakannya dengan model jaket pria dan jaket wanita yang lain diantaranya:

  • Jaket puffer memiliki ciri khas berupa lapisan empuk yang bergelombang pada tiap jahitan jadi tampilannya terkesan lebih bervolume.
  • Jaket puffer juga dikenal sebagai padded jacket. Tapi karena modelnya yang puffy atau menggembung, jadi jaket ini juga disebut sebagai jaket puffer.
  • Jaket puffer kebanyakan juga memiliki karet ataupun bur pada bagian lengan, jadi sudah pasti aman dan nyaman digunakan di cuaca yang ekstrem.
  • Jaket puffer hampir sebagian besar dilengkapi dengan dua buah saku yang terdapat pada sisi depan. Selain diigunakan untuk menyimpan barang-barang seperti dompet dan handphone, saku ini juga berfungsi sebagai pengganti sarung tangan.
  • Pada keseluruhan jaket puffer hampir sebagian besar pembuka dan penutupnya dilengkapi ritsleting, dengan demikian jaket ini jadi lebih mudah untuk dipakai dan dilepas setiap waktu.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain parasut yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket puffer. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa Kain Parasut Metalik (MG), Kain Parasut Coating Bening dan Kain Parasut Diamond (WP).

Tertarik untuk membuat jaket parasut pria dan jaket parasut wanita dengan model puffer tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Untuk memudahkan anda dalam membuat jaket puffer anda bisa mendownload Pola Jaket Puffer dari kami.

Jaket Parasut

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Jaket Varsity

Jaket varsity merupakan salah satu jenis model jaket yang pada awalnya sering dipakai para pelajar di Amerika, namun seiring perkembangan zaman dimodifikasi untuk kebutuhan fesyen. Dilihat dari desain dasarnya jaket varsity biasanya memakai kancing dan memiliki dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan.

Beberapa karakteristik paling khas dari jaket varsity yang membedakannya dengan model jaket pria dan jaket wanita yang lain diantaranya:

  • Jaket varsity memiliki kancing (resleting untuk opsi) di bagian depan mulai dari ujung bawah sampai ujung leher jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket varsity biasanya dibuat dengan dua warna yang berbeda untuk bagian lengan serta badan jadi tampilan yang dihasilkan terkesan lebih fashionable.
  • Jaket varsity kebanyakan memiliki inisial huruf atau desain tertentu di dada sebelah kiri dari patch kain atau bordir. Detail yang paling khas merupakan huruf “H” yang dibordir di dada kiri jacket sehingga membuatnya semakin keren.
  • Jaket varsity umumnya dilengkapi dengan bur yang berwarna sama pada bagian leher, ujung lengan dan bagian bawahnya. Bur yang terdapat pada bagian leher jaket ini sekaligus berfungsi sebagai kerah.
  • Jaket varsity memiliki dua buah saku miring tanpa penutup di kedua sisi perut. Saku pada jaket ini dapat difungsikan untuk menyimpan berbagai macam barang seperti halnya kunci, handphone dan juga dompet.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain parasut yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket varsity. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa Kain Parasut Milky, Kain Parasut Metalik (MG), Kain Parasut Coating Bening dan Kain Parasut Diamond (WP).

Ingin membuat jaket varsity dengan pola ukuran standar ala konveksi tapi bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau tahu cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Jaket Varsity dari kami.

Jaket Parasut

Sumber : https://id.carousell.com/

4. Jaket Parka

Jaket parka merupakan sejenis jaket penghangat tubuh yang memiliki desain cukup unik karena biasa dibuat dalam ukuran yang cukup panjang hingga sebatas lutut. Pada beberapa jenis jaket parka ada pula yang dihiasi dengan tudung bulu berlapis, manset di bagian lengan serta drawstrings di bagian pinggang.

Beberapa karakteristik paling khas dari jaket parka yang membedakannya dengan model jaket pria dan jaket wanita yang lain diantaranya:

  • Jaket parka rata-rata dibuat dalam ukuran yang lebih panjang dibandingkan model jaket pria dan model jaket wanita lainnya. Bahkan panjang jaket parka bisa mencapai bagian lutut.
  • Jaket parka biasanya menggunakan resleting pada bagian bukaan depan jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket parka kadang-kadang juga dilengkapi dengan drawstrings di bagian pinggang dan juga manset.
  • Jaket parka memiliki saku di bagian badan depan, jadi sangat memudahkan penggunanya ketika membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan juga dompet.
  • Jaket parka memiliki hoodie jadi bisa dipakai untuk melindungi bagian kepala dari panas matahari dan hujan ringan.
  • Jaket parka sangat cocok dikenakan ketika cuaca sedang dingin atau hujan. Desainnya yang hangat dan stylish akan memberikan kesan keren dan stylish saat dipakai untuk beraktifitas.

Jauh sebelum digunakan secara luas oleh masyarakat, jaket parka ini konon mulanya diciptakan dan dipakai orang Eskimo untuk melindungi diri dari suhu ekstrem yang super dingin dan angin kencang. Selanjutnya pada awal tahun 1950 jaket parka mulai digunakan untuk kebutuhan militer, terutama untuk awak penerbangan.

Dari yang semula hanya dipakai untuk keperluan militer, jaket parka kemudian juga banyak digunakan oleh anak sekolah di Inggris. Meski popularitasnya sempat meredup, tapi pada sekitar tahun 2004 jaket ini justru mulai dikenal sebagai jaket yang fashionable karena dapat memberikan nilai lebih pada tampilan pemakainya.

  • Untuk mendapatkan kesan feminin anda bisa memadupadankan jaket parka dengan dress yang berwarna cerah ditambah dengan pemakaian high heels.
  • Bagi anda yang ingin menampilkan kesan boyish, anda bisa memadukan jaket parka dengan leather pants dan kaos polos kemudian ditambahkan dengan pemakaian syal.
  • Kalau anda lebih suka bergaya klasik dan lebih kalem anda bisa menggunakan jaket parka dan kaos dengan warna senada, lalu tambahkan jeans sebagai bawahannya.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain parasut yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket parka. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa Kain Parasut Milky, Kain Parasut Loreng Biway, Kain Parasut Coating Bening dan Kain Parasut Diamond (WP).

Tertarik untuk membuat jaket parka sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Jaket Parka dan Pola Jaket Parka Parasut dari kami.

Jaket Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Jaket Harrington

Jaket harrington merupakan jaket ringan dengan ukuran sebatas pinggang yang biasanya juga dihiasi dengan pola tartan berbentuk kotak-kotak yang tercipta dari garis vertikal dan horizontal dalam berbagai warna pada bagian dalam jaketnya.

Beberapa karakteristik paling khas dari jaket harrington yang membedakannya dengan model jaket pria dan jaket wanita yang lain diantaranya:

  • Jaket harrington termasuk ke dalam jenis jaket yang cukup ringan dengan ukuran sebatas pinggang.
  • Jaket harrington umumnya dibuat dari bahan kain yang berwarna polos untuk bagian luar sementara furingnya memakai kain bermotif tartan sehingga cukup mencolok saat dilihat bagian dalamnya.
  • Jaket harrington dilengkapi dengan bur pada bagian lengan dan ujung jaket sehingga saat dikenakan tampak memiliki ukuran yang ketat dibagian sekitar pinggang dengan manset dan bawah hem yang melebar elastis.
  • Jaket harrington dapat dipakai untuk menghangatkan tubuh saat malam hari. Selain itu jaket ini sebenarnya juga dapat dipakai untuk siang hari asal bukan untuk aktifitas di lapangan.  
  • Jaket harrington biasanya tidak memiliki hoodie, sebagai gantinya jaket ini memiliki kerah yang berfungsi untuk menghangatkan bagian leher.
  • Jaket harrington kebanyakan memiliki resleting di depan dari ujung bawah sampai ujung leher jadi sangat mudah untuk dipakai dan dilepaskan.
  • Jaket harrington juga memiliki saku dengan kancing di kedua sisi penutupnya jadi sangat aman untuk digunakan membawa benda-benda kecil seperti handphone, kunci dan dompet.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain parasut yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan jaket bomber. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa Kain Parasut Milky, Kain Parasut Metalik (MG), Kain Parasut Coating Bening dan Kain Parasut Diamond (WP).

Jaket Parasut

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan karakteristik bahannya yang ringan, kuat, tidak mudah kusut, tidak mudah sobek dan juga cepat kering, kain parasut memang sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jaket bomber, jaket puffer, jaket varsity, jaket parka bahkan jaket harrington.

Dibandingkan dengan jaket yang dibuat dari bahan lain, jaket parasut pria dan jaket parasut wanita sendiri umumnya juga memiliki banyak sekali keunggulan.

  • Jaket berbahan kain parasut bisa dijadikan sebagai jaket terbaik yang diandalkan untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.
  • Jaket pria dan jaket wanita berbahan kain parasut juga dikenal tahan angin. Hal inilah yang membuat jaket parasut menjadi sangat unggul dari segi bahannya.
  • Selain tahan angin, jaket parasut pria dan jaket parasut wanita yang dilengkapi dengan fitur waterproof juga sanggup melindungi pemakainya dari hujan yang mendadak turun.
  • Jaket parasut sangat mudah dibersihkan. Bila ada noda yang menempel anda tinggal membersihkan bagian tersebut dengan air mengalir kemudian tambahkan sabun. Setelahnya jaket parasut akan langsung bersih kembali.
  • Permukaan badan jaket parasut yang licin memungkinkan anda untuk bebas beraktivitas dalam berbagai kesempatan.
  • Bahan jaket parasut yang sejuk sekaligus hangat membuat pemakai serasa terlindungi dari udara dingin yang menusuk tanpa membuat air di luar merembes masuk ke dalam permukaan jaket.
  • Kain parasut identik dengan bahan yang mudah dibentuk sekaligus tidak mudah kusut, jadi jaket parasut pria dan jaket parasut wanita yang dibuat dari bahan ini akan senantiasa tampak rapi meskipun digunakan seharian penuh.
  • Dari segi harga jaket parasut biasanya juga tergolong murah bila dibandingkan dengan jaket yang dibuat dari bahan lain.  
  • Jaket parasut termasuk ke dalam jenis jaket yang ringan sehingga tidak mengganggu aktifitas pemakainya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan jaket atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.