Article

Homepage Article Fashion Design 10 Cara Menghias Sepatu…

10 Cara Menghias Sepatu Kanvas Polos Agar Tampilannya Makin Menarik

Bosan memakai sepatu kanvas polos yang tampilannya cenderung monoton atau ingin memakai kembali sepatu kanvas yang sudah anda lupakan hingga warnanya mulai memudar?. Untuk mengubah tampilannya agar tampak baru dan lebih kekinian coba yuk tips menghias sepatu kanvas berikut ini.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sepatu Kanvas

Sepatu kanvas dapat dikategorikan ke dalam jenis sepatu yang mempunyai sifat fleksibel dan tahan lama, sehingga nyaman digunakan untuk menemani aktifitas sehari-hari. Selain nyaman sepatu kanvas ini umumnya juga memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak mudah bau meski digunakan dalam waktu lama.

Cara Menghias Sepatu Kanvas

Ingin memakai kembali sepatu sepatu kanvas polos yang anda miliki tapi modelnya sudah tampak tua atau warnanya mulai pudar?. Untuk mengubahnya agar terlihat lebih menarik, coba yuk lakukan sedikit perubahan dengan cara-cara sederhana berikut ini.

1. Melukis Dengan Cat Akrilik

Melukis sepatu kanvas dengan cat akrilik menjadi alternatif pilihan pertama yang bisa anda coba untuk menghias sepatu kanvas. Dalam hal ini anda hanya perlu membuat rencana desain atau sketsa gambar yang akan dilukis kemudian mengaplikasikan cat akrilik pada sepatu yang ingin anda hias.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://za.pinterest.com/

Untuk menghias sepatu kanvas sendiri, cat akrilik tidak hanya dapat digunakan untuk menggambar ornamen atau motif tetapi juga mewarnai seluruh bagian sepatu dengan warna dasar tertentu sesuai keinginan anda. Selain cepat mengering cat ini juga dikenal tahan air alias tidak mudah luntur.

2. Gunakan Spidol Permanen

Selain menggunakan cat akrilik anda juga bisa melukis sepatu kanvas polos dengan spidol permanen yang lebih praktis dari segi pemakaiannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya gunakan spidol berujung lancip agar proses menggambar atau mewarnai sepatu jadi lebih mudah.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://www.pricepulse.app/

3. Kombinasi Cat Akrilik dan Spidol

Bagi anda yang suka bereksperiman, anda juga bisa mengkombinasikan cat akrilik dan spidol permanen untuk mewarnai bagian-bagian kecil yang sulit dijangkau oleh kuas. Dengan cara ini maka lukisan yang anda buat pada sepatu kanvas akan terlihat lebih rapi.

4. Tambahkan Glitter Yang Berkilau

Untuk memberikan sentuhan yang lebih berkilau dan mewah pada sepatu kanvas gunakan glitter. Caranya oleskan lem yang berwarna transpran pada permukaan sepatu kemudian taburkan beragam warna glitter sesuai selera diatasnya.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://id.aliexpress.com/

5. Tempelkan Bahan Lace

Bagi anda yang menyukai bahan lace tidak ada salahnya jika anda mengaplikasikan bahan tersebut pada sepatu kanvas polos. Tanpa perlu keahlian khusus tempelkan saja bahan lace ke bagian sepatu dengan menggunakan lem lalu gunting sesuai keinginan anda.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://www.mothercare.co.id/

6. Tambahkan Embroidery Patch

Cara menghias sepatu kanvas lainnya yang bisa anda coba yaitu tambahkan embroidery patch yang sesuai dengan keinginan anda. Untuk menempel embroidery patch ke permukaan sepatu kanvas sendiri ada dua cara yang dapat anda lakukan.

  • Pertama gunakan alat bantu berupa lem tembak untuk melekatkan embroidery patch.
  • Kedua jahit embroidery patch secara manual menggunakan benang dan jarum jahit.

Jika anda ingin embroidery patch bertahan lama menghiasi sepatu sebaiknya gunakan cara kedua.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://www.molmat.es/

7. Tambahkan Detail Studded

Studded atau hiasan seperti paku yang dipasang di sneakers juga bisa menambah unik sepatu lama anda. Untuk mengaplikasikannya, anda bisa menempelkannya secara asal atau juga bisa membuat bentuk-bentuk tertentu seperti garis, bintang dan sebagainya.

  • Pertama-tama siapkan studded, sepatu kanvas polos dan lem perekat.
  • Oleskan lem pada permukaan sepatu kanvas polos yang ingin anda hias dengan studded.
  • Terakhir tinggal tempelkan saja studded pada permukaan sepatu kanvas yang sudah diolesi dengan lem.

Sepatu Kanvas

Sumber : http://www.globalinterpark.com/

8. Terapkan Teknik Marbling

Untuk menghias sepatu kanvas polos terapkan pula yang namanya teknik marbling, sejenis teknik menghias kain yang prinsip dasar pembentukan motifnya dilakukan dengan memainkan bahan pewarna yang mengambang di atas permukaan air.

Dalam hal ini anda hanya perlu meneteskan cat di atas permukaan air lalu bentuk sesuai motif yang diinginkan. Celupkan sepatu kanvas secara perlahan sampai cat terserap kain dan motif yang sudah terbentuk berpindah pada sepatu lalu angkat.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang penerapan teknik marbling pada sepatu kanvas, simak kembali pembahasan mengenai DIY : 8 Langkah Mudah Menghias Sepatu Kanvas Dengan Teknik Marbling.

9. Terapkan Teknik Ombre

Tips selanjutnya terapkan teknik ombre yang menampilkan gradasi dari warna gelap ke warna yang lebih terang atau sebaliknya.

  • Untuk membuat efek ombre ini siapkan petroleum jelly dan pewarna pakaian yang sesuai dengan selera anda.
  • Campurkan pewarna dengan air hangat, lalu oleskan petroleum ke bagian pinggir sepatu.
  • Celupkan bagian depan sepatu, gantung dan diamkan selama tiga hari agar warna menyebar menyeluruh.
  • Bila sudah kering, bilas dan bersihkan sisa-sisa pelembab yang melekat di sepatu menggunakan sikat gigi bekas.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://id.aliexpress.com/

10. Tambahakan Sulaman Sederhana

Cara menghias sepatu kanvas polos selanjutnya yang bisa anda coba yaitu dengan menambahkan sulaman sederhana di beberapa bagian. Untuk menghias sepatu kanvas dengan teknik sulaman sendiri tidak banyak peralatan yang harus anda siapkan. Cukup gunakan benang sulam serta jarum sulam.

Sepatu Kanvas

Sumber : https://ro.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa anda coba untuk menghias sepatu kanvas polos dan menjadikan tampilannya makin fashionable. Tak hanya bagus dipakai untuk kesempatan casual, sepatu kanvas sendiri umumnya juga bisa dipakai untuk pelengkap gaya formal.

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat sepatu kanvas?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat koleksi Kain Kanvas PE Doubling 12 oz, Kain Kanvas Infinity, Kain Kanvas Waterproof, Kain Kanvas SR-10 dan Kain Kanvas Terpal yang kami miliki.

Simak juga pembahasan mengenai 10 Alasan Mengapa Anda Wajib Memiliki Sepatu Berbahan Canvas kalau sahabat Fitinline mau tahu alasannya mengapa sepatu kanvas sangat cocok dijadikan sebagai item fashion andalan dalam berbagai gaya penampilan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.