Article

Homepage Article Kain 7 Alasan Mengapa Anda Harus…

7 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Cover Sofa Berbahan Canvas

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat cover sofa?. Bila anda ingin mendapatkan bahan kain yang berserat kuat, tebal dan tidak mudah sobek maka anda bisa menggunakan kain canvas sebagai alternatifnya. Bahan canvas sangat mudah untuk dicuci, maka anda tak perlu pusing memikirkan soal perawatannya.

Pengertian Cover Sofa

Cover sofa merupakan sebuah material yang biasa digunakan untuk melapisi bagian terluar dari sofa. Selain ukurannya harus sesuai dengan ukuran sofa, cover sofa ini semestinya juga disesuaikan dengan tema ruangan dan juga selera pengguna sofa karena beda material beda pula nuansa dan gaya yang akan tercipta.

Cover Sofa

Sumber : https://shopee.co.id/

Beberapa hal penting yang harus anda perhatikan ketika hendak memilih cover sofa diantaranya:

  • Pastikan bahan pelapis sofa yang anda pilih tidak terasa panas atau gatal ketika digunakan untuk duduk.  
  • Kain pelapis sofa yang dipilih juga mesti kuat dan memiliki tenunan rapat supaya lebih awet dan tidak mudah sobek.
  • Memilih bahan sofa yang mudah dibersihkan menjadi satu nilai lebih tersendiri.
  • Sesuaikan warna dan motif bahan pelapis sofa dengan tema interior anda.
  • Kain pelapis sofa yang bagus saat diusap tidak ada serabut yang tertinggal di telapak tangan.

Cover Sofa

Sumber : https://www.jcpenney.com/

Untuk mendapatkan cover sofa yang memiliki karakteristik kuat, tidak mudah sobek dan memenuhi sejumlah kriteria penting seperti yang sudah disebutkan di atas sebenarnya ada banyak sekali kain yang dapat digunakan. Salah satunya yakni berupa bahan kain canvas yang menawarkan banyak sekali kelebihan.

Cover Sofa

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

Beberapa karakteristik paling khas yang terdapat pada kain canvas diantaranya:

  • Kain canvas permukaannya kasar.
  • Kain canvas serat benangnya terlihat dengan jelas.
  • Kain canvas tidak mudah robek.
  • Tekstur kainnya kaku namun bersifat sangat kuat.
  • Kain canvas tergolong kain yang tidak mudah kusut.
  • Kain canvas sangat tahan dalam segala kondisi.
  • Kain canvas hampir menyamai bahan denim dalam hal kekuatan.

Kelebihan Cover Sofa Canvas 

Dibandingkan dengan cover sofa yang dibuat dari bahan kulit atau bahan lainnya, cover sofa yang diciptakan dari material canvas umumnya juga menawarkan banyak kelebihan. Beberapa kelebihan dari cover sofa canvas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memakainya untuk membungkus sofa diantaranya:

1. Bahannya Sangat Kuat

Cover sofa berbahan canvas umumnya memiliki karakteristik yang kokoh, kuat dan tidak mudah rusak. Dengan bahan yang tidak muda rusak, anda bahkan bisa menggunakan cover sofa ini hingga bertahun-tahun lamanya.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, kain canvas yang sering dipakai untuk cover sofa sendiri umumnya hadir dalam berbagai macam variasi bahan yang sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan interior ruangan. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa Kain Canvas Waterproof, Kain Canvas SR-10 dan Kain Canvas Infinity.

Kain canvas waterproof merupakan jenis kain canvas dengan kualitas tinggi yang mempunyai lapisan anti air. Kain canvas ini biasanya banyak digunakan untuk membuat sepatu canvas, tas canvas, hingga sofa.

Cover Sofa

Sumber : https://fitinline.com/

Kain canvas SR-10 adalah jenis canvas yang biasa digunakan untuk keperluan outdoor, yang mempunyai sifat anti air, tahan noda dan kuat (tahan sobek). Canvas jenis ini sangat cocok untuk sofa outdoor.

Cover Sofa

Sumber : https://fitinline.com/

Kain canvas infinity merupakan jenis kain kanvas yang digunakan untuk keperluan upholstery seperti sofa, tas, sepatu atau untuk  keperluan lainnya. Kain ini mempunyai sifat yang tahan air dengan komposisi 100% poliester.

Cover Sofa

Sumber : https://fitinline.com/

2. Nyaman Dipakai Untuk Duduk

Secara umum cover sofa berbahan canvas sangat nyaman untuk diduduki karena karakteristik bahannya cenderung lebih lembut dan hangat.

  • Cover sofa yang terbuat dari kain kanvas sangat cocok digunakan untuk menjaga suhu permukaan sofa sehingga nyaman digunakan dalam berbagai cuaca.
  • Cover sofa yang dibuat dari kain canvas umumnya lebih nyaman saat digunakan karena akan membuat orang jadi merasa betah ketika berlama-lama duduk di atasnya.
  • Cover sofa berbahan canvas sangat cocok digunakan untuk sofa ruang tamu, sofa ruang keluarga maupun sofa ruang kerja.

Cover Sofa

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Tidak Mudah Tergores

Cover sofa yang dibuat dari kain canvas tidak mudah tergores oleh benda tajam, kalaupun terkena goresan bekasnya juga tidak akan terlalu tampak. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik cover sofa berbahan canvas sangat cocok untuk rumah yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan.

4. Tidak Mudah Kusut

Cover sofa yang dibuat dari kain canvas memiliki kecenderungan bahan yang tidak mudah kusut jadi tampilannya akan senantiasa rapi walau sudah digunakan dalam jangka waktu lama dan dicuci berulang kali. Sekalipun sudah diduduki dalam waktu lama tekstur kainnya akan kembali ke bentuk semula.

Cover Sofa

Sumber : https://www.zgallerie.com/

5. Pilihan Warnanya Cukup Banyak

Cover sofa kain canvas hadir dalam berbagai pilihan warna, motif dan bentuk sehingga memberikan anda pilihan yang hampir tak terbatas untuk menyelaraskannya dengan interior ruangan.

  • Sofa kain pada umumnya memiliki lebih banyak pilihan warna dan motif bila dibandingkan dengan sofa kulit.
  • Cover sofa berbahan canvas tersedia dalam banyak varian warna, mulai dari warna warna  netral, warna gelap, warna terang dan masih banyak lagi.
  • Dengan banyaknya pilihan warna yang ditawarkan, cover sofa bisa dengan mudah dipilih dan dipadupadankan dengan dekorasi ruangan yang lainnya.

Cover Sofa

Sumber : https://fitinline.com/

6. Harganya Relatif Terjangkau

Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli cover sofa berbahan kain canvas. Sebab jika dibandingkan dengan cover sofa berbahan kulit yang harganya fantastis, tentu cover sofa ini harganya jauh lebih murah.

  • Dari segi harga bisa dikatakan cover sofa kain canvas umumnya lebih murah dibandingkan sofa kulit jadi dengan memakai cover sofa tersebut anda bisa lebih berhemat.
  • Cover sofa berbahan canvas umumnya memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun hal tersebut tidak menjadikan kualitasnya lebih buruk.
  • Dengan harganya yang terbilang murah, cover sofa berbahan canvas mampu bertahan hingga bertahun-tahun asal dirawat dengan cara yang tepat.

7. Perawatannya Cukup Mudah

Bahan canvas yang dipakai untuk membuat cover sofa umumnya cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Cara paling praktis yang bisa dilakukan untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan pembersih, seperti cuka dan deterjen cair.

Tips Memilih Cover Sofa Canvas

Berencana untuk membeli cover sofa yang dibuat dari bahan kain canvas tapi masih bingung harus memilih cover sofa yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan mendapatkan cover sofa yang tepat sesuai dengan kebutuhan simak dulu yuk pembahasan berikut.

1. Model Cover Sofa

Selalu sesuaikan model atau bentuk cover sofa yang anda pilih dengan sofa yang ada di rumah anda, karena pada dasarnya sofa sendiri juga memiliki bentuk yang berbeda-beda. Beberapa jenis sofa yang dimaksud diantaranya:

  • Sofa Minimalis

Sofa set minimalis dapat dikategorikan ke dalam jenis sofa yang lebih mengutamakan fungsi dibandingkan bentuk. Sofa jenis ini umumnya memiliki garis-garis lurus yang tegas, jelas dan tidak banyak lekukan pada bodinya.

  • Sectional Sofa

Sectional sofa merupakan penggabungan dari dua gaya sofa menjadi satu, yaitu yakni sofa biasa dan sofa loveseat (sofa yang berkapasitas dua orang). Sofa jenis ini biasanya diatur sedemikian rupa hingga membentuk sudut menyiku seperti L-shape atau U-shape.

  • Sleeper Sofa

Sleeper sofa termasuk ke dalam jenis sofa multifungsi yang dapat digunakan sebagai tempat duduk. Sleeper sofa sangat sesuai jika digunakan oleh mereka yang tinggal di apartemen ataupun rumah dengan ruangan berukuran sempit.

  • Sofa Ruang Tamu

Sofa ruang tamu biasanya dijual dalam satu set. Sesuai dengan namanya sofa ruang tamu sebenarnya memang dibuat khusus untuk ditempatkan di ruang tamu, jadi tidak disarankan untuk meletakkannya sofa ruang tamu di ruang keluarga.

2. Ukuran Cover Sofa

Sesuaikan pula besar kecilnya ukuran cover sofa dengan ukuran sofa yang hendak anda bungkus dengan bahan tersebut. Jika ukuran cover sofa yang anda cari kebetulan tidak tersedia maka anda bisa menjahitnya sendiri atau memesan cover sofa secara custom ke penjahit yang sudah terpercaya.

3. Warna dan Motif Cover Sofa

Dalam memilih warna dan motif cover sofa perhatikan warna lantai serta warna furnitur lain yang ada di ruangan rumah anda, supaya cover sofa yang anda pilih bisa digunakan untuk menjaga simetri antara furnitur dan warna cat tembok ruangan.

  • Untuk ruangan yang sudah memiliki gorden dan karpet bermotif, sebaiknya pilih sofa yang polos dengan permainan warna lembut.
  • Bila anda ingin sentuhan motif unik pada sofa, anda bisa meletakkan motif tersebut pada bantalan sofa agar suasana yang tercipta tidak terkesan penuh.
  • Pada ruangan yang bercat putih polos anda bisa memilih sofa berwarna terang, bermotif atau kalau mau amannya bisa menggunakan sofa yang berwarna netral.
  • Selain itu anda bisa juga menggunakan cover sofa yang memiliki warna kontras dari warna dominan yang ada di ruangan tersebut. Dengan cara ini maka sofa akan menjadi perhatian utama yang menarik ketika seseorang memasuki sebuah ruangan.

4. Jahitan Cover Sofa

Telitilah kualitas jahitan antar bagian pada cover sofa. Pastikan cover sofa yang hendak anda beli memiliki jahitan bagus dan rapi sehingga akan tahan lama meskipun dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Jahitan cover sofa yang berkualitas bagus memiliki ciri-ciri yang halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.
  • Menggunakan material yang berkualitas tinggi, baik untuk bahan kain, benang maupun pelengkap lainnya.

5. Pilih Toko Yang Terpercaya

Belilah cover sofa dari tempat yang sudah terpercaya. Dengan cara ini maka anda akan mendapatkan kualitas yang sesuai dengan harga. Bila masih ragu anda bisa membandingkan produk yang sejenis yang dijual di toko lain.

Tips Merawat Cover Sofa

Berbicara mengenai cara perawatannya, secara umun terdapat beberapa teknik yang dapat diterapkan untuk merawat sofa. Jika cover sofa anda yang mudah dilepas, anda tinggal mencucinya. Namun, untuk cover sofa yang tidak bisa dilepas anda harus rajin membersihkannya dengan vacuum cleaner minimal satu minggu sekali.

Untuk membersihkan cover sofa berbahan kain canvas, tisu basah sebenarnya bisa menjadi pilihan pertama yang cukup baik untuk mengangkat noda atau kotoran yang sifatnya masih baru. Cairan yang ada di dalam tisu basah mampu membersihkan permukaan sofa yang terkena noda tanpa harus membuatnya terlalu basah.

Selain memakai tisu basah anda bisa juga menghilangkan noda pada cover sofa dengan bahan lain seperti halnya detergen cair atau cuka, tapi bila anda ingin membersihkan cover sofa dengan dua bahan ini jangan membuatnya terlalu basah. Supaya aman lakukan pengujian di bagian yang tersembunyi terlebih dahulu.

  • Detergen Cair

Untuk membersihkan cover sofa berbahan canvas dengan menggunakan detergen anda bisa mencampurnya dengan air hangat dan biarkan sampai keduanya menghasilkan busa yang cukup untuk membantu membersihkan noda pada permukaan sofa.

  • Cuka

Cuka menjadi salah satu jenis bahan yang dapat dipakai untuk menghapus dan memudarkan noda pada pembungkus sofa berbahan kain yang tergolong lebih bandel. Kekurangannya hanya pada bau menyengat yang dihasilkan.

Jika noda pada sofa kain sangat membandel, anda bisa memakai pasta khusus yang memang didessain untuk membersihkan sofa. Pasta semacam ini biasanya bisa anda temukan di toko peralatan kebersihan rumah. Gunakan sikat berbulu lembut untuk menyikat noda pada sofa supaya serat kain nya tidak cepat rusak.

Untuk mengeringkan cover sofa dengan cepat anda bisa menggunakan alat pengering rambut, namun pengeringan cover sofa terbaik tetaplah dengan membiarkan cover sofa sampai kering secara alami. Untuk mempercepat proses tersebut, anda bisa membuka jendela dan membiarkan angin memasuki ruangan.

Selain menerapkan sejumlah tips yang sudah disebutkan di atas, cover sofa berbahan canvas sendiri juga membutuhkan perawatan setiap hari supaya tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah debu dan kotoran agar tidak menumpuk di sofa.

  • Bersihkan noda apa pun pada permukaan sofa secepat mungkin. Noda yang baru terbentuk biasanya akan lebih mudah dihilangkan dari pada noda kering yang sudah lama dan meresap ke dalam serat cover sofa.
  • Bersihkan debu pada sofa dengan menggunakan vacuum cleaner paling tidak sekali dalam seminggu. Debu yang dibiarkan menumpuk dan bercampur dengan kelembaban udara lama-kelamaan akan mengubah warna sofa jadi lebih kusam.
  • Kalau ada bagian-bagian sofa yang dapat dilepas cucilah secara rutin. Pasang kembali kain pembungkus sofa ketika masih agak lembap, supaya kain tersebut bisa kembali mengikuti bentuk sofa setelah kering.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat tentang pemanfaatan kain canvas sebagai bahan cover sofa lengkap dengan cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa selain menawarkan nilai keindahan, cover sofa berbahan canvas ternyata juga unggul dari segi kekuatan bahannya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain canvas atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.