Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Unik dan Menarik…

7 Fakta Unik dan Menarik Tentang Hoodie Jumper

Suka memakai hoodie jumper saat hangout atau sekedar bersantai di rumah?. Sebagai salah satu fashion terpopuler yang banyak dikenakan oleh pria maupun wanita dari berbagai belahan dunia, hoodie jumper ternyata menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Hoodie Jumper

Hoodie jumper termasuk ke dalam jenis pakaian berlengan panjang yang memiliki hoodie alias penutup kepala. Ditinjau dari asal bahasanya, kata hoodie sendiri konon diperoleh dari istilah “hood” yang dalam bahasa Indonesia artinya penutup kepala sedangkan jumper merupakan pakaian yang serupa dengan sweater.

Hoodie Jumper

Sumber : https://shopee.co.id/

Fakta Menarik Hoodie Jumper

Layaknya fasion item lain yang diciptakan untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin, hoodie jumper pada prinsipnya juga menyimpan banyak sekali fakta unik yang menarik untuk ditelusuri.

1. Awal Kemunculan Hoodie

Catatan sejarah menyebutkan hoodie pertama kali muncul pada abad pertengahan di benua Eropa.

  • Desain hoodie yang kita kenal hingga saat ini konon terinspirasi dari jubah dengan tudung kepala (hood) yang dikenakan oleh para biarawan serta kesatria dari abad pertengahan di Eropa.
  • Kala itu model pakaian yang dilengkapi dengan tudung kepala (hood) juga banyak digunakan oleh para pekerja di luar ruangan.

Dari negara asalnya yaitu Normandia, hoodie kemudian dibawa Inggris pada permulaan abad ke-12. Setelah melewati prejalanan yang begitu panjang hoodie akhirnya diproduksi di Amerika Serikat sekitar tahun 1930.

Hoodie Jumper

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Produsen Pertama Hoodie

Perusahaan champion (dulunya knickerbocker knitting company) mengklaim bahwa mereka merupakan perusahaan pertama yang memproduksi hoodie jumper. Hingga kini perusahaan tersebut masih tetap eksis dan dikenal luas oleh masyarakat berkat produk-produk olahraga yang diluncurkan.

3. Fungsi Awal Hoodie Jumper

Sesuai fungsinya, di awal kemunculannya hoodie jumper mulai dipasarkan saat musim dingin kepada para pekerja di kota New York. Modelnya yang sederhana dan praktis membuat hoodie jumpar sangat nyaman digunakan bahkan ketika beraktivitas.

4. Puncak Popularitas Hoodie

Dari yang awalnya hanya digunakan oleh para pekerja, trend menggunakan hoodie di kalangan masyarakat biasa  mulai meningkat seiring populernya jenis musik hip-hop pada tahun 1970.

Pada masa itu para penyanyi hip-hop bahkan kerap memakai hoodie jumper setiap kali tampil di panggung sebagai perwujudan konsep “tanpa identitas” karena modelnya yang bisa menyembunyikan wajah dan identitas  seseorang.

Hoodie Jumper

Sumber : https://id.aliexpress.com/

5. Kontroversi Hoodie Jumper

Dibalik popularitas yang dimilikinya, keberadaan hoodie jumper sempat menuai kontroversi di berbagai negara seperti Amerika, Australia, Canada, New Zealand dan juga Inggris.

  • Hoodie di Amerika

Hoodie jumper berevolusi menjadi lambang bagi golongan “penyendiri” di Amerika pada tahun 1990,  tapi disisi lain juga menjadi sebuah identitas fashion bagi para pelajar dan mahasiswa.

  • Para anak muda terutama laki-laki, yang hobi berolahraga skateboard dan berselancar memakai hoodie sebagai pilihan fashion mereka.
  • Trend ini menyebar ke seluruh Amerika bagian barat terutama di California.
  • Hoodie di Australia

Hoodie menjadi pakaian pilihan para pelaku kejahatan di Australia karena dinilai efektif untuk menyembunyikan wajah saat beraksi. Akibat dari kejadian ini, seorang polisi di Birbane Australia melakukan kampanye “Bebas Hoodie”

  • Hoodie di Canada

Hoodie di Canada menjadi pakaian wajib yang dikenakan sebagai dalaman dan ditumpuk dengan jaket di luarnya. Masyarakat setempat bahkan memiliki istilah sendiri untuk pakaian hangat ini yaitu “bunny hugs”.

  • Hoodie di New Zealand

Hoodie di New Zealand menjadi pakaian yang diidentikkan dengan sekte keagamaan berbahaya. Karena alasan itulah orang-orang  yang memakai hoodie dianggap menggunakan pakaian yang tidak pantas.

  • Hoodie di Inggris

Serupa dengan Australia, di Inggris hoodie juga memiliki image negatif karena berbagai pelaku kejahatan menggunakan hoodie saat beraksi.

  • Hoodie identik dengan pembuat keonaran, sikap anti-sosial dan remaja yang keras kepala pada abad ke-21.
  • Hoodie menjadi kontroversi di Inggris pada tahun 2000-an sampai berbagai peraturan harus diterapkan untuk mengatur pemakaiannya.
    • Di supermarket tertentu penggunaan hoodie jumper sempat dilarang.
    • Di sekolah hoodie jumper  boleh digunakan tetapi penutup kepalanya hanya dipakai saat hujan.

Bahkan musik hip-hop dan rap yang mempopulerkan hoodie dicap sebagai musik yang meluapkan protes  dan kemarahan. Burberry, sebuah merek terkenal di Inggris bahkan pernah meminta maaf karena desain hoodie yang dianggap tidak pantas.

6. Hoodie Jumper di Indonesia

Terlepas dari segala kontroversi yang dimilikinya, bagi masyarakat Indonesia hoodie jumper sendiri justru dianggap sebagai fashion item yang bersifat multifungsi dan sangat mudah dipadupadankan dengan outfit lain. Jadi jangan ragu apabila anda juga mau mengenakannya.

  • Saat cuaca dingin hoodie jumper sangat efektif digunakan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.
  • Saat cuaca panas hoodie jumper dapat dipakau untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyengat.

Hoodie Jumper

Sumber : https://cyber-techwear.com/

Untuk ide padupadannya simak juga pembahasan mengenai:

7. Perkembangan Hoodie Jumper

Sejak diluncurkan untuk pertama kali, inovasi bentuk dan bahan hoodie jumper terus diperbaiki sampai sekarang.

  • Perubahan bentuk hoodie bisa dilihat dari kemunculan hoodie jumper yang dilengkapi dengan kancing, resleting dan saku pada bagian dada depan.
  • Perubahan bentuk hoodie ditandai pula dengan adanya hoodie jumper dengan lengan licin dan lengan raglan.
    • Hoodie jumper lengan lengan licin memiliki lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
    • Hoodie jumper lengan raglan memiliki lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.
  • Sementara perubahan bahan hodie bisa dilihat dari penggunaan bahan kain yang tidak selalu tebal. Walaupun sampai saat ini bahan yang paling banyak digunakan untuk hoodie jumper adalah kain fleece dan baby terry.

Hoodie Jumper

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta unik dan menarik seputar hoodie jumper yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui sejumlah fakta-fakta yang sudah disebutkan di atas semoga pengetahuan anda tentang hoodie jumper jadi semakin bertambah.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat hoodie jumper?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Baby Terry yang kami miliki.

Tapi kalau anda lebih tertarik untuk membuat hoodie jumper sendiri dengan pola yang sudah jadi anda bisa mendownload pola hoodie jumper siap pakai yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.