Article

Homepage Article Fashion Design Tampil Lebih Modis dan Kekinian…

Tampil Lebih Modis dan Kekinian Dengan Crochet Outfit

Butuh referensi outfit yang simple tapi tetap keren untuk dikenakan sebagai pelengkap gaya sehari-hari?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa mencoba untuk mengenakan crochet outfit yang juga menjadi trend fashion terbaru di tahun 2021. Buat anda yang penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Crochet Outfit

Crochet outfit dapat didefinisikan sebagai sejenis outfit yang dibuat dengan cara merenda. Meski sama-sama menggunakan benang sebagai medianya seperti proses merajut, crochet sendiri pada prinsipnya tetap berbeda dengan knitting baik dari segi alat dan teknik pembuatannya.

  • Dari segi teknik pembuatannya crochet dibuat dengan alat khusus bernama crochet hook.
  • Crochet hook bentuknya seperti jarum dengan ujung yang melengkung yang berfungsi untuk mengait benang.
  • Bahannya bermacam-macam ada yang dari bambu, aluminium, atau plastik.
  • Kain yang dihasilkan dari proses merenda secara umum memiliki pola seperti rantai yang bersambungan.
  • Hasil rajutan crochet lebih padat dan tebal dibandingkan hasil knitting, karena benang yang dililitkan dan dikait lebih banyak.

Seperti halnya merajut, teknik dasar merenda juga dilakukan dengan cara memasukkan benang ke dalam simpul yang sudah ada untuk membuat simpul baru. Bedanya dalam proses merajut hanya ada satu lubang simpul yang terbuka (kecuali sewaktu membuat renda Tunisia).

Crochet Outfit

Sumber : https://shopee.co.id/

Sejarah Singkat Crochet

Dilihat dari sejarahnya terdapat tiga teori utama tentang asal muasal crochet hingga akhirnya menyebar secara luas dan dikenal oleh masyarakat internasional hingga sekarang.

  • Beberapa orang percaya bahwa teknik crochet pertama kali di temukan di negara China untuk membuat boneka-boneka tiga dimensi.
  • Selain itu ada pula yang meyakini bahwa teknik crochet di temukan di negara Amerika Selatan untuk membuat hiasan dalam ritual menyambut masa pubertas.
  • Berikutnya ada pula teori yang menyatakan bahwa awal mula teknik crochet di temukan di Jazirah Arab dan menyebar ke arah timur menuju, Tibet dan ke arah barat menuju, Spanyol sampai akhirnya mengikuti rute perdagangan para saudagar Arab ke negara-negara Mediterania lainnya.

Bagaimanapun juga tidak ada bukti yang valid tentang seberapa lama seni crochet tersebut telah ada di dunia, begitupun dari mana seni crochet berasal.

Terlepas dari banyaknya teori yang berkembang tentang crochet, yang pasti crochet ini menjadi salah satu produk kerajinan yang patut untuk dilestarikan keberadaannya. Meskipun sempat mengalami penurunan pada awal abad ke-21, kini telah terlihat kembali minat masyarakat untuk memakai crochet outfit.

Item Fashion Berbahan Crochet

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang modis dan stylish, crochet outfit sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi desain yang cukup beragam. Beberapa contoh crochet outfit yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan antara lain berupa crochet blouse, crochet outer dan crochet dress.

1. Crochet Blouse

Crochet blouse termasuk ke dalam salah satu jenis fashion item yang cocok dikenakan oleh para wanita yang sangat suka berpenampilan feminim. Dalam sebuah blus wanita sendiri detail crochet bisa diaplikasikan pada seluruh bagian blus atau sebagian saja.

Crochet Outfit

Sumber : https://www.sthsweet.com/

Crochet Outfit

Sumber : https://www.aliexpress.com/

2. Crochet Outer

Kalau anda suka menerapkan teknik layering dalam hal berbusana, wajib bagi anda untuk memiliki setidaknya satu koleksi outer cardigan berbahan crochet. Dengan desainnya yang simple outer cardigan berbahan crochet ini bisa dipakai untuk acara semi formal maupun acara casual.

Untuk pilihan modelnya, beberapa contoh outer cardigan yang banyak dibuat dari bahan crochet antara lain berupa:

  • Classic cardigan yang memiliki potongan sangat simple dan bisa dipadukan dengan pakaian apa saja.

Crochet Outfit

Sumber : https://www.asos.com/

  • Open cardigan yang tidak memiliki kancing dan pada umumnya cukup panjang.
  • Tanpa adanya kancing, open cardigan dapat memberikan kesan casual dan sederhana.
  • Untuk anda yang ingin memakai outer cardigan model open anda bisa memadukannya dengan model baju apa saja.

Crochet Outfit

Sumber : https://ryuryumall.jp/

  • Long cardigan yang memiliki ukuran sangat panjang, bahkan ada long cardigan yang panjangnya hingga ke betis atau malah mencapai mata kaki.

Crochet Outfit

Sumber : https://www.craftdrawer.com/

3. Crochet Dress

Crochet dress termasuk ke dalam salah satu jenis dress wanita yang cocok digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan casual. Untuk pilihan modelnya beberapa contoh dress wanita yang banyak dibuat dari bahan crochet ini antara lain berupa:

  • Jumper dress yang didesain tanpa kerah dan lengan, sementara bagian bawahnya memiliki potongan yang longgar dan lebar.

Crochet Outfit

Sumber : https://www.alibaba.com/

  • Halter dress yang dilengkapi dengan tali di bagian leher sementara bagian punggungnya dibiarkan terbuka.

Crochet Outfit

Sumber : https://www.shopmyexchange.com/

  • Smock dress yang memiliki banyak kesamaan dengan shirt atau kemeja longgar. Dress wanita yang satu ini kebanyakan dibuat dengan kerah datar yang lebar atau tanpa kerah sama sekali.

Crochet Outfit

Sumber : https://www.pinterest.ch/

  • Shift dress yang memiliki potongan sangat khas yakni lurus dari atas ke bawah tanpa ada garis pinggang.
  • Shift dress biasanya lebih banyak dibuat dalam ukuran sebatas lutut atau justru lebih pendek.
  • Shift dress cocok diandalkan sebagai busana santai maupun busana untuk hangout.

Crochet Outfit

Sumber : https://www.zalora.co.id/

  • A line dress yang memiliki potongan sangat khas seperti huruf A dengan potongan yang sempit di bagian atas dan melebar di bagian bawah.
  • Dress wanita model A-Line cocok dikenakan untuk acara-acara santai.
  • Dress wanita model A-Line dapat dijumpai dalam ukuran pendek (mini), medium (midi) dan ada juga yang panjang (maxi).

Crochet Outfit

Sumber : https://conceptcreative.store/

Keistimewaan Crochet Outfit

Sebagai salah satu jenis busana yang juga menjadi trend fashion terbaru di 2021 crochet outfit secara umum juga menawarkan banyak keistimewaan tersendiri.

  • Crochet outfit umumnya memiliki tampilan yang sangat unik dan berbeda dengan jenis pakaian pada umumnya.
  • Crochet outfit pastinya juga memiliki nilai seni dan nilai ekonomi yang tinggi.
  • Crochet outfit bermanfaat untuk melindungi tubuh sekaligus mempercantik tampilan wanita yang mengenakannya.
  • Crochet outfit kebanyakan dibuat dari benang katun yang lembut jadi umumnya akan terasa lebih halus ketika bersentuhan dengan permukaan kulit.
  • Crochet outfit bisa menjadi solusi yang tepat untuk orang yang kurang menyukai pakaian ketat. Sebab bahan ini dikenal cenderung lebih fleksible dan mudah ditarik.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai sejarah crochet, keistimewaan crochet outfit dan berbagai macam rekomendasi item fashion berbahan crochet yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan. Dengan tampilannya yang menarik, outfit ini pastinya bisa memberi sentuhan yang mengesankan pada penampilan anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.