Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Mengapa Kain Poplin…

10 Alasan Mengapa Kain Poplin PE Cocok Digunakan Untuk Busana Casual

Butuh alternatif bahan kain yang memiliki karakteristik halus, lembut, tidak mudah kusut, tampak elegan dan dari segi harga juga cukup terjangkau untuk membuat busana casual?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih kain poplin polyester (PE) yang menawarkan banyak keunggulan sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Poplin Polyester (PE)

Kain poplin polyester (PE) merupakan varian poplin berserat 100% polyester (PE) yang mempunyai anyaman plat / polos dimana setiap benang lusi dan juga benang pakan yang menjadi benang penyusun kain diposisikan secara saling menyilang sehingga membentuk garis kotak-kotak.

  • Nama lain dari anyaman plat / polos yang digunakan pada kain poplin polyester (PE) adalah anyaman blacu, tabby, taffeta dan plain.
  • Anyaman plat / polos dapat dikategorikan sebagai jenis anyaman yang paling tua, paling sederhana, dan paling banyak dipakai dalam pembuatan kain.
  • Pada anyaman plat benang lusi dan benang pakan bekerja dengan skema satu naik dan satu turun secara bergantian dan saling menyilang.

Kain Poplin Polyester (PE) Kain Poplin Polyester (PE)

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Kain Poplin Polyester (PE)

Sebagaimana bahan kain yang dibuat dari polyester, kain poplin polyester (PE) inipun juga memiliki banyak sekali keunggulan yang mungkin tidak dimiliki bahan lain. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain poplin polyester (PE) sebagai bahan pembuatan busana diantaranya:

1. Tampilannya Terlihat Elegan

Kain poplin polyester (PE) memiliki tampilan yang terkesan klasik dan elegan jadi cocok digunakan sebagai bahan pakaian casual.

2. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kain poplin polyester (PE) termasuk ke dalam jenis kain woven / tenun yang memiliki jalinan benang erat sehingga membuatnya lebih kuat dan lebih bertahan lama di banding kain rajut dan kain yang tidak di tenun.

3. Bahannya Halus dan Lembut

Kain poplin polyester (PE) diproses dengan teknik anyaman plat jadi tingkat kerapatan seratnya tinggi. Serat kainnya yang lebih rapat juga menghasilkan tekstur poplin yang lebih halus dan lembut.

4. Bahannya Mudah Dibentuk

Kain poplin polyester (PE) termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibentuk dan dikreasikan menjadi berbagai jenis produk fashion casual yang unik dan menarik. Baik itu produk untuk pria, wanita dan anak-anak.

5. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kain poplin polyester (PE) cenderung tidak mudah kusut karena memiliki banyak kandungan poliester. Jadi sekalipun digunakan dalam waktu lama tampilan kainnya akan tetap rapi dan tertata.

6. Bahannya Tidak Mudah Kendor

Kain poplin polyester (PE) cenderung tidak mudah kendor jadi produk pakaian yang dibuat dari bahan ini cocok dipakai dalam jangka waktu yang lama karena tekstur kainnya akan tetap stabil.

7. Bahannya Tidak Menerawang

Kain poplin polyester (PE) cenderung tidak menerawang karena memiliki konstruksi benang yang rapat dan lumayan tebal. Karakteristik kainnya yang tidak menerawang juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak produsen yang menggunakan kain ini sebagai busana muslim.

8. Ringan dan Terkesan Jatuh

Kain poplin polyester (PE) dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan kain yang ringan dan terkesan jatuh. Meski demikian, saat digunakan sebagai bahan pakaian, kain poplin polyester (PE) ini tidak akan menempel di kulit dan tidak mencetak lekukan tubuh.

9. Warnanya Cerah dan Tahan Lama

Kain poplin polyester (PE) dibuat dengan finishing dyeing, pencelupan kain atau proses pewarnaan kain setelah kain tersebut melewati proses pengeringan jadi warnanya akan tetap cerah dan tahan lama meski sudah dicuci berulang kali.

10. Harganya Cukup Terjangkau

Kain poplin polyester (PE) dibuat dengan menggunakan serat polyester (PE) sehingga mempunyai harga yang lebih terjangkau dengan kualitas yang menyerupai kain poplin katun.

Kegunaan Kain Poplin Polyester (PE)

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, kain poplin polyester (PE) sendiri memang sering digunakan dalam pembuatan busana pria, busana wanita, busana anak serta berbagai macam kebutuhan aksesoris kain.

1. Busana Pria

Dengan karakteristik bahannya yang halus, lembut dan tidak mudah kusut, kain poplin polyester (PE) cocok digunakan sebagai bahan pembuatan busana pria dengan model kemeja, baju koko dan berbagai model pakaian lain yang tidak kalah menarik.

Kemeja pria yang dibuat dari kain poplin polyester (PE) inipun tidak hanya terbatas pada kemeja yang berpotongan regular tapi juga yang slim fit atau cenderung pas badan.

Kain Poplin Polyester (PE)

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Busana Wanita

Untuk pelengkap gaya penampilan wanita, kain poplin polyester (PE) juga ideal digunakan untuk membuat kemeja wanita, berbagai macam model dress casual, gamis, baju tidur, tunik, baju blus wanita, celana, rok dan lain sebagainya.

Kain Poplin Polyester (PE)

Sumber : https://shopee.co.id/

Biar tampilannya makin cantik busana wanita yang dibuat dari kain poplin polyester (PE) inipun dapat diberi tambahan renda ataupun ruffle.

  • Renda sendiri merupakan sejenis hiasan berbentuk kerawang yang dibuat dari benang dalam pattern jaring terbuka. Selain memberi kesan anggun dan feminim, renda juga menambah nilai estetik busana wanita.
  • Sementara ruffle merupakan aksen berbahan kain yang dijahit kerut di salah satu sisi sedangkan sisi lainnya dibiarkan lepas. Detail ruffle ini bisa membuat tampilan seorang wanita menjadi lebih manis dan feminin.

Simak juga Jenis-Jenis Renda, Pemanfaatan Renda dan Cara Mudah Menjahitnya Yang Bisa Anda Coba dan Cara Memanipulasi Bahan Kain Dengan Teknik Ruffle.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan kain poplin polyester (PE) lengkap dengan contoh produk fashion yang dibuat dari bahan tersebut. Dengan mengetahui banyaknya keunggulan yang dimiliki kain poplin polyester (PE) semoga anda bisa lebih mudah menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai kebutuhan ya.

Butuh bahan kain poplin polyester (PE) berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana pria, busana wanita dan busana anak?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Poplin PE (GKN) yang kami miliki.

Download juga Pola Baju Pria dan Pola Baju Wanita siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat baju sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.