Article

Homepage Article Fashion Design 7 Alasan Pakaian Formal…

7 Alasan Pakaian Formal Pria Cenderung Lebih Tertutup Dari Pakaian Formal Wanita

Sering bertanya-tanya dalam hati, mengapa pakaian formal pria kebanyakan dibuat cenderung lebih tertutup dibandingkan dengan pakaian formal wanita yang lebih nyantai dan nggak bikin gerah?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu yuk simak pembahasan berikut. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Pakaian Formal

Pakaian formal adalah jenis pakaian yang dirancang khusus untuk acara formal atau acara-acara resmi. Dalam konteks profesional pakaian formal sendiri dibuat untuk menciptakan penampilan yang rapi, sopan dan berkelas sesuai dengan acara yang dihadiri.

Pakaian Formal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa ciri-ciri umum yang membedakan pakaian formal dengan pakaian lainnya yaitu:

  • Pakaian formal sering kali memiliki potongan yang terstruktur, bentuknya tampak jelas dan mengikuti garis tubuh dengan rapi.
  • Pakaian formal biasa dibuat dari bahan kain yang berkualitas tinggi, memberikan tampilan yang mewah dan lebih tahan lama.
  • Pakaian formal cenderung menggunakan warna netral atau klasik yang memberikan tampilan elegan dan mudah dipadukan dengan aksesoris atau pakaian lainnya.
  • Pakaian formal memiliki detail yang sederhana dan minim hiasan untuk menjaga kesan profesionalisme.

Faktor Yang Menyebabkan Perbedaan

Berbicara mengenai pakaian formal, lantas mengapa kebanyakan pakaian formal pria cenderung lebih tertutup dari pakaian formal wanita?. Berdasarkan catatan sejarah dan budaya yang berkembang di negara barat, berikut beberapa faktor mempengaruhi desain pakaian formal pria dan wanita.

1. Pengaruh Militer

Pakaian formal pria memiliki keterkaitan erat dalam seragam militer. Jadi karena sejak awal dirancang untuk fungsionalitas dan keseragaman, makanya desain pakaian formal pria kebanyakan cenderung lebih tertutup dibandingkan dengan pakaian formal wanita.

Pakaian Formal

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Budaya Patriarki

Dalam sistem sosial patriarki pria ditempatkan sebagai pemegang kekuasaan dan status sosial yang lebih tinggi dari pada wanita. Atas dasar itulah pakaian formal pria dibuat lebih tertutup untuk mencerminkan status sosial mereka dengan tetap menekankan pada kesederhanaan dan norma kesopanan.

3. Standar Kecantikan

Secara historis wanita dikenal sebagai makhluk yang suka diperhatikan dan memiliki standar kecantikan yang lebih ketat daripada pria. Makanya pakaian formal wanita lebih banyak dirancang mengikuti trend mode untuk menonjolkan bentuk tubuh atau fitur tertentu yang dianggap indah.

Pakaian Formal

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Ekspresi Diri

Pakaian formal wanita umumnya dianggap sebagai sarana untuk mengekspresikan diri. Karenanya variasi gaya dan desain pakaian formal wanita kebanyakan dibuat lebih beragam dan tidak jarang juga lebih terbuka dibandingkan pakaian formal pria.

Pakaian Formal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kebutuhan wanita yang beragam tidak jaran juga mendorong industri fashion untuk terus berkembang dan menciptakan model pakaian fornal yang baru sesuai kebutuhan para wanita.

5. Pengaruh Tradisi

Sejarah mode pria seringkali dipengaruhi oleh tradisi yang lebih konservatif. Karena alasan itulah pakaian formal pria biasa dirancang untuk menutupi tubuh secara lebih menyeluruh dibandingkan pakaian formal wanita.

6. Peran Gender

Persepsi tentang maskulinitas dan femininitas dalam masyarakat juga mempengaruhi perbedaan desain pakaian formal pria dan pakaian formal wanita.

  • Pakaian formal pria sering dirancang untuk mencerminkan kesan kekuatan, otoritas dan profesionalitas.
  • Sementara pakaian formal wanita kadang-kadang lebih terbuka untuk mengekspresikan femininitas, keanggunan atau sensualitas.

Pakaian Formal

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Evolution of Fashion

Pakaian formal wanita sering kali memiliki potongan yang lebih beraneka ragam dibandingkan pakaian formal pria, termasuk potongan yang lebih terbuka di bagian belakang, dada atau lengan, sebagai cara untuk menekankan femininitas atau mengekspresikan kebebasan pribadi.

Namun dengan berkembangnya gerakan kesetaraan gender, kini beberapa desainer telah mencoba untuk menciptakan pakaian formal wanita yang lebih tertutup, sesuai dengan preferensi pribadi, norma budaya dan konteks acara atau situasi tertentu.

Pakaian Formal

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga :

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat sekaligus jawaban mengapa mengapa pakaian formal pria cenderung lebih tertutup dari pakaian formal wanita. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang kamu jadi makin tahukan alasan mengapa desain pakaian formal pria cenderung dibuat berbeda dengan pakaian formal wanita.

Bahkan meski trend mode dan norma sosial dapat berubah dari waktu ke waktu, perbedaan antara pakaian formal pria dengan pakaian formal wanita selamanya akan tetap ada dan kemungkinan akan terus berlanjut karena alasan budaya serta nilai historis yang mendasarinya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian formal pria dan pakaian formal wanita?. Sebagai bahan petimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kain kami.

Download juga Pola Baju Pria dan Pola Baju Wanita siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat baju sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.