Article

Homepage Article Kain 6 Tips Merawat Busana Berbahan…

6 Tips Merawat Busana Berbahan Tweed Agar Tidak Mudah Rusak

Mengenakan outfit berbahan tweed tidak dapat dipungkiri memang bisa memberi kesan lebih berkelas dan fashionable pada penampilan. Namun harus dipahami juga, karena bahan tweed sendiri memiliki tekstur yang berbeda dengan bahan pakaian pada umumnya maka cara merawatnya pun juga harus dilakukan dengan hati-hati.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bahan Tweed

Bahan tweed dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan wol setengah jadi yang diproses tidak sampai halus sehingga permukaannya agak sedikit kasar. Sedikit berbeda dengan bahan pakaian lainnya, pola tenun tweed biasanya memiliki bentuk seperti huruf V yang berjajar walau ada juga yang ditenun dengan pola berbeda.

Bahan Tweed

Sumber : https://www.scotlandshop.com/

Terkait dengan pemanfaatannya dalam dunia fashion moden, sampai saat ini terdapat banyak sekali produk pakaian dan aksesoris yang menggunakan bahan tweed sebagai material utamanya. Lebih jelasnya simak kembali pembahasan mengenai Pemanfaatan Bahan Tweed Pada Berbagai Produk Pakaian dan Aksesoris.

Bahan Tweed

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Dengan memanfaatkan bahan tweed sebagai material utamanya, produk fashion yang dihasilkan pastinya akan memiliki karakteristik yang tidak kalah istimewa dibanding dengan produk berbahan lain. Namun untuk mempertahankan kualitasnya usahakan untuk selalu merawat busana berbahan tweed dengan cara yang tepat ya.

Merawat Busana Berbahan Tweed

Berbicara mengenai busana berbahan tweed lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawatnya agar tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya?. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan mungkin anda bisa menerapkan beberapa cara sederhana sebagai berikut.

1. Periksa Label Pencucian Pakaian

Periksalah label perawatan pakaian untuk memastikan metode pembersihan yang telah direkomendasikan, apakah bisa dicuci manual atau perlu di dry clean.

  • Kalau busana tweed yang anda miliki bisa dicuci dengan cara biasa, maka anda tidak perlu membawanya ke laundry supaya lebih menghemat uang.
  • Tapi kalau busana berbahan tweed perlu dicuci dengan metode dry clean maka anda bisa mempercayakannya pada penyedia jasa dry clean profesional.

2. Bersihkan Noda Pada Pakaian

Sebisa mungkin segera bersihkan busana berbahan tweed menggunakan tidu dan lap basah apabila terkena noda berbasis air seperti halnya tumpahan jus, sup dan noda lain yang sejenis, sebelum noda tersebut menembus lebih dalam ke serat kain.

Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan secara permanen pada busana tweed yang mahal lakukan langkah-langkah berikut.

  • Pertama letakkan kertas tisu atau kain kering di bawah kain bernoda untuk menyerap kelembapan.
  • Basahi lap kain lalu gunakan untuk menyeka noda pada pada permukaan kain sampai menghilang.

Selalu gunakan gerakan mengusap dibanding menggosoknya, karena cara semacam ini hanya akan mendorong noda lebih dalam ke dalam serat kain dan membuatnya makin menyebar ke sekitar area kain yang ternoda.

Selain mengangkat noda berbasis air, cara yang sama juga bisa anda lakukan untuk membersihkan noda berbasis minyak termasuk lemak, minyak, mentega, lipstik dan saus tomat. Semakin cepat anda mengatasi masalah tersebut, semakin sedikit peluang timbulnya bekas noda pada pakaian.

3. Mencuci Busana Berbahan Tweed

Untuk membersihkan busana berbahan tweed yang bisa dicuci secara manual anda bisa merendamnya sebentar dalam larutan detergen bercampur air, lalu membilasnya hingga bersih. Biar lebih aman gunakan detergen berbahan lembut seperti detergen pakaian bayi.

Jangan pernah menggosok busana berbahan tweed dengan menggunakan sikat supaya serat benangnya tetap terjaga dengan baik.

  • Menyikat busana berbahan tweed dengan cara yang salah dapat merubah bentuk dan tekstur baju.
  • Selain itu penggunaan sikat juga bisa menyebabkan timbulnya bulu yang merusak tampilan pakaian.

Hindari pula penggunaan cairan pembersih yang mengandung amonia atau pemutih pakaian serta bahan kimia keras seperti karbon tetraklorida karena akan membuat warna mterial tweed menjadi cepat pudar.

Sekiranya boleh dicuci dengan mesin, anda bisa meletakkan busana berbahan tweed di dalam washing bag untuk meminimalisir kontak langsung antara pakaian dengan mesin cuci, kemudian ikuti arahan khusus pada label pakaian.

Khusus untuk busana tweed yang dilengkapi dengan bantalan bahu dan interfacing lebih baik gunakan metode dry cleaning. Sebab material tweed yang diperkuat dengan bahan lain biasanya akan menjadi terdistorsi ketika bersentuhan dengan air dan kain luarnya cenderung berkerut.

4. Menjemur Busana Berbahan Tweed

Jemur busana berbahan tweed di tempat yang bersih dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Supaya warna alami bahan tweed tetap terjaga dengan baik usahakan untuk tidak menjemur busana tweed di tempat yang terpapar panas matahari secara langsung.

5. Merapikan Busana Berbahan Tweed

Untuk merapikan busana berbahan tweed sebenarnya anda tidak perlu repot untuk sering menyetrikanya karena material tweed sendiri dikenal memiliki ketahanan yang baik untuk mencegah timbulnya kerutan dan dapat mempertahankan tekstur serta bentuknya tanpa usaha berlebih.

Lain halnya untuk busana berbahan tweed yang dilengkapi dengan bantalan bahu dan interfacing pada bagian lingkar leher, kerah, belahan tengah muka serta ujung bawah pakaian. Untuk merapikan busana seperti ini anda bisa menggunakan steamer (mesin penguap).

  • Steamer bisa digunakan pada hampir segala pakaian karena cenderung tidak merusak kain.
  • Steamer dapat mengurangi kerutan pada permukaan bahan tweed.
  • Steamer bisa dilakukan untuk membunuh sebagian besar bakteri dan kuman.
  • Steamer berperan penting untuk membantu menghilangkan bau pada bahan tweed itu sendiri.

6. Menyimpan Busana Berbahan Tweed

Sebisa mungkin simpan busana tweed kesayangan anda di tempat yang bersih, jauh dari debu dan memiliki kelembapan yang ideal tetap (tidak boleh terlalu kering atau terlalu lembap). Jika terlalu kering atau lembap yang ada busana berbahan tweed akan menjadi rentan rusak.

Kalau perlu simpan busana tweed dalam kotak atau tas yang bisa ditutup sebelum dimasukkan ke dalam almari pakaian. Biar makin aman anda bisa juga memasukkan beberapa buah kapur barus ke dalam almari pakaian untuk menangkal serangan ngengat.

Jika anda kurang menyukai bau kapur barus, solusinya gunakan berbagai bahan alami yang kurang disukai serangga seperti daun mint, bunga lavender, cengkeh, potongan jeruk lemon, gingseng dan daun kayu putih yang sudah dikeringkan.

Kesimpulan

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat busana berbahan tweed. Semoga tips yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda untuk merawat busana berbahan tweed yang anda miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.