Article

Homepage Article Jahit Menjahit Tutorial Membuat Maxi Dress…

Tutorial Membuat Maxi Dress Tanpa Pola

Maxi dress termasuk kedalam salah satu jenis busana terusan yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan sebagian besar diciptakan tanpa lengan, meski ada juga yang dilengkapi dengan lengan pendek. Desain dan potongannya yang simple namun tetap terkesan modis menjadikan maxi dress begitu banyak disukai oleh para wanita sebagai busana andalan mereka saat bersantai dirumah maupun bepergian. 

Maxi Dress

Sumber : http://looksin.com/

Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk membuat maxi dress kreasi sendiri tanpa menggunakan pola? 

Maxi Dress

Sumber : https://www.poetryfashion.co.uk/

Mula-mula siapkan satu lembar bahan kain berukuran kurang lebih 2 m x 1.5 m, contoh maxi dress yang sudah jadi, beserta peralatan standar yang biasa digunakan untuk menjahit pakaian. Untuk bahan kainnnya sendiri sahabat Fitinline bisa menggunakan spendek rayon atau bahan kaos lainnya yang serupa. 

Bentangkan bahan kain yang akan digunakan untuk membuat maxi dress pada meja yang datar, kemudian letakkan contoh maxi dress yang sudah jadi diatasnya. Jika diperlukan sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.

Maxi Dress

Pindahkan seluruh garis penanda pola bagian depan dan belakang maxi dress pada bahan kain kemudian tambahkan kampuh sebesar kurang lebih 1.5 cm pada masing-masing tepinya kecuali bagian bawah maxi dress.

Karena bagian bawah maxi dress nantinya akan dilipat kedalam maka harus disediakan ruang yang sedikit lebih besar dari kampuh jahit. Untuk ukurannya sendiri sahabat Fitinline bisa menyesuaikan dengan kebutuhan misal 2.5 cm atau 3 cm.

Potong bahan kain menggunakan gunting yang tajam kemudian lepaskan contoh maxi dress yang digunakan untuk membuat pola.

Maxi Dress

Sematkan jarum pentul pada masing-masing sisi potongan bahan kain yang telah didapatkan supaya posisinya tidak berubah. 

Maxi Dress

Dengan contoh maxi dress yang sama, jiplak pola lengan maxi dress pada bahan kain. Tambahkan kampuh sebesar kurang lebih 1.5 cm pada masing-masing bagian tepinya kemudian potong dengan menggunakan gunting yang tajam.

Maxi Dress

Sambungkan bagian badan maxi dress dengan cara menjahit garis bahunya terlebih dahulu.  

Maxi Dress

Jahit pula bagian kiri dan kanan maxi dress menggunakan pola jahitan berbentuk lurus. 

Maxi Dress

Sesuaikan pengaturan mesin jahit dengan kebutuhan, supaya proses menjahitnya dapat berjalan dengan lancar.

Maxi Dress

Jika sahabat Fitinline mengalami sedikit kesulitan saat menjahit maxi dress yang dibuat dari bahan kain spandek rayon atau sejenis bahan kaos lainnya coba baca kembali pembahasan mengenai tips Menjahit Bahan Kaos Dengan Mesin Jahit Biasa.

Selesaikan bagian garis leher maxi dress dengan cara melipat tepiannya sebanyak dua kali untuk menyembunyikan bagian kain yang bertiras, kemudian tindas menggunakan pola jahitan yang berbentuk lurus.

Maxi Dress

Jika sahabat Fitinline ingin membuat maxi dress tanpa lengan, anda tinggal menyelesaikan bagian garis kerung lengannya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan untuk menyelesaikan garis leher maxi dress. 

Maxi Dress

Namun karena maxi dress yang akan kita buat kali ini akan diberi tambahan lengan maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu menjahit bagian lengan sebelum dipasangkan pada maxi dress.

Jahit bagian ketiak masing-masing lengan maxi dress melalui bagian buruk kain secara bergantian, kemudian selesaikan bagian ujung lengan maxi dress dengan cara melipatnya sedikit kebagian dalam. Tindas bagian yang telah terlipat dengan pola jahitan berbentuk lurus supaya tampilannya terkesan lebih rapi. 

Maxi Dress

Sambungkan bagian lengan dan bagian badan maxi dress dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan. 

Maxi Dress

Sematkan jarum pentul pada sepanjang sambungan lengan dan badan untuk mempermudah proses menjahitnya. 

Maxi Dress

Jahit bagian lengan dan bagian badan maxi dress secara bersamaan kemudian rapikan. 

Maxi Dress

Terakhir lipat bagian bawah maxi dress sejauh 2.5 cm hingga 3 cm (sesuaikan dengan kebutuhan) kebagian buruk kain, kemudian tindas dengan pola jahitan berbentuk lurus. 

Maxi Dress

Maxi dress siap untuk digunakan. 

Maxi Dress

Lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak video tutorial berikut ini.\

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.