Article

Homepage Article Kain 10 Kelebihan Kain Drill…

10 Kelebihan Kain Drill dan Pemanfaatannya Dalam Industri Sandang

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat seragam dan pakaian formal lainnya?. Bila anda ingin mendapatkan bahan kain yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga adem, nyaman di kulit dan memiliki daya serap keringat cukup bagus mungkin anda bisa memanfaatkan kain drill sebagai bahan utamanya.

Pengertian Kain Drill

Kain drill termasuk ke dalam jenis kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Selain membuat pintalan benang jadi makin kuat dan tak mudah lepas pola diagonal yang ada pada kain drill juga memberikan tekstur dan karakteristik unik tersendiri yang tak dimiliki jenis kain lain.

Kain Drill

Sumber : https://fitinline.com/

Kelebihan Kain Drill

Sebagai salah satu bahan kain yang berkualitas tinggi kain drill jelas memiliki karakteristik khusus yang membuatnya tampak begitu istimewa. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain drill diantaranya:

1. Tekstur Kainnya Sangat Khas

Kain drill memiliki tekstur kain yang sangat khas yakni berbentuk miring atau diagonal. Adanya alur miring pada kain drill semakin membuat pintalan kainnya lebih kuat dan tidak mudah lepas.

  • Kain drill memiliki tekstur khas berupa pintalan dalam alur miring atau diagonal. Adanya alur miring ini semakin membuat pintalan kuat dan tak mudah lepas.
  • Pola diagonal yang ada pada kain drill memberikan tekstur dan karakteristik unik tersendiri yang tak dimiliki jenis kain lain.
  • Bagian dalam dan luar kain drill umumnya berbeda sehingga mudah dikenali secara kasat mata hanya dengan melihat perbedaan gradasi warna pada kain.

Kain Drill

Sumber : https://fitinline.com/

2. Tingkat Ketebalannya Bervariasi

Kain drill tersedia dalam berbagai macam pilihan tingkat ketebalan mulai dari menengah hingga tebal (medium to heavy-weight) jadi bisa dengan bebas dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Tingkat ketebalan kain drill sendiri sangat dipengarui ukuran seratnya.

Banyaknya variasi ketebalan kain drill akan membuat pengguna jadi lebih mudah dalam membuat pakaian yang sesuai dengan kebutuhannya, apakah untuk seragam kantor, pakaian casual, maupun seragam lapangan.

Kain Drill

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Berdasarkan besar kecilnya serat kain drill sendiri secara umum dapat dibedakan menjadi tiga jenis. Bahan kain yang dimaksud yaitu kain twill drill (serat kecil), kain american drill (serat sedang), serta kain japan drill (serat besar).

  • Kain Twill Drill (Serat Kecil)

Kain twist atau sering disebut pula dengan twill drill merupakan varian drill yang memiliki serat paling kecil jika dibandingkan dengan jenis kain drill yang lain. Kain ini biasa digunakan untuk penggunaan luar ruangan (outdoor).

  • Kain twill drill memiliki sifat bahan yang lembut namun tetap kuat.
  • Kain twill drill biasa digunakan untuk membuat jas almamater dan jas komunitas.
  • Kain American Drill (Serat Sedang)

Kain bertipe American drill atau terkadang disebut pula Florida drill merupakan jenis kain yang memiliki ukuran serat diagonal yang lebih besar (medium) jika dibandingkan dengan ukuran serat jenis twist atau twill drill.

  • Kain American drill tersusun atas komposisi serat katun dan polyester jadi cenderung lebih kuat sekaligus adem saat digunakan.
  • Kain American drill umum digunakan sebagai bahan kemeja lapangan (PDL), kemeja kantor (PDH), jas almamater, wearpack dan coverall, seragam tambang, karyawan pabrik, peusahaan otomotif, pekerja konstruksi serta perkebunan.
  • Kain Japan Drill (Serat Besar)

Kain Japan drill merupakan jenis kain yang memiliki ukuran serat diagonal lebih besar dari pada American drill dan twill drill, sehingga sifat kainnya lebih tebal dan juga kuat.

  • Material penyusun kain Japan drill memiliki komposisi katun yang lebih tinggi.
  • Dengan komposisi katunnya yang tinggi daya serat keringat yang dimiliki menjadi lebih baik.
  • Kelebihan lain dari kain Japan drill yaitu warnanya tidak mudah luntur dan memiliki konsentrasi katun yang tinggi.

Nagata drill merupakan salah satu merek ternama dari kain jenis Japan drill yang berserat besar. Kain ini secara umum terusun oleh komposisi katun yang lebih dominan sehingga permukaannya lembut, tebal, serta kuat.

Kain Drill

Sumber : https://fitinline.com/

Selain ketiga jenis kain drill yang sudah disebutkan di atas terdapat pula satu jenis serat yang lebih besar yakni jenis Raphael. Kain ini diberi nama demikian karena memang sering dipakai untuk produk fashion merk Raphael.

Kualitas dan harga kain drill biasanya menyesuaikan dengan bahan dasarnya. Semakin banyak kadar katunnya maka harganya juga semakin mahal.

3. Kuat dan Tahan Lama

Kain drill dikenal sebagai salah satu jenis kain yang kuat dan tahan lama jika terkena tarikan, tekanan bahkan gesekan. Dengan karakteristiknya yang kuat kain dan tahan lama tidak mengherankan jika kain drill sering dipilih untuk membuat seragam kerja yang membutuhkan bahan tekstil yang kuat.

  • Kain drill memiliki pintalan yang sangat kuat dan sudah teruji di kelasnya, sehingga tak mudah robek sekalipun tergores benda tajam.
  • Dibandingkan dengan  bahan seragam lainnya, kain drill terkenal lebih awet dan tahan lama.
  • Kain drill tidak mudah rapuh setelah dipakai dan dicuci berulang-ulang untuk jangka waktu yang lama.

4. Bahannya Adem

Kelebihan lain yang ditawarkan kain drill yaitu bahan ini memiliki karakteristik adem dan tidak mudah meleleh jika terkena panas.

  • Kain drill memiliki kandungan katun sebagai salah satu material penyusunnya jadi tergolong adem dan nyaman saat dikenakan untuk beraktifitas.
  • Selain itu kain drill juga tidak mudah meleleh jika terkena panas jadi sangat ideal digunakan untuk membuat seragam chef atau seragam pekerja lapangan yang beraktifitas di dekat sumber panas.

5. Mudah Menyerap Keringat

Kain drill termasuk ke dalam jenis kain yang mudah menyerap keringat dan tidak pengap (breathable) tapi ini juga tergantung pada komposisi bahan penyusunnya. Kain drill yang memiliki lebih banyak kandungan katun biasanya memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menyerap keringat.

6. Tenunan Kainnya Rapat

Kain drill memiliki jalinan benang atau hasil tenunan yang rapat sehingga membuat kain drill jadi tidak mudah robek, tidak mudah kusut dan memiliki tekstur yang lembut.

Kain Drill

Sumber : https://fitinline.com/

7. Tahan Kusut

Kain drill termasuk ke dalam jenis bahan kain yang tahan kusut atau tidak mudah kusut. Sekalipun digunakan seharian untuk berbagai kegiatan, tampilan kainnya akan tetap rapi dan tertata.

  • Kain drill memiliki kelebihan tersendiri karena bahannya tidak mudah kusut ataupun lecek.
  • Karena tidak mudah kusut jenis kain ini juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk bisa mempertahankan kualitas bahannya.

8. Pilihan Warnanya Banyak

Kain drill sangat mudah untuk didapatkan dan bisa dijumpai dalam berbagai warna yang cukup beragam. Tidak hanya terbatas pada warna khaki atau warna lain yang menyerupai debu tapi ada juga beberapa jenis kain drill yang memiliki warna cerah atau justru cenderung gelap.

Kain Drill

Sumber :  https://fitinline.com/

9. Tidak Mudah Pudar

Selain pilihan warnanya ada banyak, kain drill pada prinsipnya memiliki kualitas warna yang baik dan tidak mudah pudar. Selama proses pencucian dan cara menjemurnya benar, maka warna kain drill akan tetap terlihat cerah dan bagus walaupun sudah lama digunakan.

10. Cara Perawatannya Mudah

Kain drill termasuk ke dalam jenis kain yang cukup mudah dalam hal perawatannya. Selain cara perawatannya cukup mudah proses pengeringan kain drill ini juga bisa dibilang lebih cepat.

Kekurangan Kain Drill

Dibalik sejumlah keunggulan yang ditawarkannya kain drill sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Sekalipun keunggulan kain drill lebih banyak dibanding kelemahannya, tetapi tidak ada salahnya juga bila anda mengetahui kelemahan dari jenis kain yang satu ini.

  • Beberapa jenis kain drill mungkin akan luntur saat pencucian pertama, namun untuk pencucian kedua dan selanjutnya, hampir tidak terjadi luntur kecuali jika direndam terlalu lama.
  • Bahan drill mungkin akan terasa berat dipakai ketika basah karena terkena air hujan atau genangan air. Meski demikian kebanyakan orang tidak begitu mempermasalahkan hal tersebut.

Pemanfaatan Kain Drill

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri sandang, sampai saat ini kain drill sebenarnya telah banyak digunakan untuk berbagai macam pakaian. Beberapa jenis pakaian yang banyak menggunakan kain drill sebagai bahan utamanya yaitu:

1. PDL dan PDH

PDL sebenarnya merupakan singkatan dari kata “Pakaian Dinas Lapangan” sedangkan PDH adalah singkatan dari kata “Pakaian Dinas Harian”. Perbedaan paling mendasar antara PDL dan PDH yaitu:

  • PDH merupakan pakaian yang didesain untuk dikenakan oleh seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari dilingkungan kerja, pada area tertutup.
  • PDL merupakan pakaian yang dibuat untuk digunakan saat melaksanakan tugas pada area yang banyak berhubungan dengan kegiatan dilapangan dan sejenisnya.

ABRI, TNI, POLRI, Security, PNS, Satpol PP, Dishub, Linmas/Hansip, Damkar serta dinas lainnya biasa mengenakan PDL atau PDH ketika melaksanakan tugasnya.

2. Jas Almamater

Jas almamater merupakan pakaian penting yang menjadi simbol kehormatan, identitas dan kebanggan para mahasiswa. Untuk membedakannya dengan kampus lain, jas almamater yang dipakai di setiap kampus pun memiliki desain jas yang berbeda.

  • Kerah yang umum digunakan pada jas almamater yaitu berupa notch lapel, walaupun ada juga yang menggunakan jenis krah shanghai atau mandarin.
  • Untuk saku yang digunakan biasanya berupa saku vest dibagian atas dan saku klep di bagian bawah.
  • Kancing jas almamater terdiri dari kancing dua baris dan tiga baris, tergantung dari desain institusi pendidikan.
  • Desain belahan belakang menggunakan single vest, tetapi ada pula yang tidak menggunakan belahan.
  • Desain lengan jas almamater biasanya dibuat licin supaya terkesan lebih formal, rapi dan lebih tegas.

Ingin membuat jas almamater sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload pola celana dari kami.

Pola jas almamater yang dimaksud yaitu pola jas sederhana yang biasanya digunakan dalam pembuatan jas almamater. Yang dimaksud dengan jas sederhana adalah jas yang pengerjaannya tanpa menggunakan teknik tailoring dan meminimalisasi penggunaan interlining sehingga pengerjaannya lebih mudah dan lebih cepat.

Pola Jas Almamater

Sumber : https://fitinline.com/

3. Wearpack

Wearpack termasuk ke dalam jenis baju keselamatan kerja atau pakaian safety (safety wear) yang biasa dipakai pada beberapa bidang pekerjaan tertentu, dengan tujuan agar pemakainya terlindung dengan baik dari kemungkinan cidera ringan hingga berat.

  • Untuk seragam kerja bagi pegawai bengkel misalnya, wearpack biasa digunakan untuk melindungi tubuh dari oli dan kotoran.
  • Selain digunakan sebagai alat pelindung tubuh, wearpack juga bisa dipakai untuk menunjukkan identitas sebuah perusahaan, menyeragamkan pekerja dan membedakan jabatan pemakainya.

Ingin membuat wearpack sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Wearpack dari kami. Pola wearpack ini merupakan pola pakaian safety model one piece yang biasanya dipakai di bengkel atau bipekerjaan lapangan lainnya.

Pola Wearpack

Sumber : https://fitinline.com/

4. Baju Safari

Baju safari dapat didefinisikan sebagai pakaian pria bermodel jas yang dilengkapi dengan saku dibagian depan. Sekalipun diklasifikasikan ke dalam jenis jas, namun baju safari ini kebanyakan menggunakan model kerah yang berbeda dengan jas.

  • Baju safari dengan model apapun umumnya selalu menggunakan kerah yang unik, salah satunya yakni kerah sport.
  • Baju safari selama ini lebih banyak didominasi oleh warna-warna netral seperti hitam, putih, krem, coklat, abu-abu dan warna lain yang senada.
  • Baju safari identik sebagai baju yang selalu memiliki garis hias berbentuk vertikal, garis bentuk horisontal, garis lipit hias dan garis-garis saku.
  • Baju safari biasanya memiliki empat buah saku dengan warna yang senada di bagian badan depan.
  • Lengan baju safari bisa dibuat panjang ataupun pendek. Khusus untuk lengan panjang modelnya bisa dibuat seperti lengan jas.
  • Siluet baju safari cenderung berbentuk H-line atau S-line dengan potongan bergaya sporty.

5. Celana Pria dan Wanita

Celana pria dan celana wanita menjadi produk pelengkap sandang berikutnya yang juga banyak di buat dari kain drill. Celana untuk wanita biasa disebut dengan slack sedangkan celana untuk pria biasa disebut dengan pantalon.

Ingin membuat celana pria dan celana wanita sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload pola celana dari kami.

Pola Celana

Sumber : https://fitinline.com/

6. Rompi

Rompi merupakan sejenis pakaian yang biasa disebut pula dengan vest. Istilah tersebut berasal dari bahasa Perancis, yakni dari kata “veste” yang berarti model baju tanpa lengan yang menutupi tubuh.

  • Rompi awalnya banyak dipakai dengan setelan jas oleh pria sebagai pelengkap gaya busana formal.
  • Untuk saat ini kebanyakan orang lebih sering menggunakan rompi di bawah mantel sebagai penghangat.

7. Pakaian Chef

Produk pelengkap sandang berikutnya yang juga banyak dibuat dari kain drill yakni berupa pakaian chef dan kru dapur. 

  • Seragam chef diperlukan untuk melindungi chef agar tidak terkena panas dari kompor dan oven, serta tumpahan atau percikan cairan panas.
  • Seragam chef juga menjaga higienitas makanan serta keamanan para chef dan kru dapur lainnya.

Selain digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian pria dan wanita, kain drill sebenarnya juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti tote bag dan topi lho. Dengan memanfaatkan kain drill sebagai bahan utamanya pasti produk yang dihasilkan bisa lebih awet dan tahan lama.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik kain drill dan pemanfaatannya dalam berbagai produk sandang yang dapat kami bagikan untuk anda. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa selain memiliki karakteristik yang sangat khas pemanfaatan kain drill ternyata juga sangat luas ya.

  • Kain drill memiliki permukaan yang khas berbentuk garis-garis miring atau diagonal. Komposisi material penyusunnya yaitu berupa campuran antara katun dan polyester.
  • Secara garis besar kain drill memiliki tekstur yang lembut, kuat, tahan kusut dan warnanya juga tidak mudah pudar.
  • Berdasarkan besar kecilnya serat kain drill dibagi menjadi tiga jenis, diantaranya berupa kain twill drill (serat kecil), kain american drill (serat sedang), serta kain japan drill (serat besar).
  • Kain drill sangat cocok jika digunakan untuk seragam kantor (indoor) maupun seragam lapangan (outdor) karena desainnya yang kuat, lebih rapat, tebal, dan tenunan kainnya lebih kokoh.

Butuh bahan kain drill berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan Kain Drill yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.