Article

Homepage Article Advertorial Mau Memperluas Networking?…

Mau Memperluas Networking? Gabung di HMPKKI, Himpunan Mahsiswa Jurusan PKK di Indonesia!

HMPKKI

Sumber: HMPKKI

Ada kabar baik nih untuk seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK); jurusan Tata Busana; dan juga jurusan Tata Boga. Sebab, mahasiswa dari ketiga jurusan ini ternyata memiliki sebuah organisasi sosial yang bisa mendukung kehidupan perkuliahan kalian, loh. Organisasi ini dikenal dengan nama HMPKKI atau Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Indonesia.
Apa Itu HMPPKI?

HMPKKI

Sumber: HMPKKI

Secara garis besar, HMPKKI merupakan sebuah himpunan mahasiswa yang menaungi mahasiswa jurusan PKK, Tata Busana, dan Tata Boga dari seluruh universitas di Indonesia. Dimulai dari:

  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  2. Universitas Negeri Semarang (UNS)
  3. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
  4. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  5. Universitas Negeri Malang (UM)
  6. Universitas Negeri Makassar (UNM)
  7. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  8. Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  9. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  10. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (UST)
  11. Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  12. Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) AKK Yogyakarta
  13. Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)
  14. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  15. Universitas Negeri Padang (UNP)

“Cuma ada beberapa universitas saja yang mau bergabung pada awalnya. Namun setiap tahun itu bersyukurnya setiap tahun bisa bertambah terus begitu sehingga akhirnya bisa ada 15 anggota. Tentunya 15 universitas yang tergabung di HMPKKI ini ada jurusan PKK, Boga, dan juga Busana. Nah untuk tiga jurusan ini,HMPKKI bukan hanya bagi jenjang pendidikan strata satu (s1) saja, tapi bagi vokasional juga,” jelas Balqis Afifah Adilah selaku Ketua Umum dari HMPKKI periode 2022/2023.

Dalam wawancaranya bersama Fitinline (21/12/2022), perempuan yang akrab dipanggil Balqis ini menjelaskan bahwa dirinya ingin jaringan komunikasi HMPKKI bisa terus diperluas. Tidak berhenti di 15 universitas saja, namun juga bisa menjangkau lebih luas lagi. Dengan begitu, para mahasiswa yang menjadi anggota pun bisa mendapatkan hal baru.

Visi dalam masa kepemimpinannya ini pun juga sejalan dengan tujuan didirikannya HMPKKI. Di mana organisasi ini memiliki tujuan untuk bisa memfasilitasi mahasiswanya dalam pengembangan keilmuan. Baik dari segi wawasan luas, pengabdian masyarakat, kesadaran berorganisasi, kepedulian sosial, maupun bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, organisasi yang berdiri pada tahun 2017 ini pun memberikan penyediaan layanan yang dapat digunakan. Misalnya seperti wadah komunikasi secara sosial maupun terapan di Indonesia; wadah pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) dalam bidang yang linear dengan anggota HMPKKI; wadah penyaluran aspirasi pemberdayaan dan persatuan mahasiswa; maupun wadah pengabdian kepada masyarakat.

“Mengingat yang bergabung adalah mahasiswa, jadi pasti ada banyak banget acara berupa perlombaan atau webinar dari universitas lain. Nantinya itu bisa mengembangkan potensi, ataupun meningkatkan informasi juga buat anak-anak. Mereka juga bisa mengambil ilmu dari universitas lain, yang sekiranya bisa meningkatkan programnya menjadi lebih baik lagi,” ucap mahasiswa tahun akhir dari UNESA ini.

Bagaimana Latar Belakang HMPKKI Dibangun?

HMPKKI

Sumber: HMPKKI

Terbentuknya himpunan mahasiswa se-Indonesia ini bermula dari inisiatif para mahasiswanya sendiri. Di mana mereka bertujuan untuk membangun sebuah komunitas atau himpunan besar dengan jangkauan seluruh Indonesia, supaya mempermudah komunikasinya. Akhirnya, tujuan tersebut pun tercapai ketika mereka berhasil mengadakan kongres pertama pembentukan HMPKKI ini di tahun 2017.

“Kongres pertama itu diadakan pada Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung dahulu. Di mana hal itu juga melalui dari persetujuan-persetujuan mahasiswa seluruh Indonesia. Namun karena ini murni dari mahasiswanya sendiri, jajaran dosen pun tidak terlalu ikut campur sama HMPKKI. Biasanya cuma konsultasi begitu saja jika ada sesuatu,” terang Balqis.

Melihat HMPKKI ini hampir sama seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di kampus. Maka organisasi akan ada pergantian kepemimpinan dalam setiap periode, dengan kegiatan yang berbeda-beda. Saat di tahun periode 2022/2023 ini, Balqis pun berusaha mengadakan beberapa variatif kegiatan, seperti support partner, media partner, hingga penggalangan dana. Adapun support partner yang dimaksud adalah dengan mendukung berbagai kegiatan yang diadakan oleh HMJ dari setiap universitas.

Akhirnya, tindakan tersebut pun berhasil mendatangkan respon yang positif dari para mahasiswa terhadap HMPKKI. Di mana pernyataan ini dapat dibuktikan dari tanggapan  Silvi Nor Khomala Sari, mahasiswa jurusan Tata Busana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, yang juga menjadi anggota HMPKKI.

“Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung di HMPKKI. Misalnya seperti mendapatkan relasi dari berbagai daerah di Indonesia, dapat bertukar pikiran dengan teman-teman sejurusan tentang masalah perkuliahan, mendapatkan informasi kegiatan yang sejurusan, maupun mendapatkan inspirasi untuk acara yang menyangkut program studi,” pungkas Silvi.

Bagaimana Liners, jadi paham bukan kalau ternyata ada himpunan mahasiswa di Indonesia yang bisa bermanfaat bagi kehidupan perkuliahan kalian? Pantau terus media Fitinline.com untuk mendapatkan informasi terbaru terkait fashion.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.