Article

Homepage Article Fashion Design 6 Referensi Gaya Berpakaian…

6 Referensi Gaya Berpakaian Yang Modis Untuk ke Kantor

Bingung memilih outfit yang cocok dipakai untuk pelengkap gaya penampilan saat pergi ke kantor?. Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya salah kostum berikut kami bagikan beberapa referensi gaya berpakaian yang bisa anda coba dalam berbagai situasi dan lingkungan kerja yang berbeda-beda.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Busana Kerja

Busana kerja merupakan sejenis busana yang dapat dipakai ketika melakukan pekerjaan. Untuk alasan kenyamanan busana kerja inipun harus memenuhi beberapa kriteria penting seperti sederhana dalam bahan, warna dan model, praktis dan mudah dalam pemeliharaan, serta sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan pemakainya.

Gaya Busana Untuk Ke Kantor

Masih suka bingung ketika memilih outfit untuk ke kantor?. Untuk menghindari terjadinya salah kostum berikut kami bagikan beberapa referensi gaya busana kerja dalam berbagai situasi berbeda yang bisa anda coba.

1. Baseline Casual

Baseline casual merupakan dress code yang sangat identik dengan kesan casual dan santai. Meski demikian bukan berarti anda bisa asal memadupadankan pakaian robek, celana pendek bermuda, atau atasan tanpa lengan.

Untuk tampil keren dalam balutan busana bernuansa baseline casual anda bisa memakai sweater yang dipadupadankan dengan jeans warna gelap. Setelahnya tambahkan flat shoes untuk wanita dan sepatu kets untuk pria.

Gaya Berpakaian ke Kantor

Sumber : https://lookastic.com/

Selain flat shoes, sandal terbuka yang memiliki sedikit heels sebenarnya juga masih aman dipakai untuk pelengkap gaya penampilan wanita. Yang penting bukanlah sendal jepit atau sepatu sandal tanpa hak.

Gaya Berpakaian ke Kantor

Sumber : https://theeverygirl.com/

2. Smart Casual

Smart casual merupakan gaya berpakaian untuk ke kantor yang terlihat santai tapi tetap profesional. Singkatnya gaya berpakaian smart casual ini dikenal sebagai salah satu dress code yang banyak diandalkan oleh pria dan wanita untuk menampilkan kesan “casual” dan “smart” dalam waktu yang bersamaan.

  • Untuk tampil keren dalam dress code smart casual anda bisa mengenakan pakaian yang ekspresif dengan warna-warna terang serta motif menarik.
  • Tambahkan blazer atau sweater yang modis agar penampilan yang dihasilkan jadi terkesan lebih modis dan rapi.
  • Untuk membuat penampilan tampak lebih formal, ganti celana jeans yang terlalu casual dengan celana bahan.
  • Terakhir tambahkan sneakers yang santai atau sepatu lain yang modelnya agak tertutup untuk mempertegas kesan smart casual yang ingin ditampilkan.

Gaya Berpakaian ke Kantor

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk anda yang mau tahu lebih detail lagi mengenai tips padupadan busana yang tepat untuk gaya smart casual simak juga panduan gaya smart casual yang keren untuk wanita dan juga pria.

3. Business Casual

Business casual identik dengan gaya kasual yang tidak melanggar etika berbisnis yakni tetap terlihat profesional. Walaupun menampilkan kesan profesional namun baju yang dipakai tidak harus berupa jas atau blazer yang terlihat sangat formal.

  • Business casual termasuk ke dalam salah satu dress code yang paling banyak ditemui di kantor-kantor Indonesia.
  • Business casual biasanya ditandai dengan penggunaan busana yang santai, cenderung tertutup dan rapi.
  • Baju kerja dengan tema business casual juga bisa diaplikasikan saat menghadiri wawancara kerja.
  • Penggunaan sneakers dengan warna polos untuk dress code ini masih diperbolehkan tapi lebih bagus jika diganti dengan sepatu semi-formal atau formal.

Gaya Berpakaian ke Kantor

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Business Professional

Business profesional merupakan gaya berpakaian yang banyak digunakan oleh para pria dan wanita yang bekerja di firma hukum, kantor pemerintahan maupun instansi lainnya. Beberapa contoh fashion item yang wajib dipakai untuk gaya ini diantaranya:

  • Kemeja polos, jas dan dasi, celana bahan, ikat pinggang, sepatu pantofel atau sepatu formal lainnya untuk pria.

Gaya Berpakaian ke Kantor

Sumber : https://theessentialman.com/

  • Sementara untuk wanita bisa memakai kemeja formal, celana panjang atau rok formal, serta sepatu high heels yang tertutup.
  • Khusus untuk para wanita yang ingin tampil feminim dengan menggunakan rok, pilihlah rok yang ukurannya sesuai dengan bentuk dan proporsi tubuh.
  • Jangan sampai terlalu sempit ataupun pendek, karena hal semacam ini hanya akan merusak keseluruhan penampilan.

Gaya Berpakaian ke Kantor

Sumber : https://www.refinery29.com/

5. Business Formal

Business formal merupakan salah satu gaya berpakaian untuk ke kantor yang biasa digunakan saat ada acara gala dinner atau acara-acara formal lainnya. Dalam hal ini pakaian yang lebih elegan nan formal adalah yang paling cocok digunakan.

  • Setelan jas dan dasi menjadi suatu hal yang wajib bagi para pria kalau mau tampil keren dalam dress code business formal

Gaya Berpakaian ke Kantor

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

  • Sementara untuk wanita bisa memakai setelan jas, blazer atau gaun ketat lalu tambahkan sepatu yang cenderung tertutup dengan hak tidak lebih dari 10 cm.

Gaya Berpakaian ke Kantor

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dari segi tampilan, dress code business formal untuk pria sepintas memang mirip dengan business professional. Bedanya untuk dress code yang satu ini anda juga dapat mengenakan setelan lain seperti tuxedo yang terkesan lebih glamor untuk acara spesial.

6. Gender Neutral

Gender neutral merupakan gaya berpakaian yang cenderung bersifat netral, artinya bisa dikenakan oleh pria dan juga wanita. Beberapa contoh fashion item yang bisa dipakai antara lain berupa kemeja, blazer, celana panjang dan sepatu.

  • Gender neutral bisa menjadi pilihan yang tepat untuk wanita yang cenderung suka berpenampilan tomboy.
  • Gender neutral termasuk ke dalam pilihan gaya busana yang memberikan kesan profesional dan rapi.
  • Gender neutral yang identik dengan celana memungkinkan wanita untuk beraktifitas lebih leluasa dibandingkan dengan rok.

Gaya Berpakaian ke Kantor

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah referensi gaya berpakaian untuk ke kantor sesuai dengan  situasi dan lingkungan kerja yang berbeda-beda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih outfit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Yang pasti sebelum memutuskan untuk memilih satu di antara sejumlah gaya berpakaian yang sudah disebutkan di atas, pastikan anda sudah mengetahui terlebih dahulu aturan berpakaian di perusahaan tempat anda bekerja.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak lagi informasi terkait dengan teknik menjahit dan tips mendesain busana anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.