Article

Homepage Article Fashion Design Co-Exist : Fashion Trend…

Co-Exist : Fashion Trend Forecast 2023/2024

Munculnya semangat untuk selalu bersama-sama akibat dampak dari masa pandemi Covid-19 yang masih belum pasti, melahirkan persepsi fashion trend forecasting untuk tahun 2023-2024 yang dikenal dengan sebutan Co-Exist. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang konsep Co-Exist itu sendiri langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang CO-Exist

Co-Exist yang memiliki makna hidup bersama menjadi tema besar yang dirumuskan Indonesia Fashion Chamber (IFC) bersama dengan pemerintah sebagai panduan fashion trend 2023/2024. Kunci utama trend Co-Exist sendiri yaitu kesadaran bahwa manusia tidak mungkin hidup sendiri alias harus hidup berdampingan ntara satu dengan yang lain.

Klasifikasi Tema Co-Exist

Dari satu tema besar yakni Co-Exist lahirkan pula persepsi atau pola pikir dari dampak masa pandemi yang terbagi dalam empat kelompok konsumen untuk Fashion Trend Forecasting 2023/2024. Empat kelompok konsumen yang terbentuk dalam Co-Exist yakni The Survivors, The Soul Searchers, The Saviors dan The Self Improvers.

1. The Survivors

The survivors merupakan sub tema Co-Exist yang menggambarkan semangat dan sifat optimis untuk terus bertahan di tengah keterbatasan dan kekurangan. Optimisme inilah yang menjadikan The Survivor berpikiran positif, melahirkan kreativitas agar roda kehidupan tetap berputar.

  • Tetap tampil dandy dalam potongan busana rapi menjadi salah satu pilihan gaya The Survivors.
  • Kombinasi warna-warna cerah dan kontras yang menggambarkan semangat dan optimisme menjadi pilihan utama bagi The Survivors.
  • Reuse, renewal dan upcycle barang-barang lama ke dalam bentuk dan tampilan baru yang kental dengan nuansa vintage juga menjadi bagian dari keseharian The Survivors.
  • Sementara untuk motifnya The Survivors lebih banyak menampilkan motif kembang-kembang besar atau motif abstrak yang dipadukan dengan motif-motif geometris.

Yang pasti untuk urusan penampilan The Survivors banyak menghadirkan baju-baju kesayangan yang telah lama tersimpan dan sudah agak pudar warnanya digunakan kembali. Untuk mengubah tampilannya baju-baju tersebut bisa direka ulang agar tampilannya tampak berbeda.

Buat anda yang tertarik untuk mengaplikasikan konsep The Survivors ke dalam gaya sehari-hari anda bisa mencoba untuk menambahkan aksen berupa olah bahan, mengubah siluet busana basic style, meniadakan lengan serta memodifikasi jas oversized dengan potongan sederhana.

Fashion Trend 2023/2024

Sumber : E-Book Fashion Trend 2023/2024

2. The Soul Searchers

The Soul Searchers menggambarkan individu yang mencari keseimbangan emosi setelah lama terbebani oleh pekerjaan dengan cara mencari ketenangan di tempat-tempat yang indah dan terpencil. Dari fenomena tersebut muncullah inspirasi baru dalam gaya busana The Soul Searchers yang banyak menggunakan sentuhan wastra tradisional.

  • Desain yang lebih banyak menonjolkan sentuhan kerajinan wastra tradisional seperti eco-print menjadi ciri khas The Soul Searchers.
  • Bentuk-bentuk busana yang loose, serba longgar dan nyaman dipakai mewakili perasaan The Soul Searchers yang riang dan bebas.
  • Bahan-bahan yang ringan dan memiliki kesan menenangkan menjadi bahan yangdominan untuk koleksi The Soul Searchers.
  • Patchwork, tenunan, macrame, ataupun anyaman yang kelihatan masih kasar dan mentah juga menambah indah aksen busana.
  • Sementara untuk pilihan warnanya koleksi busana The Soul Searchers lebih banyak didominasi warna-warna natural dalam nuansa pastel yang menyejukkan dan menenangkan. Dapat ditambahkan pula warna-warna berani untuk memberi kesan gembira.

Yang pasti gaya busana The Soul Searchers tidak jauh-jauh dari busana yang desainnya loose, serba longgar, nyaman memiliki bahan ringan dan identik degan nuansa pastel. Pernak-pernik yang menjadi ciri khas rustic craft juga tak lupa dijadikan sebagai aksen.

Fashion Trend 2023/2024

Sumber : E-Book Fashion Trend 2023/2024

3. The Saviors

The Saviors merupakan kelompok yang berjasa untuk menolong, terus berinisiatif demi membantu sesama yang sedang mengalami kesulitan tanpa memandang perbedaan. Terinspirasi dari hal tersebut lahirlah desain busana yang tegas dan terlihat sporty.

  • Desain yang muncul dalam keseharian The Saviors identik dengan kesan maskulin dengan struktur baju yang lebih tegas dan terlihat sporty.
  • Warna-warna maskulin bernuansa keabu-abuan yang dipadukan dengan cobalt blue serta dusty pink menjadikan palet warna tersebut tidak kelihatan membosankan.
  • Terinspirasi oleh batik sekar jagad, The Saviors tak segan mencampur motif dan warna secara berani.
  • Keberanian The Saviors juga ditampilkan pada desain busana militer yang diperhalus melalui siluet dan bahan yang lebih luwes, lentur mengikuti bentuk tubuh namun tetap kelihatan gagah.
  • Pengembangan blus dan jacket hoodie dengan aneka variasi kantong menjadi pilihan utama The Saviors.

Yang pasti untuk urusan berbusana The Saviors termasuk ke dalam kelompok yang inventif dan selalu memperlengkapi diri dengan busana yang praktis dan multi fungsi. Empati serta nilai-nilai etis yang dianut The Saviors tercermin dari penampilan yang bersahaja dan tidak berlebihan.

Fashion Trend 2023/2024

Sumber : E-Book Fashion Trend 2023/2024

4. The Self Improvers

Penuh semangat bereksplorasi dalam dunia maya membuat kelompok The Self Inprover selalu tertantang untuk meningkatkan kemampuan dan jati diri dengan bereksperimen. Dari fenomena yang ada The Self-Improvers lantas menerjemahkan ketidaklaziman tersebut pada busana.

  • Siluet, warna, detail, material dan struktur yang diusung The Self-Improvers secara umum terkesan jauh dari realita sehari-hari / seakan hanya berada di dunia maya.
  • Wujud-wujud kreasi dan inovasi yang tadinya ada dalam dunia maya tersebut selanjutnya diterjemahkan dan diwujudkan menjadi busana yang lebih berdaya pakai (wearable).
  • Semantara palet warna yang mendominasi The Self-Improvers sebagian besar terdiri dari warna-warna cerah, yang bisa berdiri sendiri atau diaplikasikan dalam multi gradasi.

Yang pasti untuk urusan berbusana The Self-Improvers hadir dengan desain busana yang wujudnya fantastis dan di luar realita (beyond nature) namun tetap berdaya pakai (wearable). Penggunaan warna neon sampai dengan design futuristik bersama bahan-bahan baru juga menjadi cerminan dari The Self-Improvers.

Fashion Trend 2023/2024

Sumber : E-Book Fashion Trend 2023/2024

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah konsep desain yang tergabung dalam satu tema besar  yakni Co-Exist. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi gambaran dan menjadi sumber inspirasi bagi anda dalam memilih outfit yang tepat dan sesuai dengan fashion trend yang berkembang untuk masa yang akan datang.

Untuk anda yang mau tahu lebih banyak lagi informasi terkait dengan teknik menjahit dan tips mendesain busana anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.