Article

Homepage Article Fashion Design 10 Jenis Item Fashion Yang…

10 Jenis Item Fashion Yang Cocok Dipadukan Dengan Blazer Wanita

Blazer dikenal sebagai salah satu jenis item fashion yang dapat dipakai dalam berbagai gaya. Meski kerap diidentikkan sebagai busana kerja, blazer yang diciptakan dalam berbagai macam warna dan corak pada prinsipnya juga bisa diandalkan untuk acara casual asal padupadannya juga sudah tepat.

Pengertian Blazer Wanita

Blazer wanita dapat didefinisikan sebagai salah satu item fashion yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, blazer ini tidak harus selalu dipadukan dengan blus dan rok tapi bisa juga dikenakan kaos dan celana jeans.

Jenis-Jenis Blazer Wanita

Mau tampil setingkat lebih modis dan stylish dalam balutan blazer tapi masih bingung harus memilih lazer yang seperti apa?. Supaya anda tidak salah dalam memilih blazer kenali dulu yuk model blazer yang pas dengan bentuk tubuh.

1. Blazer Tanpa Kerah

Blazer tanpa kerah bisa menjadi pilihan paling tepat untuk anda yang memiliki bentuk tubuh lebih lebar di bagian atas (bahu dan punggung) dari pada tubuh bagian bawah.

2. Blazer Boxy

Blazer boxy yang dilengkapi garis tegas pada bagian bahu cocok digunakan untuk wanita yang memiliki bentuk tubuh lurus dan nyaris tanpa lekukan.

  • Bila anda ingin menggunakan blazer model boxy saat ke kantor, anda bisa memadukannya dengan blus wanita dan celana kulot.
  • Sementara untuk setelan kasual, anda bisa memaduka model blazer boxy dengan kaos dan celana jeans saja.

3. Blazer Model Crop

Blazer model crop merupakan pilihan paling pas yang dapat dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh mungil.

4. Fitted Blazer

Fitted blazer termasuk ke dalam jenis blazer yang dapat digunakan untuk memperindah bentuk dan lekuk tubuh khususnya bagi wanita yang memiliki bentuk tubuh jam pasir.

5. Blazer Panjang

Blazer dengan panjang sampai menutupi setengah paha sangat pas jika dikenakan oleh anda yang memiliki bentuk tubuh seperti buah pir alias memiliki pinggul besar.

Padupadan Blazer Wanita

Berbicara mengenai blazer, lantas jenis baju seperti apa ya yang kira-kira cocok untuk dipadukan dengan blazer itu sendiri. Untuk memudahkan dalam menentukan padupadannya mungkin anda bisa memilih salah satu item fashion berikut.

1. Blus Wanita

Blus dapat dikategorikan ke dalam jenis busana penutup tubuh bermodel longgar yang memiliki ukuran panjang hingga sebatas pinggang dan terkesan menggantung saat dikenakan. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, blus ini biasanya dapat dibuat dengan atau tanpa kancing.

Beberapa ciri paling khas dari blus wanita yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Pertama blus tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depannya.
  • Blus tidak selalu menggunakan manset.       
  • Beberapa baju blus wanita ada yang dilengkapi dengan kerah namun ada juga yang tidak.
  • Bentuk kerah yang ada pada blus sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Lengan yang diaplikasikan pada blus bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  • Model lengan blus juga dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran.
  • Bagian bawah baju blus wanita tampak menggantung saat dikenakan.

Blazer yang dipadukan dengan blus wanita dan rok span sangat cocok dijadikan sebagai dresscode untuk menghadiri acara formal maupun pakaian saat bekerja di kantor. Alternatif lain anda bisa juga mengenakan blazer yang dipadukan dengan blus wanita dan celana bahan.

Blazer Wanita

Sumber : https://www.indiamart.com/

2. Rok Span

Rok span juga termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion yang cocok dipadukan dengan blazer dan blus wanita jika anda membutuhkan outfit yang keren tapi tetap terlihat nyaman digunakan saat bekerja di kantor.

Rok span sendiri sebenarnya termasuk ke dalam jenis rok yang didapat dari pengembangan model rok basic. Selain dibuat dalam model span ada juga jenis rok lain yang memiliki desain sangat mirip yakni rok semi span.

Hal mendasar yang membedakan rok span dan rok semi span diantaranya:

  • Rok span merupakan jenis rok wanita yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah.
  • Rok semi span memiliki ciri yang sangat khas yakni bagian sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.

Blazer Wanita

Sumber : https://www.sumissura.com/

Ingin membuat rok span sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar pola dan menjahitnya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload video tutorial Cara Membuat Pola Rok dan Cara Menjahit Rok Span dari kami.

3. Celana Kain

Tak kalah menarik dari rok span dan rok semi span, celana kain juga dapat dipadupadankan dengan blazer jika anda membutuhkan outfit yang tidak hanya cocok untuk diandalkan saat meeting atau bekerja di kantor tapi juga bisa dipakai saat hangout.

Buat anda yang mau tampil minimalis dengan celana kain dan blazer yang stylish mungkin anda bisa mencontek tips berikut.

  • Padukan blazer dan celana kain yang berwarna senada dengan kaus berwarna netral kemudian tambahkan sneakers putih supaya penampilan anda semakin stylish.
  • Untuk gaya yang lebih formal celana kain juga bisa terlihat semakin menawan jika dipadukan dengan mules atau sandal berbentuk sepatu.
  • Jangan ragu untuk memadukan blazer bermotif kotak-kotak dengan celana kain yang bermotif senada. Perpaduan semacam ini sangat cocok dijadikan sebagai ide untuk gaya fashion ke kantor.
  • Bagi anda pecinta warna monokrom, anda bisa memadupadankan blazer dan celana kain hitam dengan kaus garis-garis horizontal putih hitam untuk mendapatkan tampilan yang elegan.

Blazer Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

Ingin membuat celana kain sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Celana Wanita Ukuran SNI dari kami.

4. Kaos Oblong

Dikenal sebagai salah satu item fashion favorit bagi banyak orang karena desainnya yang simple terasa sangat nyaman dikenakan dalam cuaca panas, kaos oblong pada prinsipnya akan terlihat sangat serasi bila dipadupadankan dengan blazer yang memiliki ukuran pas badan.

Beberapa contoh referensi padupadan kaos oblong dengan blazer yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Untuk mendapatkan tampilan yang lebih modis dan stylish kaos oblong memang paling cocok dipadupadankan dengan celana jeans dan blazer.
  • Untuk mendapatkan tampilan yang lebih feminim, anda bisa juga mengenakan kaos oblong dengan rok plisket dan blazer.

Blazer Wanita

Sumber : https://www.popsugar.com/

Ingin membuat kaos oblong sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Kaos Konveksi dan Pola Kaos Raglan Wanita siap pakai dari kami.

Kalau anda butuh bahan kain yang cocok untuk membuat kaos oblong anda bisa juga memesan Bahan Kaos dari kami.

5. Tank Top

Untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih casual perpaduan antara tank top dengan blazer akan membuat gaya street style anda terlihat semakin keren. Kalau mau aman sebaiknya pilih warna-warna busana yang sesuai dengan tone kulit agar anda terhindar dari kesalahan dalam memilih warna pakaian.

Tank top sendiri dikenal sebagai salah satu model pakaian wanita yang didesain tanpa lengan dan biasa dikenakan sebagai pakaian kasual untuk cuaca panas. Selain dipadukan dengan blazer tanktop sebenarnya juga dapat digunakan untuk pakaian dalam dari sweater, cardigan bahkan jaket.

Blazer Wanita

Sumber : https://www.popsugar.com/

Jenis tanktop yang bisa dipadupdankan dengan blazer inipun secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi model yang cukup beragam. Mulai dari halter top, vest top dan juga tube top.

  • Halter Top

Halter top merupakan salah satu model tank top yang paling modis. Jenis tank top ini dilengkapi dengan tali pengikat yang bertemu dibagian belakang leher dan tidak melewati pundak.

  • Vest Top

Vest top merupakan jenis tank top yang dikenal juga dengan nama tank top tali spageti karena memiliki aksen tali pengikat berukuran tipis sebagai penahannya.

  • Tube Top

Tube top termasuk jenis pakaian yang biasa digunakan untuk pembungkus bagian dada. Karena desainnya cukup terbuka, tank top jenis ini sebaiknya dikenakan dengan blazer yang sopan dan nyaman.

6. Celana Kulot

Celana wanita bermodel longgar yang dikenal dengan nama kulot termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion yang sangat cocok jika dipadukan dengan blazer. Kesan formal yang melekat pada blazer akan membuat anda terlihat lebih energik ketika mengenakannya saat ke kantor.

Pemakaian blazer wanita yang dipadukan dengan celana kulot akan membuat anda terkesan semakin fashionable.
Bagi anda yang berhijab selalu perhatikan kesesuaian antara warna dan motif hijab dengan blazer serta model celana kulot yang anda pilih.

Blazer Wanita

Sumber : https://lookbook.nu/

Jika model celana kulot jaman dulu kebanyakan hanya berpotongan lurus kini ada juga kulot yang diberi tambahan ruffle hingga fringe.

  • Ruffle Cullotes

Ruffle cullottes merupakan celana kulot yang dilengkapi dengan detail frill atau ruffle pada bagian tertentu terutama pada ujung bawahnya.

  • Pleated Culottes

Pleated culottes merupakan celana kulot bermodel longgar yang dihias dengan banyak detail lipit di seluruh bagian celana.

  • Baggy Culottes

Baggy culottes merupakan celana kulot yang memiliki bentuk bervolume di bagian tengah sehingga memberikan look yang casual. Beberapa ada yang dibuat dengan model lipit ataupun kerutan di bagian samping.

  • Printed Culottes

Printed cullottes merupakan celana kulot yang banyak dibuat dari kain bermotif seperti halnya motif stipes, motif floral, hingga motif ethnic.

  • Fringe Culottes

Fringe cullottes merupakan celana kulot yang sangat identik dengan bohemian style. Dengan mengenakan kulot berdetail fringe dijamin gaya anda akan tampak makin stylish.

7. Celana Jeans

Padupadan blazer dan celana jeans bisa diandalkan untuk anda yang mau tetap tampil rapi dengan gaya casual. Selain memberi kesan lebih modis dan stylish dalam balutan blazer pasti penampilan anda akan semakin menawan.

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita sendiri terdapat beberapa jenis model celana jeans yang dapat dipadukan dengan blazer, mulai dari celana jeans model regular yang berpotongan lurus hingga celana jeans model skinny yang pas badan.

  • Celana jeans model regular fit yang berpotongan klasik cocok sekali dipakai untuk anda yang sangat mengutamakan kenyamanan saat bergaya.
  • Kalau mau tampil lebih ramping kenakan celana skinny jeans yang memiliki potongan ketat mengikuti siluet atau bentuk kaki.

Blazer Wanita

Sumber : https://www.liveabout.com/

Ingin membuat celana jeans model skinny tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai bahan referensi anda bisa mendownload Pola Celana Jeans Wanita Model Skinny dari kami.

8. Rok Plisket

Khusus untuk anda yang punya banyak koleksi rok plisket tidak ada salahnya jika anda mencoba mengenakan rok tersebut dengan blazer wanita yang berdetail simple. Selain memberikan kesan lebih feminim, perpaduan keduanya juga akan memancarkan sisi elegan dan kekinian.

Rok plisket sendiri pada prinsipnya dapat dikategorikan ke dalam jenis rok yang dibuat dari sejenis kain tekstil yang memiliki tekstur berlipat-lipat. Dengan karakteristik bahannya yang jatuh dan lebar, rok plisket juga bisa membuat tubuh lebih bebas bergerak dan beraktifitas.

  • Salah satu kelebihan dari rok plisket yaitu dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan fenimin bagi yang mengenakannya.
  • Padupadan rok plisket ini pun juga sangat mudah karena anda bisa memakainya dengan berbagai pilihan outfit seperti halnya blazer wanita.

Blazer Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

9. Maxi Dress

Maxi dress menjadi item fashion berikutnya yang juga cocok dipadupadankan dengan blazer wanita. Maxi dress sendiri dapat didefinisikan sebagai gaun terusan bersiluet A yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan sebagian besar diciptakan tanpa lengan.

Khusus untuk anda yang ingin menggunakan maxi dress sebagai dalaman blazer wanita, perhatikan beberapa hal penting sebagai berikut.

  • Dalam memilih maxi dress usahakan untuk selalu memilih model maxi dress yang sesuai dengan bentuk tubuh terutama bagian badan dan lengannya.
  • Untuk alasan kenyamanan pilih bahan maxi dress yang memiliki karakteristik lembut dan tidak panas ketika digunakan untuk waktu lama.
  • Pilih ukuran maxi dress yang sesuai dengan ukuran tubuh, baik itu dari segi ukuran panjangnya, lingkar lengannya maupun lingkar badannya.
  • Bagi anda yang berhijab selalu perhatikan kesesuaian antara warna dan motif hijab dengan maxi dress yang anda pilih.

Blazer Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya, maxi dress yang dijadikan dalaman blazer sendiri secara umum dapat dibuat dari berbagai macam jenis bahan kain yang berbeda, beberapa diantaranya:

  • Kain chiffon yang memiliki tekstur sangat halus dan juga tipis. Kain chiffon biasanya terbuat dari bahan katun, sutra, nilon, rayon, maupun poliester.
  • Kain satin yang lembut dan memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap sementara sisi bagian buruknya tidak licin dan tidak mengkilap.
  • Kain roberto cavali merupakan kain yang memiliki tekstur lebih halus, lembut, tidak terlalu mengkilap jika dibanding kain satin.
  • Kain linen yang halus, ringan, kuat dan juga cepat kering serta membuat badan senantiasa adem.
  • Kain katun rayon yang memiliki karakteristik cukup unik karena kain ini bersifat lebih tahan lama dari katun, lembut di kulit walaupun sayangnya  cenderung mudah kusut.
  • Kain wollycrepe yang bertekstur kulit jeruk, namun ketika diraba dengan permukaan tangan tetap terasa halus dan lembut.
  • Kain thaisilk yang memiliki karakteristik mengkilap, tipis, lembut dan tidak kaku sehingga nyaman dipakai.
  • Kain balotelli yang cukup tebal dengan tekstur yang sangat khas yakni membentuk kotak-kotak kecil yang bergaris.
  • Kain wolfis yang terbuat dari campuran kain sutra, katun dan tambahan serat sintetis sehingga relatif lebih ringan dan tipis.

10. Jumpsuit

Jumpsuit menjadi item fashion berikutnya yang bisa anda pilih jika tidak mau pusing memikirkan kecocokan antara busana penutup tubuh bagian atas dan bawah dengan blazer yang anda kenakan. Kombinasi keduanya sangat sesuai diandalkan untuk menghadiri acara malam ataupun ke kantor.

Jumpsuit sendiri merupakan sejenis pakaian terusan yang diperoleh dari penggabungan blus dan celana panjang. Tidak hanya dibuat dalam satu model saja, tapi hingga sekarang ini jumpsuit juga banyak diciptakan dalam berbagai gaya yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.

Blazer Wanita

Sumber : https://in.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis item fashion yang bisa dipilih dan dipadupadankan dengan blazer wanita. Semoga artikel yang kami bagikan bisa membantu anda untuk lebih mudah menemukan item fashion yang bisa dipadupadankan dengan blazer kesayangan anda.

Kalau anda butuh bahan kain berkualitas untuk membuat blazer atau jenis pakaian yang lain sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.