Article

Homepage Article Desain Fesyen 6 Perbedaan Laundry dan…

6 Perbedaan Laundry dan Dry Clean

Sahabat Fitinline tentu sudah pernah mendengar atau bahkan pernah memakai jasa dry cleaner maupun laundry untuk membersihkan pakaian kesayangan anda bukan?. Meski keduanya sama-sama dikenal sebagai proses untuk membersihkan pakaian namun baik laundry dan dry cleaning itu sendiri sebenarnya memiliki fungsi masing-masing.

Dry Clean vs Laundry

Sumber : http://www.astoriadrycleaning.com.sg/

Untuk menghindari kesalahan dalam memahami istilah laundry dan dry cleaning ada baiknya jika anda mengetahui lebih dulu pengertian dasar dari laundry dan dry clean.

  • Laundry merupakan metode mencuci pakaian dengan menggunakan air dan deterjen. Prosesnya bisa dilakukan oleh binatu tapi bisa juga dilakukan sendiri dirumah dengan mesin cuci.
  • Dry cleaning merupakan istilah yang biasa dipakai untuk menyebutkan proses pencucian pakaian dengan bahan kimia atau istilah kasarnya yaitu cuci kering.

Secara detail laundry dan dry clean dapat dibedakan sebagai berikut.

Faktor Pembeda Dry Clean Laundry
Keterlibatan air        Proses dry clean tidak melibatkan air melainkan menggunakan bahan cairan solvent sehingga pakaian relatif tetap kering selama proses pencucian. Pada proses laundry cucian dibersihkan menggunakan air yang dicampur dengan detergen untuk mengangkat kotoran. Setelah menjalani proses laundry cucian masih perlu dikeringkan.
Bahan pembersih        Bahan pembersih yang dipakai dry clean yaitu berupa bahan kimia PCE atau tetrachloroethylene untuk mengangkat kotoran pada pakaian. Bahan pembersih yang dipakai untuk laundry yaitu berupa deterjen dengan tambahan pewangi dan pelembut pakaiann.
Proses        Untuk mencuci secara kering, pakaian dimasukkan ke dalam mesin dengan bahan kimia pembersih. Setelah itu, bahan kimia pembersih dipisahkan dari pakaian untuk didaur ulang. Sedangkan pada proses laundry, bahan pembersih dilarutkan ke dalam air dan kemudian dibuang setelah dipakai untuk mencuci pakaian.
Konsumsi energi listrik        Energi listrik yang diperlukan untuk menjalankan mesin dry clean cenderung lebih besar. Energi listrik yang digunakan untuk proses laundry dengan mesin cuci relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin dry clean.
Jenis cucian         Dry clean biasanya diperlukan untuk merawat pakaian berbahan khusus misalnya bahan wol alami, gaun pengantin, kostum tradisional, dan jas. Hampir semua pakaian sehari-hari bisa dicuci menggunakan mesin cuci dan deterjen biasa.
Ongkos Biaya layanan dry cleaning biasanya dihitung berdasarkan jumlah pakaian. Layanan laundry biasanya dikalkulasi menurut jumlah atau berat pakaian.

Dry Cleaning

Dry Clean vs Laundry

Sumber :  http://bantryphoto.ie/

Laundry

Dry Clean vs Laundry

Sumber : http://www.ecologie-solutions.info/

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang anda jadi makin tahu kan seperti apa perbedaan antara dry cleaning dan proses pencucian dengan jasa laundry. Sahabat Fitinline tinggal memilih sendiri metode mana yang sesuai untuk pakaian anda.

Hal terpenting yang harus diingat adalah jika anda termasuk orang yang memiliki kulit sensitif dan mudah teriritasi oleh bahan kimia sebaiknya anda harus lebih ekstra hati-hati jika ingin menerapkan metode dry cleaning untuk pakaian anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.