Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Mudah Membuat Kreasi…

Cara Mudah Membuat Kreasi Vest Rompi Bertali Dari Baju Bekas

Mau tetap tampil keren dengan vest rompi bertali tanpa harus keluar duit banyak untuk membeli  baju yang baru?. Mungkin tutorial membuat vest rompi bertali dari baju bekas yang kami bagikan berikut bisa membantu anda.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Vest Rompi Bertali

Vest rompi bertali merupakan sejenis outer yang bentuknya tampak seperti blus tanpa lengan hanya saja bagian sisi kanan dan kirinya dibiarkan terbuka tanpa jahitan. Pada vest rompi ini terdapat pula empat buah tali yang di jahit di tiap sisi badan dan kekencangannya bisa di atur dengan sangat mudah sesuai kebutuhan.

Vest Rompi

Sumber : https://shopee.co.id/

Sebagai salah satu jenis outer kekinian yang disukai oleh banyak anak muda lantaran sangat cocok digunakan di segala situasi, vest rompi bertali sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda. Tidak terkecuali baju bekas yang sudah lama anda simpan di almari pakaian.

Vest Rompi

Sumber : https://shopee.co.id/

Cara Membuat Vest Rompi Bertali

Tertarik untuk membuat vest rompi bertali dengan memanfaatkan baju bekas yang masih layak pakai?. Khusus untuk anda yang mau mencobanya ikuti langkah-langkah berikut yuk.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Pertama siapkan sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari penggaris, kapur jahit, mesin jahit, gunting dan baju bekas. Dalam hal ini anda bisa memakai baju blus wanita, sweater, tunik atau model pakaian yang lain.

2. Membuat Pola Vest Rompi

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan yang sudah disebutkan di atas, bentangkan baju di atas meja yang datar dengan posisi bagian depan baju mengharap anda kemudian buat polanya langsung pada baju yang siapkan.

Cara paling simple yaitu buat garis lurus di kedua sisi baju mulai dari bagian ujung bahu ke  ujung baju bagian bawah dengan menggunakan bantuan kapur jahit dan penggaris.

Vest Rompi

Jika sudah buat lagi satu buah garis yang tegak lurus dengan dua garis sebelumnya untuk menandai batas bawah vest rompi. Jarak antara batas bawah rompi dengan bagian atas rompi bisa anda atur sendiri sesuai kebutuhan.

Vest Rompi

3. Memotong Baju Bekas

Selesai membuat pola selanjutnya anda bisa memotong baju tersebut sesuai tanda pola dengan menggunakan gunting yang tajam.

Vest Rompi

4. Menjahit Vest Rompi

Buat keliman di sepanjang bekas potongan baju agar sisa-sisa benangnya tidak terurai. Biar hasilnya lebih rapi anda bisa mengelim dulu bagian sisi kiri dan kanan vest baru bagian bawah vest rompi.

Untuk merapikan tepian vest rompi sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenis kelim yang bisa anda pakai, misalnya saja dengan kelim tindas dan kelim bulat.

  • Kelim Tindas

Kelim tindas merupakan sejenis kelim yang dijahit dengan mesin. Cara membuatnya yaitu:

  • Pertama obras tepi kain terlebih dahulu supaya hasilnya lebih rapi.
  • Jika sudah lipat tepi kain sesuai dengan keinginan (misal 1 cm) kemudian ditindas dengan mesin.
  • Hasil tindasan pada kelim tindas ini hanya akan berbentuk satu jahitan yaitu pada pinggir kelim.

Vest Rompi

Sumber : http://craftbymood.com

  • Kelim Bulat

Kelim bulat merupakan sejenis kelim yang biasa diaplikasikan pada tepi gaun, selendang, atau jilbab. Untuk membuat kelim bulat ini anda membutuhkan yang namanya Sepatu Menjahit Kelim Bulat (Rolled Hem Foot).

Untuk membuat kelim bulat caranya yaitu:

  • Potong sedikit bagian ujung kain yang akan di kelim secara menyerong.
  • Lipat bagian ujung tepi kain yang akan di jahit kemudian tempatkan ujung kain yang telah dilipat, pada bagian bawah sepatu jahit. Buat jahitan lurus kira-kira sepanjang 3 cm.
  • Masukkan sisa kain yang belum terjahit kedalam corong sepatu jahit sambil diputar pelan-pelan.
  • Mulailah menjahit lurus seperti biasanya.

Vest Rompi

Sumber : https://pl.aliexpress.com/

Simak juga 10 Jenis Kelim Pada Pakaian Beserta Teknik Menjahitnya.

5. Membuat Tali Vest Rompi

Langkah selanjutnya siapkan empat lembar bahan kain yang dipotong dalam ukuran sama untuk tali vest. Tapi sebelumnya tentukan terlebih dahulu seberapa panjang dan lebar tali vest rompi yang anda inginkan.

Untuk membuat tali vest yang berukuran 1 cm x 30 cm misalnya, paling tidak anda perlu menyiapkan empat potong bahan kain dengan ukuran 4 cm x 32 cm yang dijahit dengan cara sebagai berikut.

  • Lipat bahan kain secara memanjang dengan posisi bagian baiknya saling berhadapan.
  • Jahit bahan kain dengan jarak 1 cm dari tepi bahan yang panjang, lalu balik dengan Loop Turner agar bagian baiknya berada di luar.
  • Jika sudah lipat ujung tali sebesar 1 cm kebagian dalam lalu tindas dengan mesin jahit.  
  • Terakhir press tali rompi vest dengan setrika supaya lebih rapi.

Untuk pilihan bahannya sendiri, anda bisa menggunakan sisa potongan baju atau bahan lain sebagai material utama tali vest.

6. Memasang Tali Vest Rompi

Sebagai penyelesaian akhir, pasangkan tali pada bagian sisi kanan dan kiri vest rompi lalu jahit tali tersebut secara bersamaan dengan bagian utama vest rompi.

Vest Rompi

Vest Rompi

Sumber :  https://shopee.co.id/

Dalam menempatkan tali vest sendiri anda bebas mau menempatkan tali tersebut di bagian bawah ketiak atau sesuai garis pinggang.

Vest Rompi

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain dibuat dalam model polos seperti contoh di atas, anda bisa juga menambahkan aksen ruffle  di ke dua sisi atas vest rompi yang anda buat supaya tampilannya makin menarik. Ruffle sendiri merupakan salah satu teknik manipulating fabric yang dapat diterapkan untuk menciptakan efek kerutan dan bergelombang pada kain.

Vest Rompi

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga Cara Memanipulasi Bahan Kain Dengan Teknik Ruffle.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumah cara saderhana yang bisa anda coba untuk membuat kreasi vest rompi bertali dari baju bekas. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk membuat vest rompi sendiri yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat vest rompi bertali?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Simak juga 7 Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Vest Rompi Bertali Yang Kekinian.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.