Article

Homepage Article Cara Menjahit Ukuran Uji (UU) Dalam Proses…

Ukuran Uji (UU) Dalam Proses Pembuatan Pola Pakaian

Mengambil ukuran dapat didefinisikan sebagai proses mengukur bagian-bagian badan tertentu yang akan digunakan untuk ukuran membuat pola pakaian dengan cepat.

Dalam proses pembuatan sebuah busana sendiri setidaknya dikenal beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ukuran badan, diantaranya dengan mengukur badan secara langsung atau mengukur baju jadi yang sekiranya pas dengan ukuran badan.

Ukuran Uji

Sumber : http://www.suzannah.com/

Jika sahabat Fitinline lebih memilih metode mengukur badan secara langsung, anda bisa menandai terlebih dahulu tiap-tiap bagian tubuh yang harus diukur dengan menggunakan pita atau tali agar hasil pengukuran yang didapat juga akurat. 

Ukuran Uji

Sumber : https://www.youtube.com/

Utamakan untuk mengukur terlebih dahulu bagian pinggang dan pinggul untuk mengetahui dengan tepat letak kedua garis tersebut. Setelah itu barulah anda bisa mengukur bagian tubuh lainnya seperti lingkar dada, lebar punggung, panjang bahu, kerung lengan, panjang lengan,  lingkar leher, dan sebagainya. 

Ukuran Uji

Sumber : https://www.craftsy.com/

Pada beberapa baju yang membutuhkan ukuran detail seperti kebaya dan gaun, cara pengambilan ukurannya pun juga harus dilakukan secara lengkap menggunakan ukuran control atau ukuran uji (UU).

Ukuran uji ini merupakan ukuran yang biasa digunakan saat membuat pola dasar pakaian dengan sistem mayneke. Fungsi utamanya yaitu  untuk mengecek hasil pola dengan ukuran asli.

Ukuran Uji

Sumber : http://mojofashion.blogspot.co.id/

Ukuran uji (UU) atau ukuran control diukur dari garis pinggang tengah muka (tepat dibawah ban pinggang) serong melalui puncak dada ke titik bahu yang paling rendah menuju ke garis pinggang bagian tengah belakang (tepat dibawah ban pinggang). 

Ukuran Uji

Sumber : https://books.google.co.id/

Semoga bermanfaat.

Tertarik untuk mempelajari cara membuat baju dengan pola yang sudah jadi?. Sahabat Fitinline bisa mendownload pola baju beserta panduan menyusun polanya Di Sini.

Pola Baju Siap Pakai

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.