Article

Homepage Article Fashion Design 6 Pedoman Yang Tepat Untuk…

6 Pedoman Yang Tepat Untuk Memilih Ukuran Baju Dress Wanita

Dress wanita termasuk ke dalam salah satu jenis busana yang bisa menampilkan sisi feminim dengan sempurna. Meski bisa dipilih secara bebas namun tetap saja dalam memilih dress wanita ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan terutama kesesuaian ukurannya dengan bentuk badan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Dress

Dress merupakan sejenis busana terusan yang sangat identik dengan wanita karena bisa menampilkan sisi feminim dengan sempurna. Dari segi ukuran panjangnya dress sendiri dapat dibedakan dalam beberapa macam desain mulai dari mini dress, midi dress hingga long dress.

Tak hanya bagus dipakai untuk acara pesta dan acara formal lainnya, dress-dress inipun juga sangat cocok dikenakan untuk hangout dan bersantai di rumah asal dipilih dengan cara yang tepat. Terutama dari segi kesesuaian desain dan ukurannya dengan bentuk badan wanita.

Dress Wanita

Sumber : https://www.amazon.in/

Pedoman Ukuran Dress

Beberapa istilah yang biasa digunakan sebagai pedoman dalam ukuran dress wanita diantaranya:

1. Bust

Dalam pedoman ukuran baju bust dikenal pula dengan ukuran lingkar dada. Bagian ini biasa nya diukur dari bawah lengan kiri, melingkar, sampai bertemu dengan titik awalnya.

  • Bust harus diukur pada bagian terpenuh dari dada seseorang.
  • Cara mengukurnya yaitu dengan cara melingkarkan pita metlin di seputar tulang belikat, di bawah ketiak dan pada bagian dada.

2. Length Dress

Berikutnya ada istilah length dress, yakni ukuran panjang suatu dress yang diukur dari pundak sampai bagian paling bawah baju.

  • Dress length sendiri artinya panjang dari pakaian terusan.
  • Cara mengukurnya yaitu dimulai dari bagian bahu ke bagian paling bawah dari dress wanita.

3. Waist

Waist merupakan ukuran dari lingkar pinggang, yakni ukuran terkecil dari garis pinggang atau pada bagian di atas pusar.

4. Hips

Hips merupakan ukuran pingul. Cara mengukurnya yaitu dengan melingkarkan pita metlin di bagian pinggang yang paling lebar, biasanya sekitar 7-9 inci di bawah pinggang.

5. Shoulder

Shoulder merupakan ukuran dari lebar bahu kiri sampai bahu kanan.

6. Sleeves

Sleves merupakan ukuran panjang lengan dress wanita yang diukur dari bahu hingga ujung lengan. Hal ini berlaku untuk dress lengan panjang maupun dress lengan pendek.

Tips Memilih Dress

Dengan memperhatikan sejumlah pedoman di atas berikut kami bagikan pula beberapa tips yang bisa anda coba untuk mendapatkan ukuran dress wanita yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 

1. Mengukur Bagian Tubuh

Untuk mendapatkan ukuran dress yang tepat, hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu mengukur sendiri bagian tubuh dengan menggunakan metlin. Dalam melakukan pengukuran badan inipun anda cukup mengukur tiga bagian tubuh, tidak perlu seluruhnya.

Dress Wanita

Sumber : https://www.hitched.co.uk/

Tiga bagian tubuh yang penting untuk diukur dengan cara yang tepat diantaranya:  

  • Lingkar Dada

Untuk mengambil ukuran lingkar dada, lakukan pengukuran dada pada bagian dada yang menonjol dengan lurus hingga bagian punggung. Pastikan pita metlin tidak terlalu ketat supaya dress tidak terlalu ngepas di tubuh.

  • Lingkar Pinggang

Berikutnya ukurlah lingkar pinggang pada bagian paling kecil dari pinggang. Saat mengambil ukuran usahakan untuk rileks, tidak menggembungkan perut maupun menarik perut ke dalam.

  • Lingkar Pinggul

Dalam mengukur lingkar pinggul, letakkan metlin tepat di bagian pinggul terbesar lalu tambahkan 4 cm dari hasil pengukuran.

  • Lebar pada pinggul biasanya sekitar 20 cm di bawah titik lingkar pinggang.
  • Pastikan pita metlin tidak terlilit saat mengukur bagian ini.

2. Melihat Detail Size Chart

Untuk mendapatkan dress yang tepat, jangan jadikan ukuran baju berdasarkan berat badan sebagai acuannya. Kalau mau aman sebaiknya lihat size chart dari masing-masing ukuran baju dan merek yang anda beli.

  • Dengan mengetahui size chart anda akan lebih mudah untuk melihat detail ukuran baju.
  • Dengan mengetahui size chart anda bisa mendapatkan ukuran dress yang tepat dan akurat tanpa perlu melihat barang asli.

Dress Wanita

Sumber : https://www.pinterest.ie/

Simak juga pembahasan mengenai Standar Ukuran Internasional (Size Chart).

3. Hindari Membeli Dress Tanpa Ukuran

Sebisa mungkin hindari untuk membeli dress wanita dari produsen yang tidak mencantumkan ukuran pada setiap baju yang dijualnya. Tapi kalau dress yang anda cari memang dress wanita yang longgar ada baiknya pilih dress dengan ukuran all size.

4. Mengetahui Model Dress Wanita

Untuk mendapatkan dress wanita yang ukurannya benar-benar pas dengan badan anda pertimbangkan juga model dress yang akan anda beli.

  • Buat anda yang lebih suka memakai dress berukuran pas badan anda bisa memilih dress model slim fit yang didesain dengan ukuran yang lebih sempit atau pas di badan.
  • Tapi kalau anda lebih suka memakai dress yang longgar maka anda bisa memilih dress model oversized yang ukurannya lebih besar.

Khusus untuk anda yang hendak membeli dress oversized, pilihlah yang ukurannya satu kali lebih besar dari ukuran baju yang biasa anda pakai. Kalau biasanya memakai ukuran baju XL maka pilih dress yang ukuranny XXL.

Dress Wanita

Sumber : https://blog.treasurie.com/

5. Mengenali Bahan Dress

Ketahui juga bahan baju yang hendak anda beli, karena ada beberapa bahan pakaian yang biasanya akan mengerut atau berubah ukurannya setelah dicuci.

  • Untuk dress yang didesain dalam model slim fit pilih yang bahan kainnya sedikit stretch.
  • Untuk dress yang didesain dalam model oversized anda bebas mau memilih yang bahannya stretch ataupun tidak.

Dress Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat dress wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki Di Sini.

6. Perhatikan Dress Length

Selain mempertimbangkan sejumlah hal penting seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk selalu mengukur dress length alias panjang dress yang hendak anda pilih. Pasalnya dress length ini akan sangat mempengaruhi pantas tidaknya dress tersebut saat anda gunakan.

Dress Wanita

Sumber : https://br.pinterest.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai pedoman ukuran dress dan tips memilihnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui pedoman ukuran dress di atas semoga anda bisa lebih mudah untuk menemukan ukuran dress yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak informasi penting terkait dengan model-model dress wanita yang bisa anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan, anda bisa mendownload E-Book berikut ini Mengenal Dress Sebagai Busana Wajib Wanita Modern.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.