Article

Homepage Article Kain 6 Jenis Kain Rayon dan Pemanfaatannya…

6 Jenis Kain Rayon dan Pemanfaatannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kain rayon termasuk ke dalam jenis kain multifungsi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Meski sama-sama disebut dengan nama rayon, namun kain rayon yang digunakan sebagai bahan pakaian dan pelengkap kebutuhan sehari-hari sebenarnya juga dapat dijumpai dalam berbagai macam varian lho.

Pengertian Kain Rayon

Kain rayon merupakan sejenis kain yang dihasilkan dari regenerasi serat selulosa, sejenis material alami yang diambil dari dinding sel tumbuhan atau pulp kayu yang dilarutkan. Karena tidak bisa digolongkan sebagai serat sintetis atau serat alami yang sesungguhnya, jadi kain rayon ini biasa disebut sebagai serat semisintesis.

Dilihat dari sejarahnya kain rayon sendiri konon pertama kali dikembangkan di Perancis sejak tahun 1884, oleh seorang ilmuwan bernama Hilaire de Chardonnet. Hal yang melatarbelakangi temuan tersebut adalah Hilaire de Chardonnet ingin menciptakan kain pengganti kain sutra yang harganya memang cukup mahal.

Dari berbagai jenis tumbuhan yang ada, terdapat tiga spesies pohon yang paling sering digunakan dalam pembuatan rayon yakni pinus, hemlock dan cemara. Untuk menghasilkan bahan kain yang kuat, serat rayon seringkali dicampur dengan bahan kimia dan dikombinasikan dengan serat spandek, jersey maupun PE (poliester).

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan dari kain rayon diantaranya:

  • Serat rayon mengandung unsur kimia karbon, hidrogen, dan oksigen.
  • Kain rayon memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun.
  • Tekstur dan permukaan bahannya halus dan lembut di kulit.
  • Kain rayon sangat nyaman dipakai dan mudah untuk diwarnai.
  • Karena proses pewarnaannya lebih mudah, maka tampilan warna yang dihasilkan umumnya juga sangat cerah.
  • Kilau alaminya tinggi, tidak mudah kusut dan cenderung licin menyerupai sutra.

Dibalik sejumlah kelebihan yang dimilikinya kain rayon juga punya sedikit kekurangan:

  • Pemulihan elastis (retensi bentuk) serat rayon terbilang sangat rendah. Bahan rayon tidak dapat kembali kedalam bentuk dan penampilan aslinya secara cepat.
  • Kain rayon dikenal sangat mudah terbakar. Bahkan cenderung lebih mudah terbakar jika dibandingkan dengan kain linen, katun dan rami yang dibuat dari serat tanaman.
  • Dibandingkan dengan bahan yang lain, kain rayon ini cenderung sulit untuk di buat. Proses pembuatnnya pun melibatkan unsur kimia berbahaya yang namanya natrium hidroksida.
    • Natrium hidroksida ini memiliki sifat korosif yang jika mengenai kulit dapat menimbulkan luka bakar.
    • Jika natrium hidroksida dilarutkan ke dalam air, zat tersebut akan memunculkan panas yang cukup tinggi.

Karena tidak sekuat rami atau katun alami, kain rayon akan menjadi mudah rusak jika terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama atau basah. Faktor-faktor lain seperti asam, jamur dan setrika juga dikhawatirkan dapat merusak kain rayon.

Jenis-Jenis Kain Rayon

Berencana untuk membuat pakaian maupun produk pelengkap sandang lainnya dari bahan rayon tapi masih bingung harus memilih kain rayon yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih kain rayon, berikut kami bagikan beberapa rekomendasi jenis kain rayon yang cukup populer dan dicari banyak orang.

Seperti halnya kain katun yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, kain rayon sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai macam varian. Mulai dari kain rayon viscose, rayon spandek, kain rayon jersey, kain rayon crinkle, kain rayon PE (poliester) hingga kain rayon janger.

1. Kain Rayon Viscose

Dalam industri tekstil kain rayon dikenal dengan nama rayon viscose atau istilah rayon viscosa. Kain rayon ini menjadi salah satu jenis kain favorit para wanita karena dari segi kualitas sangat bagus, pilihan warnanya banyak dan harganya juga cukup terjangkau.

  • Pakaian yang dibuat dari kain rayon viscose umumnya memiliki karakteristik yang halus dan licin menyerupai sutra serta memiliki daya serap keringat yang baik seperti kain katun.
  • Pakaian yang dibuat dari kain rayon viscose biasanya juga terlihat berkilau dan tidak mudah kusut, jadi cara perawatannya sangatlah mudah.

Sebagai salah satu jenis kain yang berkualitas tinggi, kain ini umumnya banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis produk fashion. Beberapa produk fashion yang dimaksud antara lain berupa blus wanita, tunik, gamis, dan rok wanita dalam berbagai variasi desain. 

Kain Rayon

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Kain Rayon Spandek

Kain rayon spandek termasuk kedalam salah satu jenis bahan kain yang dibuat dari campuran serat rayon dan spandek. Kain ini secara umum memiliki ciri-ciri yang sangat khas yakni berwarna cerah, lembut, fleksibel dan mudah direnggangkan.

  • Kain rayon spandek memiliki warna yang terlihat cerah.
  • Kain rayon spandek jika dipakai akan membentuk lekuk badan.  
  • Kain rayon spandek teksturnya lembut dan bahannya juga fleksiblel.
  • Karena bahannya yang fleksible, kain rayon spandek jadi bersifat strechable alias mudah melar.

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari jadi kain rayon spandek ini secara umum dapat digunakan untuk berbagai keperluam, misal sebagai bahan pembuatan pakaian olahraga, kaos dan lain sebagainya.

  • Pakaian Olahraga

Kain rayon spandek sangat cocok diandalkan untuk membuat pakaian olahraga. Dengan karakteristik bahannya yang mudah menyerap keringat, lembut dan lentur, pakaian olahraga yang dibuat dari kain rayon spandek akan membuat tubuh lebih leluasa bergerak.

  • Pakaian olahraga yang dibuat dari kain spandek dapat menjaga kelembapan tubuh tanpa menghilangkan rasa nyaman pemakainya.
  • Selain dapat menunjang kinerja fisik, kombinasi rayon dan spandek telah terbukti lebih baik dibandingkan pakaian lainnya.

Kain Rayon

Sumber : https://www.shape.com/

  • Kaos

Kain rayon spandek dapat dipakai untuk membuat kaos. Kaos yang dimaksud yakni berupa kaos manset yang biasa dijadikan sebagai pakaian dalam ketika seseorang mengenakan baju yang cenderung tipis atau agak menerawang.

Kain Rayon

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Kain Rayon Jersey

Kain rayon jersey merupakan sejenis kain yang dihasilkan dari campuran antara benang serat rayon dan serat jersey. Dibandingkan dengan bahan rayon lainnya, kain rayon jersey ini umunya bersifat lebih elastis dan harganya lebih ekonomis.

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari jadi kain rayon jersey ini secara umum dapat digunakan untuk berbagai keperluam, misal sebagai bahan pembuatan gamis, rok wanita hingga pashmina.

  • Gamis Wanita

Gamis wanita menjadi salah satu produk pelengkap sandang yang banyak dibuat dari kain rayon jersey. Gamis wanita yang dibuat dari kain rayon jersey memiliki serat kain yang lebih rapat dan  padat, dengan demikian saat dipakai tidak akan menerawang.

Ingin membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi ada bisa mendownload pola gamis wanita siap pakai dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya memiliki lekukan pinggang.

  • Rok Wanita

Kain rayon dapat juga digunakan untuk membuat rok wanita dengan berbagai macam model. Rok wanita sendiri merupakan busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung menjadi satu bagian untuk menutupi seluruh atau sebagian kaki pemakainya.

  • Rok rayon dapat dikenakan sebagai pelengkap gaya penampilan casual karena tekstur dan permukaan bahannya halus dan lembut di kulit.
  • Rok wanita yang dibuat dari kain rayon juga memiliki daya serap keringat yang tinggi seperti kain katun, jadi sangat cocok digunakan dalam berbagai cuaca.

Kain Rayon

Sumber : https://www.jacketsociety.com/

  • Jilbab Pashmina

Jilbab pashmina merupakan salah satu produk fashion wanita yang lebih dikenal banyak orang sebagai selendang berukuran besar. Salah satu kelebihan jilbab pashmina yang dibuat dari bahan kain rayon yaitu mudah untuk dikenakan dan dikreasikan ke dalam berbagai model jilbab yang menarik.

  • Jilbab pashmina dari kain rayon jersey umumnya memiliki bahan yang ringan dan adem saat dikenakan.
  • Jilbab pashmina dari kain rayon jersey terlihat cantik karena tersedia dalam banyak pilihan warna.

Kain Rayon

Sumber : http://hijabtwiko.com/

4. Kain Rayon Crinkle

Kain rayon crinkle merupakan sejenis bahan rayon yang tekstur permukaannya tidak rata, tapi justru berkerut seperti kulit jeruk.

  • Kain rayon crinkle memiliki ciri khas berkerut yang memanjang terhadap bagian lajur benang.
  • Kain rayon crinkle jika dipegang terasa lembut meski memiliki tekstur yang berkerut.
  • Kain rayon crinkle sangat nyaman dan adem jika digunakan sebagai bahan pakaian.

Dengan karakteristik bahannya yang lembut, dingin dan memiliki tampilan tak biasa, kain rayon crinkle sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan dress. Beberapa contoh model dress wanita yang cocok dibuat dari kain rayon crinkle diantaranya:

  • Maxi dress bersiluet A yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan biasa dibuat tanpa tambahan lengan.
  • Midi dress yang memiliki panjang hingga sebatas betis untuk melengkapi gaya berbusana casual saat liburan.
  • Drop waist dress yang memiliki perpotongan pinggang di bagian bawah pinggul. Sepintas model dress yang satu ini agak mirip dengan busana peplum hanya saja posisi sambungan bahannya lebih rendah.

Kain Rayon

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Kain Rayon PE

Kain rayon PE merupakan jenis kain yang dihasilkan dari campuran serat poliester dengan serat rayon. Perbedaan tingkat gramasi dan campuran antara kedua bahan tersebut sangat menentukan harga dan kualitas kain yang dihasilkan.

  • Kain rayon PE bahannya sedikit kasar, mudah robek dan tidak seadem kain rayon yang sesungguhnya.
  • Semakain tinggi tingkat polyester maka menjadikan kualitas kain semakin rendah dan harganya semakin murah.

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain rayon PE (poliester) biasanya banyak digunakan sebagai bahan pembuatan mukena. Mukena sendiri merupakan sejenis  busana pelengkap yang biasa dikenakan oleh para umat muslim, terutama bagi para muslim wanita di Asia Tenggara.

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya secara umum terdapat tiga macam model mukena yang biasa dipakai oleh para perempuan muslim di Indonesia untuk beribadah. Model mukena yang dimaksud yaitu berupa:

  • Mukena one piece (terusan) yang memiliki bentuk sangat sederhana karena bisa dikenakan langsung untuk menutup seluruh bagian badan.
  • Mukena abaya yang memiliki bentuk sangat mirip dengan mukena one piece tapi dibuat tanpa penutup kepala.
  • Mukena two piece yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah.
    • Bagian atas dari mukena two piece bentuknya mirip seperti hijab instan (bergo) tapi ukurannya jauh lebih panjang dan lebar hingga menutupi tangan.
    • Bagian bawah dari mukena two piece biasa dibuat seperti layaknya rok elastis berukuran panjang hingga menyentuh lantai.

Kain Rayon

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Kain Rayon Janger

Kain rayon janger merupakan salah satu jenis kain yang biasa diandalkan untuk membuat mukena premium. Dari segi kualitas bahannya kain ini secara umum memang sangat nyaman dipakai, tebal namun tidak panas.

  • Kain rayon janger memiliki tingkat kerapatan benang yang tinggi.
  • Kain rayon janger relatif sedikit tebal dibanding dengan bahan rayon biasa.
  • Kain rayon janger tekstur bahannya halus, lembut dan sangat adem.
  • Kain rayon janger juga memiliki daya serap yang tinggi sehingga bisa berwarna cerah dan tajam.

Kain Rayon

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tips Merawat Produk Rayon

Punya sejumlah koleksi pakaian atau mukena yang dibuat dari bahan kain rayon?. Untuk menjaga bentuk dan kualitas pakaian rayon supaya tetap awet cobalah beberapa tips merawat produk berbahan rayon berikut ini.

1. Mencuci Produk Rayon

Kain rayon merupakan jenis kain yang tidak stabil, sehingga mudah merenggang dan mengecil. Untuk hasil terbaik, sebaiknya cuci produk pakaian dan mukena berbahan rayon menggunakan tangan dan air hangat.

  • Pisahkan pakaian dan mukena yang dibuat dari kain rayon dengan jenis pakaian lain yang berbahan tebal dan kasar.
  • Mencuci pakaian dan mukena rayon dengan air hangat sangat direkomendasikan.
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik anda bisa mencuci pakaian dan mukena rayon secara manual dengan menggunakan tangan atau bisa juga mencoba metode dry clean.

Hindari memeras atau memutar kain terlalu kuat karena dapat membuatnya berubah bentuk dan mudah rusak. Ingat kembali bahwa dalam kondisi basah kekuatan bahan rayon akan berkurang (hanya tersisa 50-70% dari kekuatan semula saat kering).

2. Menjemur Produk Rayon

Supaya pakaian dan mukena rayon kesayangan anda lebih cepat kering dan bentuknya tetap terjaga dengan baik gantung pakaian dan mukena anda dengan menggunakan hanger berbahan plastik atau hanger yang berbahan empuk saat menjemurnya.

3. Menyetrika Produk Rayon

Untuk memperbaiki tampilan produk rayon yang sudah terlanjur kusut anda bisa menyetrika bagian dalam pakaian. Hal ini penting untuk dilakukan agar permukaan bagian baik kain tidak berubah warna menjadi mengkilap karena bersentuhan langsung dengan panas setrika.

  • Setrika saat pakaian dan mukena masih dalam kondisi sedikit basah untuk menghilangkan kerutan pada bahan rayon.
  • Bila terpaksa anda memang harus menyetrika pakaian melalui bagian baik bahan, sebaiknya lapisi dengan menggunakan selembar kain.

4. Menyimpan Produk Rayon

Setelah pakaian dan mukena dengan bahan rayon selesai disetrika, sebaiknya segera simpan di almari dengan cara di gantung. Sebisa mungkin hindarkan produk berbahan rayon dari tempat yang lembab, karena akan menyebabkan datangnya jamur.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai jenis-jenis kain rayon dan aplikasinya pada berbagai macam produk pelengkap kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya unggul dari segi kualitas bahannya tapi produk fungsional yang dibuat dari kain rayon umumnya juga memiliki harga yang cenderung lebih bersahabat dibanding yang lainnya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari kain rayon atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.