Article

Homepage Article Desain Fesyen Cek 13 Model Kaos Pria dan…

Cek 13 Model Kaos Pria dan Kaos Wanita Ini Yang Wajib Anda Miliki

Lebih suka menghabiskan banyak waktu di luar rumah saat akhir pekan?. Untuk menyempurnakan penampilan supaya tetap terkesan modis dan stylish, anda bisa memadupadankan kaos dengan celana atau rok kesayangan. Tapi ingat pastikan model dan bahan kaos yang anda pilih juga sudah sesuai dengan kebutuhan ya.

Pengertian Kaos

Kaos merupakan sejenis pakaian yang didesain untuk menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaos bisa dikenakan oleh siapa saja baik itu pria dan wanita dari semua kelompok umur termasuk bayi remaja dan orang dewasa. Selain nyaman dipakai, kaos ini sebenarnya juga sangat praktis dipadupadankan dengan model baju lain.

Model Kaos

Sumber : https://www.haulliday.com/

Khusus di Indonesia sendiri, sampai saat ini kaos telah menjadi salah satu jenis pakaian wajib yang dimiliki oleh setiap orang. Tidak hanya sekedar dipakai saat bersantai di rumah saja, beberapa model kaos pria dan kaos wanita yang diberi tambahan sablon maupun detail tertentu bisa juga dipakai untuk hangout.

Model Kaos

Sumber : http://nymag.com/

Model Kaos Pria, Kaos Wanita dan Kaos Anak

Berdasarkan desain dan kegunaannya model kaos pria, kaos wanita dan kaos anak yang diciptakan sebagai pelengkap penampilan sendiri pada prinsipnya dapat dibedakan menjadi beberapa macam varian. Model kaos yang dimaksud diantaranya berupa kaos oblong, kaos polo, kaos turtleneck, kaos long body dan juga kaos dengan  kerah unik lainnya.

1. Kaos O-Neck

Kaos O-Neck termasuk ke dalam jenis kaos yang paling standar dan paling klasik yang banyak disukai pria dan wanita dari berbagai usia. Bentuk lubang leher yang diaplikasikan pada kaos ini sebenarnya memiliki bentuk yang sangat simple menyerupai huruf “O”.

Model Kaos

Sumber : https://www.amazon.com/

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk kaos yang berkualitas, kaos O-Neck ini pada perkembangannya juga dapat dibagi lagi menjadi berbagai variasi yang berbeda.

a. Kaos O-Neck Klasik

Kaos O-Neck klasik menjadi salah satu jenis kaos pria, kaos wanita dan kaos anak yang tetap populer sampai saat ini. Orang biasanya menyebutnya dengan kaos oblong biasa atau kaos polos O-Neck.

b. Kaos O-Neck Kombinasi Warna

Kaos O-Neck kombinasi warna biasa dilengkapi dengan rib yang berlainan warna dengan bahan kain untuk body dan juga tangannya. Misalnya body kaos berwarna merah maka ribnya bisa berwarna kuning.

c. Kaos O-Neck Tumpuk

Kaos O-Neck tumpuk merupakan kaos polos biasa yang kerah bagian dalamnya selalu diberi tambahan bahan kain kaos lainnya (biasanya beda warna) sehingga dari luar kerah tampak tertumpuk.

d. Kaos O-Neck Lebar

Kaos O-Neck lebar memiliki bagian leher yang cenderung besar karena sengaja dibuat dalam bentuk elips jadi tampak melebar di bahu. Kaos jenis ini biasanya selalu dikombinasikan dengan potongan lengan berbentuk raglan.

e. Kaos O-Neck Tanpa Rib

Kaos O-Neck tanpa rib bagian kerahnya dibuat tanpa tambahan rib tapi menggunakan kain yang sama dengan kain body. Model kaos seperti ini sangat cocok dipakai untuk pelengkap pakaian saat santai.

Model Kaos

Sumber : https://www.j20style.com/

2. Kaos V-Neck

Sesuai potongan garis lehernya, kaos V-Neck sebenarnya termasuk ke salam jenis kaos unik yang memiliki leher berbentuk “V”. Bentuk V pada kaos ini sebenarnya didapat dari dua garis rib yang bertemu di sekitar dada atas. Sudut pertemuan kedua ujung ribs bisa dibuat bervariasi tergantung kebutuhan penggunanya.  

Model Kaos

Sumber : https://www.customink.com/

Seperti halnya kaos O-Neck, model kaos V-Neck ini pada prinsipnya juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis lagi.

a. Kaos V-Neck Biasa

Kaos dengan kerah V-Neck ini mulai muncul kala tren baju metroseksual mulai eksis dalam industri fesyen kaos distro. Rib pada kaos V-Neck biasa, umumnya selalu memiliki warna yang sama dengan bahan utama kaos.

b. Kerah V-Neck Kombinasi Warna

Kerah V-Neck kombinasi warna dipakai untuk menegaskan garis kerah pada kaos polos. Rib yang ditambahkan pada kaos V-Neck jenis ini umumnya selalu dibuat berlainan warna dengan bahan utama kaos. Misalnya body kaos berwarna biru muda maka ribnya bisa berwarna biru tua.

Model Kaos

Sumber : http://rogers.ie/

3. Kaos U-Neck

Kaos U-Neck dapat dikategorikan ke dalam jenis kaos yang diperoleh dari perpaduan antara O-Neck dan V-Neck. Dimana lubang leher U-Neck sebenarnya memiliki bentuk yang bulat seperti layaknya O-Neck namun lebih lebar seperti lubang leher V-Neck. Dibandingkan untuk pria kerah model U ini lebih cocok untuk kaos wanita.

Model Kaos

Sumber : http://the-pirate-way.com/

4. Kaos Y-Neck

Kaos dengan lubang leher “Y” sebenarnya memiliki kemiripan dengan dengan kaos V-Neck, hanya saja di bagian tengahnya ditambah garis lurus kebawah sampai dada dan dilengkapi kancing seperti polo shirt. Jumlah kancing yang dipasangkan pada leher kaos bisa bermacam-macam mulai dari dua kancing sampai enam kancing.

Model Kaos

Sumber : https://www.evo.com/

5. Kaos Turtleneck

Kaos turtleneck dapat dikategorikan ke dalam jenis kaos yang memiliki kemiripan bentuk dengan kaos O-Neck, yakni sama-sama memiliki garis leher berbentuk “O”. Hal utama yang membedakan kedua jenis kaos ini adalah rib pada kaos turtleneck biasanya dibuat lebih panjang mencapai bagian kerongkongan. 

Model Kaos

Sumber : https://www.fingerinthenose.com/

6. Kaos Polo

Polo shirt atau kaos polo dapat diklasifikasikan ke dalam jenis kaos berkerah yang banyak digemari oleh anak muda, sebagai pelengkap gaya formal maupun casual. Kaos ini bisa juga dibilang cukup fleksibel karena dapat digunakan oleh pria maupun wanita. Kaos polo bisa dengan mudah anda temukan di distro kaos terdekat.

Model Kaos

Sumber : https://www.josbank.com/

Meski tampilannya terkesan sangat simple tetapi jika diperhatikan secara detail kaos polo sendiri pada dasarnya juga memiliki keunikan tersendiri. Hal ini dapat dilihat dari keberadaan kerah, tape, placket, cuffs, side seam, side vent, extended tail, serta seam yang membuat polo shirt terkesan semakin berkelas. 

Model Kaos

Sumber : https://arcticcool.com/

7. Kaos Polos Built UP

Kaos polos built up atau biasa disebut kaos polos body termasuk ke dalam jenis kaos distro yang dibuat tanpa jahit samping. Untuk menghasilkan bentuk kain kaos yang bulat, kaos built up built up ini proses perajutan bahan kainnya selalu dikerjakan secara tubular, yaitu gerakan rajut dari bawah ke atas (built up) dengan cara memutar.

Model Kaos

Sumber : https://www.spreadshirt.ca/

8. Kaos Long Body

Dilihat dari desain dan potongannya kaos long body sebenarnya hampir mirip dengan kaos oblong biasa yakni memiliki bagian badan dan lengan yang lengkap. Bedanya jika kaos oblong itu panjangnya tidak lebih dari sebatas pinggul, maka kaos long body kebanyakan justru dibuat panjang sampai menutupi paha.

Model Kaos

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Sesuai desain yang ditampilkan, kaos long body yang bisa dengan mudah anda temukan di distro kaos ini konon diadopsi dari model kaos hip-hop yang cenderung panjang. Untuk menambah kesan stylish bagian kanan bawah dan kiri bawah dari kaos long body kadang dilengkapi dengan belahan yang tidak terlalu tinggi.

Model Kaos

Sumber : https://www.alibaba.com/

9. Ringer Shirt

Ringer shirt juga termasuk ke dalam jenis kaos distro yang memiliki kombinasi warna menarik. Ciri paling khas yang membedakan ringer shirt dengan kaos lainnya yaitu model kaos yang satu ini memiliki bagian pinggir leher dan ujung bawah lengan yang berwarna lebih kontras jika dibandingkan dengan warna kaos secara keseluruhan.

Model Kaos

Sumber : https://www.champion.com/

Misalnya kain yang digunakan untuk body kaos berwarna hijau muda, maka rib yang ditambahkan pada kaos polos ringer ini bisa berupa warna hijau tua atau warna lain. Ringer shirt yang paling populer adalah ringger shirt yang berwarna putih atau abu-abu dengan garis leher dan lengan berwarna merah atau biru.

Model Kaos

Sumber : https://www.rushordertees.com/

10. Pocket Tee

Pocket tee sebenarnya dapat dikategorikan ke dalam jenis kaos basic yang memiliki kesamaan bentuk dengan kaos oblong. Hal utama yang membedakan pocket tee dan kaos oblong pada umumnya adalah pocket tee ini biasanya selalu diberi tambahan saku kecil pada bagian dada sebelah kiri. 

Model Kaos

Sumber : https://www.detroitisthenewblack.com/

11. Kaos Hoodie

Kaos hoodie atau kaos kupluk menjadi salah satu jenis kaos kekinian yang banyak disukai oleh anak muda. Selain enak dan nyaman dipakai terutama saat cuaca dingin, kaos hoodie yang didesain dengan lengan panjang juga akan terlihat stylish ketika dikenakan untuk hangout.

Model Kaos

Sumber : https://sisters-apparel.com/

12. Kaos Raglan

Kaos raglan merupakan sejenis kaos yang bagian lengannya dibuat dalam bentuk raglan. Lengan raglan sendiri merupakan jenis lengan pakaian yang mempunyai ciri khas berupa garis memanjang dari garis leher ke lubang lengan terdalam di bagian dekat ketiak.

Model Kaos

Sumber : https://www.shopdisney.com/

Sebagai pelengkap penampilan, kaos raglan ini umumnya dibuat dengan panjang lengan yang bervariasi mulai dari 3/4 (half sleeve) atau sekitar 75% dari panjang kaos lengan panjang. Selain itu ada juga variasi kaos raglan dengan full lengan panjang atau kaos raglan berlengan pendek.

Model Kaos

Sumber : https://shop.ccs.com/

Untuk anda yang ingin membuat kaos raglan sendiri tampi bingung bagaimana cara membuat polanya, maka anda bisa mendownload pola kaos raglan pria, pola kaos raglan wanita dan pola kaos raglan anak dari kami Di Sini.

13. Kaos Extra Long Sleeve

Kaos extra long sleeve pada prinsipnya termasuk ke dalam jenis kaos kekinian yang memiliki bentuk lengan sangat panjang dan sedikit beda dengan model kaos pada umumnya. Standar ukuran panjang lengan dari kaos ini biasanya dibuat lumayan panjang bahkan ada yang sampai melebihi ujung jari tangan.

Model Kaos

Sumber : https://www.edealretail.com/

Tips Memilih Kaos Yang Tepat

Berencana untuk membeli kaos dalam waktu dekat?. Selain memperhatikan kesesuaian model kaos dengan kebutuhan, dalam memilih kaos yang tepat sebenarnya masih banyak lagi beberapa hal yang layak untuk dipertimbangkan. Beberapa diantaranya yaitu pemilihan bahan kaos, ukuran kaos, jahitan kaos, serta sablon kaos.

1. Bahan Kaos

Untuk mendapatkan kaos yang berkualitas minimal pilihlah bahan kaos yang didapat dari campuran katun dan spandek. Sifat katun yang khas akan membuat kaos jadi lebih mudah dicuci dan menyerap udara, sementara bahan spandek akan membuat bentuk kaos menjadi lebih stabil dan tidak mudah berubah.

Mencari bahan kain yang berkualitas untuk membuat kaos?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat katalog kain kaos kami Di Sini.

2. Ukuran Kaos

Untuk memberikan kesan yang menarik dan seimbang pada penampilan sebaiknya pilih ukuran kaos yang pas di badan, dalam artian tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran kaos yang tepat paling tidak harus memenuhi tiga syarat berikut: 

  1. Sambungan bahu berada pas di sudut bahu, tidak jatuh, namun juga tidak berada diatas bahu.
  2. Lengan kaos yang pas berada di tengah antara bahu dan siku, jika menyentuh siku berarti terlalu panjang atau kebesaran. Jika sangat pendek maka ketiak akan dapat terlihat.
  3. Bagian akhir bawah kaos harus menutupi pinggang, namun tidak sampai menyamai panjanglengan di samping.
    • Jika bagian bawah mengatung sampai pinggang celana dapat terlihat berarti kaos tersebut terlalu pendek atau kekecilan.
    • Jika panjang kaos sampai bisa diduduki berarti kaos tersebut terlalu panjang. Meski demikian memang ada beberapa model kaos terbaru yang bagian bawahnya sangat panjang.

Khusus untuk anda yang ingin tampil beda, sesekali anda boleh kok memakai kaos yang ukurannya sedikit lebih besar dari postur tubuh. Gaya pemakaian kaos seperti ini sangat pas untuk anda terapkan sebagai pelengkap penampilan jika anda biasa mengenakan hijab.

3. Jahitan Kaos

Sebagai salah satu komponen penting dalam sebuah pakaian, unsur jahitan bisa sangat menentukan kualitas dan harga baju kaos. Kaos yang berkualitas paling tidak harus memiliki bentuk jahitan yang rapi, kuat, dan tidak terputus.

  • Jahitan kaos yang rapi biasanya memiliki jarak yang sempit dan rapat sehingga jahitannya tidak mudah terlepas saat dikenakan.
  • Kerapian jahitan kaos juga bisa dilihat dari bentuk jahitannya yang mempunyai jarak sama, konstan, dan stabil sehingga tidak akan meregang secara berlebihan ketika ditarik.
  • Jahitan kaos yang berkualitas mestinya juga memiliki sambungan lengan atau bagian body yang sangat presisi, membentuk persilangan garis (+).
  • Jahitan kaos akan menjadi lebih kuat dan tahan lama jika bagian pundak dan leher kaos disambung dengan pola jahitan rantai.
  • Lebar sambungan kaos juga menjadi penentu kualitas jahitan kaos. Semakin kecil ukuran sambungan pada bagian dalam kaos, maka semakin baik dan rapi pula kaos yang dihasilkan.
  • Kaos yang berkualitas baik umumnya memiliki jahitan obras yang rapat dan rapi. Semakin rapat jahitan obrasnya maka jahitan kaos tersebut juga akan semakin kuat.
  • Bagian leher kaos yang berkualitas biasa dilengkapi dengan menggunakan rib yang dibuat dari bahan pilihan berkualitas tinggi dan dijahit dengan cara disambung dengan jahitan bis yang rapi.
  • Kualitas jahitan yang baik umumnya tidak memiliki sisa benang pada ujung jahitan. Pasalnya sisa-sisa benang pada ujung jahitan yang tidak dibersihkan berpotensi untuk melepaskan jahitan karena benang dapat terurai dengan bebas.

4. Sablon Kaos

Dalam memilih kaos yang berkualitas perhatikan pula hasil sablonannya. Untuk menguji kuat tidaknya sablonan pada kaos anda bisa mencoba sedikit menggosok permukaan kaos yang disablon. Bila permukaan kaos yang disablon tampak sedikit pecah biasanya sablon tersebut kurang begitu awet.

Demikian pembahasan singkat mengenai model kaos dan tips memilih kaos yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips-tips penting lainnya terkait seputar fashion, simak terus artikel dari kami ya...

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.