Article

Homepage Article Pakaian Adat 6 Keistimewaan Busana Etnik…

6 Keistimewaan Busana Etnik / Pakaian Tradisional Khas Indonesia

Busana etnik termasuk ke dalam salah satu jenis busana yang dilirik banyak orang seiring dengan perubahan arah mode masyarakat ke busana tradisional. Selain memiliki tampilan yang menarik, busana etnik tersebut faktanya juga menawarkan banyak keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki negara lain lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Busana Etnik

Busana etnik yang biasa disebut juga pakaian tradisional merupakan suatu busana daerah yang telah dipakai secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia, menjadi  identitas etnis / suku di Indonesia dan dapat dibanggakan oleh sebagian besar pendukung kebudayaan tertentu.

  • Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, busana etnik sendiri umumnya memiliki karakteristik yang sangat khas dan berbeda-beda di setiap daerah.
  • Karakterstik tersebut ditinjau dari model busana, jenis dan corak kain yang digunakan, warna busana dan perlengkapannya (baik assesories maupun millineries).

Keistimewaan Busana Etnik

Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa busana etnik / pakaian tersebut tersebut layak dilestarikan dan keberadaannya terus dipertahankan yaitu:

1. Modelnya Sangat Khas

Busana etnik yang ada di Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lainnya, karena tiap provinsi mempunyai baju tradisional yang melambangkan keunikan daerah masing-masing.

Busana Etnik / Pakaian Tradisional

Sumber : https://blog.roomme.id/

Beberapa contoh busana etnik Indonesia yang cukup populer dan banyak digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia antara lain berupa:

Kebaya merupakan pakaian tradisional yang biasa didesain dalam bentuk blus sederhana berlengan panjang.

  • Bentuk kebaya yang simple bisa dikatakan sebagai wujud kesederhaan dari masyarakat Indonesia.
  • Potongannya yang pas badan juga memiliki makna bahwa seorang perempuan harus bisa menjaga diri untuk selalu bersikap halus, lemah lembut, gemulai dan patuh.

Dari berbagai busana etnik / pakaian  tradisional yang ada di Indonesia, kebaya juga ditetapkan sebagai busana Nasional oleh Presiden Soekarno karena dianggap paling ideal untuk mencerminkan keanggunan sosok wanita Indonesia.

Baju bodo merupakan pakaian adat suku Bugis-Makassar yang biasanya didesain dalam bentuk segi empat, bagian bawah terbuka dan bagian atas ada lubang leher.

  • Baju Kurung

Baju kurung merupakan pakaian tradisional berpotongan longgar, berlengan panjang, dan berpesak serta melebar di bagian bawahnya. Baju kurung ini menjadi busana wajib pada prosesi adat Melayu baik di pemerintahan maupun di kehidupan masyarakat.

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya busana etnik Indonesia juga dapat dibedakan dalam dua kategori yakni busana yang dipakai untuk kesempatan sehari-hari dan busana daerah yang khusus dipakai pada acara-acara tertentu seperti upacara adat dan pernikahan.

2. Bisa Dijadikan Simbol Identitas

Busana etnik Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia cukup mudah untuk dikenali. Tampilannya yang mempresentasikan identitas suku-suku di Indonesia, pada akhirya digunakan juga untuk menunjukan asal daerah seseorang.

Busana Etnik / Pakaian Tradisional

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Corak dan Warnanya Beragam

Corak dan warna busana etnik / pakaian tradisional yang ada di Indonesia pun beragam. Beberapa ada yang dibuat dari kombinasi warna cerah namun ada juga yang warna-warnanya cenderung kalem.

Busana Etnik / Pakaian Tradisional

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Sarat Akan Makna Filosofis

Busana etnik tidak hanya memiliki nilai keindahan dan nilai seni yang tinggi, tetapi juga sarat akan makna filosofis dan kisah uniknya masing-masing yang menambah keistimewaan busana etnik / pakaian tradisional itu sendiri.

5. Identik Dengan Wastra Indonesia

Busana etnik kerap diidentikkan dengan wastra Indonesia karena sebagian besar dibuat atau dikombinasikan dengan beberapa kain tradisional Indonesia yang sarat akan makna.

Busana Etnik / Pakaian Tradisional

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa jenis wastra yang dimaksud yakni berupa kain batik, kain songket, kain tenun, kain lurik, kain ulos dan lain sebagainya.

Kain batik merupakan kain tradisional yang pembuatannya secara khusus dilakukan dengan menuliskan malam pada kain sebelum diwarnai. Sebagai bentuk seni yang telah berabad-abad usianya, kini batik juga dikembangkan dengan unsur trend mode terbaru.

Kain songket merupakan kain tradisional rumpun Melayu di Indonesia. Kain ini umumnya banyak dibuat dari benang emas dan perak yang ditenun dengan tangan sehingga sangat cocok dikenakan pada berbagai acara formal.

Kain tenun sejatinya merupakan kain tradisional yang dibuat dengan menggunakan prinsip sederhana, yaitu menggabungkan benang secara memanjang dan melintang.

Kain lurik merupakan kain bercorak garis-garis yang banyak dibuat dari serat kapas, serat kayu, serat sutera namun ada juga yang menggunakan serat sintetis.

Kain ulos merupakan kain tradisional yang berasal dari suku Batak. Kain ini umumnya  dibuat dengan cara ditenun dengan corak dan motif khas Batak dengan kekhasan tersendiri mulai dari cara pembuatannya, corak, motif dan fungsinya.

6. Tidak Lagi Terkesan Kuno

Busana etnik tidak lagi terkesan kuno dan juga bisa digunakan untuk bekerja, karena di tangan para desainer busana etnik disulap menjadi jauh lebih modern, mewah dan berkelas.

  • Inovasi busana etnik dilakukan untuk meningkatkan kualitas, memberikan nilai tambah dan meningkatkan daya saing produk-produk busana yang berbasis budaya atau warisan budaya.
  • Inovasi busana etnik dimaksudkan untuk menciptakan desain busana yang baru dengan cara mengubah bagian busana etnik, tanpa menghilangkan ciri khas dari busana etnik tersebut

Busana Etnik / Pakaian Tradisional

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dengan memanfaatkan kain batik, kain songket, kain tenun, kain lurik maupun kain ulos, busana etnik bisa tampak harmonis dipadukan dengan kain modern asalkan memiliki warna yang senada dengan ornamen yang ada pada kain tradisional tersebut.

Simak juga 8 Inspirasi Model Baju Batik Kombinasi Kain Polos Untuk Wanita.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keistimewaan yang dimiliki busana etnik / pakaian tradisional Indonesia. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang busana etnik, serta menimbulkan rasa bangga saat mengenakan busana etnik.

Jika sebelumnya anda sempat merasa malu saat harus memakai busana etnik karena model atau warnanya terlalu tua, maka kini anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah banyak inovasi busana etnik yang bisa anda pakai untuk pelengkap gaya sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.